iklan banner

Rpp Sd Semester 1 Kegemaranku Terbaru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS               : Memahami identitas diri dan keluarga serta perilaku saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. 
2. IPA              :  Mengenal banyak sekali sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
3. PKN            :  Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan    : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·   Berbicara            :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara verbal denga perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·  Membaca             : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·  Menulis               : Menulis permulaan dengan meniru menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.
7.      Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan cita-cita secara           
                           verbal dalam percakapan ( guneman ), seruan izin, perkenalan  (ngawanohkeun) diri, penyebutan banyak sekali jenis gambar dan gambar bercerita.

Kompetensi Dasar  :
1. IPS  :
·           Menunjukkan perilaku hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga.
2. IPA :
·         Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·         Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.
3.  PKN :
·         Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah
4.  Matematika :
·        Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan waktu
·        Mengelompokkan berbagai  bangkit ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut )
5.      Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa.
·         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·         Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang sempurna dan bahasa yang santun.
·         Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·         Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·         Menjiplak banyak sekali bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·         Menebalkan banyak sekali bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh aksara , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·        Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menunjukkan perilaku apresiatif terhadap gerak tari berdasarkan tingkatan 
                        tinggi rendah.
7.      Bahasa Jawa :
·         Menulis atau menyalin  aksara lepas 
·         Menulis kata dwisuku


Indikator  :
1.      IPS :
·         Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
2.      IPA :
·         Merawat flora atau binatang peliharaan
·         Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·         Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
3.      PKN :
·         Menyebutkan beberapa pola tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·         Menjelaskan tanggapan tidak patuh pada tata tertib
4.      Matematika :
·         Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·         Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·         Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·         Bercerita berdasarkan gambar
·         Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Membaca dengan memperhatikan daerah jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·         Menjiplak banyak sekali bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·         Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
·         Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan memakai alat musik perkusi
·         Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan
 7.   Bahasa Jawa   :
·         Menulis / menyalin aksara lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
·         Menulis / menyalin aksara lepas yang konsonan.
·         Menulis / menyalin suku kata dan kata  dengan memakai aksara lepas dan tegak bersambung.
·         Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
·         Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I.       Tujuan Pembelajaran  :
·         Siswa sanggup mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·         Siswa sanggup menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
·         Siswa sanggup merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Siswa sanggup menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
·         Siswa sanggup menjelaskan pola tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Siswa sanggup menjelaskan  manfaat mematuhi tata tertib dan tanggapan tidak mematuhinya.
·         Siswa sanggup mengukur panjang dengan satuan tidak baku
·         Siswa sanggup membandingkan dan memberikan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
·         Siswa sanggup melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Siswa sanggup mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
·         Siswa sanggup membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Siswa sanggup membaca dengan daerah jeda pendek dan jeda panjang.
·         Siswa sanggup meniru dan menebalkan aksara dan gambar.
·         Siswa sanggup menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Siswa sanggup melengkapi kalimat yang belum selesai.
·         Siswa sanggup menciptakan kalimat berdasarkan gambar.
·         Siswa sanggup menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.
·         Siswa sanggup menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
·         Siswa sanggup menentukan unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
·         Siswa sanggup menulis vokal e, e` dan eu  yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
·         Siswa sanggup menuliskan kata yang dibangun dari dua suku  kata. ( kecap dwisusku)
II.      Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa masa kecil
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Pengucapan bunyi atau bunyi tertentu di sekitar
·         Pelafalan bunyi bahasa
·         Kalimat sapaan
·         Membaca kata dan kalimat.
·         Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·         Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·         Gambar barang budaya/ alami.
III.  Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.


IV.  Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik saat menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1

      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·         Melalui klarifikasi guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Menjelaskan perlunya merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Menyebutkan manfaat  merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat flora dan binatang peliharaan.
·         Melalui klarifikasi guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa pola tata tertib/ peraturan yang dibentuk oleh orang renta  di rumah.
·         Menyebutkan beberapa pola peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
·         Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
·         Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal  pengukuran dengan satuan tak baku.
·         Mengukur  panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku  jengkal.
·         Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai materi laporan.

Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·         Melalui klarifikasi guru dan pengamatan, siswa sanggup melaksanakan penyampaian pesan dan mendapatkan pesan yang disampaikan guru.
·         Menyimak pesan yang disampaikan guru biar tidak salah dalam pelaksanaanya.
·         Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
·         Melalui klarifikasi guru , siswa menceritakan pengalaman wacana hidup rukun.
·                     Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·                     Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
·         Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
·         Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.

Peretemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·         Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
·         Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
·         Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
·         Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·         Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·         Bercerita berdasarkan gambar
·         Mengukur benda / daerah dengan satuan tak baku langkah kaki.
·         Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.
Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·         Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
·         Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Membaca dengan memperhatikan daerah jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·         Mengukur benda dengan satuan tak baku  hasta.
·         Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·         Menulis / menyalin aksara lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
·         Menulis / menyalin aksara lepas yang konsonan yang berbeda..
·         Menulis / menyalin suku kata dan kata  dengan memakai aksara lepas dan tegak bersambung
·       Melakukan pengukuran benda/ tempat  dengan memakai satuan tak baku depa.
·       Mencatatnya dengan cermat sebagai materi laporan.
·       Memperhatikan bentuk  aksara yang akan dipelajari.( w,c,s )
·         Menjiplak banyak sekali bentuk  huruf, terutama aksara yang sedang dipelajari.
·         Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·         Melalui klarifikasi guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
·         Menyebutkan alat musik perkusi yang sanggup mengiringi tarian.
·         Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan memakai alat musik perkusi
·         Meneragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
·         Menjiplak banyak sekali bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·         Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
Minggu  ke 2

     Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
·         Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta wacana sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
·         Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bacin dan permukaan benda.
·         Melaporkan hasil diskusi.

Menjelaskan manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
·         Menjelaskan tanggapan dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
·         Menyebutkan pola lain dari tata tertib  ( tata tertib di jalan raya)
·         Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
·         Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan telapak kaki.
·         Mencatat hasil perbandingan.




     Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
·         Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Melalui pengalaman siswa menyebutkan pola dari hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
·         Mendiskusikan perilaku yang baik biar terjaga kerukunan.
·         Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
·         Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan depa.
·         Mencatat hasil perbandingan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
·         Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
·         Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah  )
·         Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan langkah
·         Mencatat hasil perbandingan

     Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·         Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
·         Menceritakan isi kisah di balik gambar.
·         Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
·         Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
·         Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan hasta.
·         Mencatat hasil perbandingan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
·         Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
·         Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
·         Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
·         Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai hastal dan depa.
·         Mencatat hasil perbandingan
·         Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
·         Menemukan fakta cara mana yang lebih gampang dan sering digunakan.
·         Membuat kesimpulan wacana pengukuran dengan memakai satuan tak baku.
·         Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
·         Menceritakan secara sederhana kisah dalam gambar.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar

     Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
·         Melalui latihan dan memeragakan siswa sanggup menentukan gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
·        Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
·        Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
·         Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
·         Menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.

C.  Kegiatan akhir
·         Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·         Mengerjakan post tes
·         Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
·         Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
·         Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
·         Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga  :
1.        tambang, tali, pita, lidi,
2.        Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.        Kartu huruf
4.        Kartu bilangan.
VI.  Penilaian
Teknik  Tes  :
·         Tes lisan.
1.      Keberanian menjawab/ memberikan pendapat dalam diskusi kecil..
2.      Ketepatan jawaban.
3.      Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·         Tes tertulis
1.      pilihan ganda
2.      isian.
·         Tes perbuatan.
 Bentuk Tes :
1.      Objektif tes
2.      Non Objektif tes
   Instrument Tes :
·         LKS
·         Lmbar observasi.

            Mengetahui,                                                                                                                   

            Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran Tematik



  _______________________                                                             _______________________
  NIP.                                                                                                   NIP.



Sumber http://maulanaeo14.blogspot.com

0 Response to "Rpp Sd Semester 1 Kegemaranku Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel