iklan banner

Tips Menghafal Untuk Ujian Bagi Orang Malas

Berbicara perihal ujian, kita akan sangat kurang antusias dalam menghadapinya. Bener kaan? hehe
banyak sekali tips dan trik telah kita jalankan sesuai mood kita. Bener kaan?
Namun ada baiknya kita tahu dulu potensi yang ada dalam diri kita, kita kenali dulu dapat dipercaya dan kualitas kita. Apakah benar kita ialah orang yang bisa menghadapi tantangan ujian besok? atau bahkan sebaliknya?. hal ini perlu kita cermati dalam dalam, pasalnya banyak orang yang tidak menyadari potensi dirinya sendiri sehingga mereka menganggap mereka kurang percaya diri dalam menghadapi ujian sehingga menghasilkan pengaruh yang negatif contohnya berbuat curang. menyontek, ini terjadi sebab kurangnya rasa percaya diri bahwa kita bisa menuntaskan ujian tersebut.
 Namun ada beberapa pendapat menyampaikan segalanya harus dipersiapkan secara matang, saya ingin tau dengan statement tersebut dan alhasil saya mencari tahunya dan bertanya kepada orang orang yang kompeten dibidangnya.
berikut ini ialah beberapa tips dan trik paling mujarab bagi anda para pelajar atau mahasiswa yang notabene mempunyai kemalasan tingkat dewa. hehe

1. Pilih waktu mencar ilmu yang tepat.
kondisikan waktu ini dengan situasi mental anda. jangan sekali kali menghafal ketika suasana hati sedang kacau. ini akan menjadikan pengaruh sia sia. Karena otak tidak akan siap mendapatkan respon dari menghafal tersebut dan apa yang kita lakukan tidak akan tersimpan dalam long term memory kita.

2. Ambil sub kepingan yang telah kita pelajari
kita bisa melakukannya dengan mind mapping technique. Cara ini ialah cara memetakan bahan yang telah kita dapatkan dengan memetakannya kedalam kepingan bagian penjelasan.

3.  Tinggalkan trik menghafal
bahu-membahu menghafal itu bukan teori yang terlalu baik untuk kita lakukan, sebab itu akan memperlihatkan pengaruh sementara, bagusnya ialah biasakan segala sesuatu itu dibaca dan dipahami apa maksud dari yang kita baca. dan secara tidak eksklusif kita memberika jawaban terhadap apa yang kita baca, belajarlah menjadi pembaca yang courious. ngerti kaan?

4. Istirahat.
kebanyakan orang selalu salah dalam menafsirkan proses mendekati ujian, dengan bodohnya mereka akan berusaha melaksanakan trik SKS (sistem kebut semalam) berdasarkan saya trik ini ialah trik yang amat sangat salah. pola : besoknya kita mau ujian malamnya kita menghafal dan melahap 1000 macam bahan yang kita tahu dan sadar bahwa kita tidak akan bisa menghafalnya.
seharusnya kalian cari waktu terbaik dari jauh jauh hari untuk membaca dan bisa memprediksi perihal kemungkinan tanggal ujian yang kita hadapi dengan membaca dan mempersiapkan dari jauh jauh hari.
Ketika kita akan menghadapi ujian, isi waktu tersebut dengan berkualitas, berilah otak kita rasa damai dan hiburan supaya otak kita menjadi fresh ketika akan tempur di hari waktunya untuk menghadapi ujian. 
Cara ini saya dapatkan dari orang orang yang berdasarkan saya ialah orang yang besar lengan berkuasa dalam hidup saya dari dunia pendidikan dan terbukti berhasil ketika saya mencobanya.

Sebagai testimoninya :
Dulu ketika saya pas Sekolah Menengan Atas awalnya saya sebelum tahu tips dan trik mencar ilmu yang benar saya selalu keteteran menghadapi ujian dan saya selalu rangking diatas 10 besar. saya habiskan malam mendekat ujian dengan menghafal yang tidak tahu teknik dasarnya. memang banyak orang menganggap saya so rajin lah so penurut lah ketika di suruh menghafal oleh orang tua. Tapi pada kesannya saya tidak pernah mendapatkan grade yang memuaskan.
Setelah saya tahu trik ini saya mencoba melakukannya secara bertahap, saya mencoba menghafal dari jauh jauh hari. dan lucunya yang bisa bikin kita pura pura sombong ialah ketika saya akan menghadapi waktu ujian, banyak sobat dari saya untuk mengajak menghafal bersama. namun pada ketika itu juga saya menentukan untuk bermain. " buat apamenghafal mendingan main aja" itu kata yang saya ucapkan pada sobat saya dan saya di cap sebagai orang yang so belagu dan so gak peduli pada Ujian. padahal tanpa mereka pahami bahwa saya telah menghafal bahan dari jauh jauh hari.
dan pada kesannya yang tadinya grade rapor saya di atas 10 besar atau bahkan pas pasan datang tiba berkembang menjadi juara ke-2 sekelas. hehe.  disisi lain kita bisa pura pura sombong bahwa kita di cap orang yang anti menghafal pada ketika ujian. "tanpa menghafal pun saya juara ke-2" maklum bukannya so bangga, sebab bagi orang menyerupai saya masuk 5 besar saja sudah besar hati apalagi ini 3 besar.


Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Tips Menghafal Untuk Ujian Bagi Orang Malas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel