iklan banner

Tips / Cara Dalam Menciptakan Gbpm Dan Jabaran Bahan Dan Pola Gbpm

Topik Program:
         
Merupakan salah satu bab dari pokok bahasan. Satu pokok bahasan sanggup dikembangkan ke dalam beberapa topik. Topik-topik ini biasanya juga sanggup kita jumpai dalam kurikulum.

Judul Program:
           
Dari topik yang telah dipilih, kemudian ditentukan judul program. Sedapat mungkin judul dibentuk menarik, namun juga tidak menyimpang dari bahan yang ada didalamnya. Dengan judul yang menarik maka dibutuhkan timbul rasa ingin tahu calon siswa/ sasaran aktivitas perihal tingkat isi aktivitas didalamnya.

Sasaran:
           
Sasaran ialah mereka yang menjadi sasaran dari aktivitas yang disajikan. Pengembangan aktivitas yang baik didasarkan pada kesesuaian kebutuhan dari yang memanfaatkan aktivitas dengan bahan yang disajikan. Oleh alasannya itu bahan yang disajikan harus sesuai dengan tingkat pemahaman sasaran.

Tujuan Pembelajaran:
          
TPU (Tujuan Pembelajaran Umum) dan TPK (Tujuan Pembelajaran Khusus) atau indikator dirumuskan sesuai dengan pengembangan, pendalaman, ataupun pengayaan bahan dalam GBPM. TPU menyangkut kemampuan yang bersifat umum yang biasanya tidak gampang diukur dan diamati.

Ciri rumusan dalam TPU biasanya memakai kata-kata : memahami, mengetahui, membayangkan, dan sebagainya. TPU di kutip dari kurikulum yang dipakai sebagai acuan. Dalam kurikulum berbasis kompetensi TPU sama dengan kompetensi dasar yang sudah ada pada buku kurikulum.

TPK merupakan klasifikasi dari TPU yang sifatnya operasional ( sanggup diukur, diamati, dan dinilai). Kata-kata yang dipakai untuk merumuskan TPK juga bersifat operasional, contohnya menyebutkan, membuat, mendemonstrasikan. Hal ini sama dengan klasifikasi sebuah indikator.

Pokok Materi:

Merupakan hasil jabaran dari tujuan pembelajaran khusus juga dari indikator.

Format Sajian:  
           
Penentuan Format hidangan menurut jumlah bahan yang di sajikan, yang mengacu ke daya tarik sasaran. Apabila materinya banyak dan waktunya terbatas, maka aktivitas narasi ialah pilihan terbaik. Namun untuk bahan yang tidak terlalu banyak , sedang waktunya relatif panjang, maka format drama akan lebih menarik. Melalui pengulangan-pengulangan materi, aktivitas sanggup disajikan secara lebih jelas.

Durasi :    
           
Lama putar aktivitas terbatas. Umumnya untuk aktivitas media pembelajaran jeni video/ TV, sound slide, aktivitas radio, berlangsung sekitar 15-20 menit.

Contoh :

GARIS BESAR PROGRAM MEDIA (GBPM)
COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIO (CAI)

Nama Mata Kuliah         : Komputer dan Media Pembelajaran
Topik                            : Mengenal Komputer dan Media Pembelajaran
Deskripsi Topik             : aktivitas ini akan membahas perihal konsep dasar elemen komputer, fungsi dan kegunaan elemen dasar komputer dan mekanisme kerja sistem komputer yang mencakup input proses dan output serta video tutorial aplikasi internet. Selain itu di bahas pula media pembelajaran mencakup hakikat, keunggulan, jenis dan video tutorial desain presentasi dengan Microsoft power point.
Standar kompetensi    : memahami konsep dasar komputer dan media pembelajaran dan memanfaatkan computer sebagai media pembelajaran.
Media                           : CAI/MMI
Judul                            : Mengenal Komputer dan Media pembelajaran.
Penulis                         : Cepi Riyana, M.pd.
                                    : http://cepiriyana,blogspot.com
                                    : Email: cheppy@upi.edu
Penelaah Materi             : Dr. Deni Darmawan, M.Si.
Penelaah Media             : Sanjaja          
                                    : Beni A Pribadi
                                    : Tim SEAMOLEC

Menggunakan komputer grafis dengan software  aplikasi pengolah gambar dan di cetak secara digital memakai printer warna.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Tips / Cara Dalam Menciptakan Gbpm Dan Jabaran Bahan Dan Pola Gbpm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel