iklan banner

Tips Menentukan Dan Melihat Kampus Yang Baik

Sebelum masuk ke Perguruan Tinggi Swasta perlu berhati-hati semoga tidak salah pilih. Jangan hanya terpaku pada banyak sekali usulan PTS. Banyak hal yang harus diperhatikan calon mahasiswa sebelum menentukan PTS. Karena banyak Perguruan Tinggi Swasta memperlihatkan janji-janji kepada calon mahasiswa, menyerupai staf pengajar dari luar negeri, fasilitas, beasiswa hingga iming-iming untuk dicarikan pekerjaan. Tidak sedikit calon mahasiswa berlomba-lomba masuk ke Perguruan Tinggi Swasta dengan cita-cita iming-iming yang ditawarkan dapat jadi kenyataan. Kaprikornus calon mahasiswa harus berhati-hati menentukan PTS. Saya ada beberapa tips untuk menentukan PTS. Berikut tips nya: 

Hal yang pertama yang diharapkan untuk menentukan Perguruan Tinggi Swasta yaitu status akreditasinya. Untuk Perguruan Tinggi Swasta yang namanya legalisasi sangat penting. Masyarakat tidak kecewa bila anaknya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta yang mempunyai legalisasi bagus. Untuk mengecek status legalisasi Perguruan Tinggi Swasta dapat dilihat pada http/ban-pt.kemdiknas.go.id. 

 2. Ijin Operasional 
Tidak sedikit perguran tinggi Swasta yang runtuh ditengah jalan yang akhirnya menelantarkan mahasiswanya atau akademi tinggi tersebut tidak mempunyai izin operasional dan tidak terdaftar di Koordinator Perguruan Tinggi wilayah setempat, yang kesudahannya ijazah dan lulusan akademi tinggi tersebut tidak diakui oleh dunia kerja. Kaprikornus sebelum menentukan akademi tinggi swasta yang mana, sebaiknya anda memperhatikan ijin operasional akademi tingginya. 

3. Jenjang Pendidikan Staf Pengajar 
Yang penting lagi yaitu ihwal staf pengajar, alasannya yaitu di Indonesia setiap dosen harus lulusan pascasarjana setidaknya S2. Hal ini penting untuk menjamin kualitas anda sebagai lulusan dimasa yang akan datang. 

 4. Biaya 
Dalam hal ini anda perlu menanyakan secara detail ihwal pembiayaan yang akan menjadi kewajiban anda sebagai mahasiswa selama kuliah, jangan hingga anda diminta membayar sesuatu yang tidak terang di tengah-tengah masa perkuliahan anda. Dan juga jangan hingga anda mendaftar ke akademi tinggi swasta yang biayanya tidak sesuai dengan ekonomi orang renta anda. Kan sayang malah berhenti ditengah jalan,lain hal kalau sambil kerja. 

5. Jurusan 
Dalam hal jurusan,anda harus terlebih dahulu mengetahui ketersediaan jurusan yang akan anda pilih nantinya. Jangan hingga dong anda masuk ke akademi tinggi tetapi jurusan yang anda sukai,tidak tersedia. 

 6. jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) 
Karena Pemerintah sudah mengatakan kebebasan yang sebesar-besarnya kepada Perguruan Tinggi untuk menyusun kurikulum inti. Dengan kata lain,Pemerintah tidak campur tangan lagi dalam penetapan kurikulum yang berlaku nasional. Sehingga kadang ada saja Perguruan Tinggi Swasta yang asal-asalan menyusun kurikulum. Contohnya,bisa jadi ada satu jadwal studi S1 menjadi 70 SKS (satuan kredit semester).Padahal untuk mencapai jenjang S1, mahasiswa harus sudah menempuh 144 SKS. Untuk itu anda perlu menanyakannya kepada pihak akademi tinggi yang akan anda masuki. 

7. Sarana dan Prasarana 
Sering kali calon mahasiswa atau orang renta sudah merasa cukup dan mengetahui kualitas PT dengan hanya mendengar dari orang lain atau membaca berita. kelengkapan kemudahan yang tersedia di Perguruan Tinggi Swasta yang mau dimasuki penting untuk diketahui. hal ini untuk menjamin kualitas anda sebagai lulusan dimasa yang akan datang. Kunjungi artikel lainnya ihwal merangsang kecerdasan otak anak dengan berkebun DISINI

Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Tips Menentukan Dan Melihat Kampus Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel