iklan banner

Jenis-Jenis Lisensi Open Source

Aspek Hukum Lisensi Open Source
Dukungan pemerintah dengan Inpres No. 2 dan 6 tahun 2001

Dengan adanya Inpres No. 2 tahun 2001 wacana penggunaan komputer dengan aplikasi komputer berbahasa Indonesia dan Inpres No 6 tahun 2001 wacana pengembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia mendukung perkembangan Open Source di Indonesia. Kedua Inpres tersebut sebagai dasar proyek Pengembangan Perangkat Lunak Berbahasa Indonesia (P2LBI) menciptakan distribusi Linux dan dokumentasinya dengan memakai bahasa Indonesia dan disediakan bebas untuk kepentingan publik. Dalam press rilis pembentukan tim kantor mentri riset dan teknologi untuk implmentasi Inpres no 2 tahun 2001 dikatakan bahwa maksud diterbitkannya inpres ini ialah semata-mata untuk tersedianya pilihan bagi masyarakat dalam penggunaan komputer terutama bagi mereka yang tidak atau memahami penggunaan aplikasi kompuer berbahasa asing.

Kehadiran inpres ini ialah untuk memperbanyak pilihan yang sanggup dipakai oleh masyarakat untuk mempermudah pelaksanaan kegiatannya. Pengertian aplikasi komputer berbahasa indonesia ini dikerjakan dengan memakai kegiatan Linux dan diberi nama Software-RI melibatkan UGM dan Universitas Guna Darma dan komunitas Linux di Indonesia. Inpres no 2 tahun 2001 harus dianggap sebagai produk kebijakan yang mengakar dan mengakomodasi kepentingan masyarakat luas dan bersinergi dengan Inpres no 3 tahun 2001 wacana absorpsi dan pengembangan teknologi sempurna guna serta inpres no 6 tahun 2001 wacana pengembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.


Dukungan pemerintah terhadap gerakan Open Source dalam Inpres no 6 tahun 2001 angka 5 disebutkan sektor swasta harus berperan aktif dalam penyediaan isu serta membuatkan aneka macam aplikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh alasannya ialah itu, pemerintah akan berupaya untuk mendorong pengembangan industri information content dan aplikasi pendayagunaan perangkat lunak Open Source belum mendapat perhatian khusus. Ada santunan faktual dari pemerintah Indonesia kepada Open Source dengan adanya inisiatif dan dana untuk proyek P2LBI ini melalui BPPT sehingga diharapkan Software-RI sanggup dipakai oleh masyarakat termasuk forum negara, forum pendidikan dan juga UKM 

Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Jenis-Jenis Lisensi Open Source"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel