Rpp Sd Semester 1 Kegemaranku Terbaru
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Kegemaran
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta perilaku saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal banyak sekali sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
3. PKN : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara verbal denga perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan meniru menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.
7. Basa Sunda : Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan, dan cita-cita secara
verbal dalam percakapan ( guneman ), seruan izin, perkenalan (ngawanohkeun) diri, penyebutan banyak sekali jenis gambar dan gambar bercerita.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Menunjukkan perilaku hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
· Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
· Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.
3. PKN :
· Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
4. Matematika :
· Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan waktu
· Mengelompokkan berbagai bangkit ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut )
5. Bahasa Indonesia :
· Membedakan bunyi bahasa.
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
· Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang sempurna dan bahasa yang santun.
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat.
· Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Menjiplak banyak sekali bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan banyak sekali bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh aksara , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Menunjukkan perilaku apresiatif terhadap gerak tari berdasarkan tingkatan
tinggi rendah.
7. Bahasa Jawa :
· Menulis atau menyalin aksara lepas
Indikator :
1. IPS :
· Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
· Menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
2. IPA :
· Merawat flora atau binatang peliharaan
· Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
· Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek
3. PKN :
· Menyebutkan beberapa pola tata tertib di rumah dan di sekolah.
· Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
· Menjelaskan tanggapan tidak patuh pada tata tertib
4. Matematika :
· Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
· Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku.
· Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.
5. Bahasa Indonesia :
· Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
· Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
· Menjelaskan cara permainan dilakukan.
· Bercerita berdasarkan gambar
· Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Membaca dengan memperhatikan daerah jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
· Menjiplak banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
· Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
· Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
· Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
· Membuat kalimat berdasarkan gambar.
· Menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
· Menyebutkan jenis iringan tarian dengan memakai alat musik perkusi
· Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan
7. Bahasa Jawa :
· Menulis / menyalin aksara lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
· Menulis / menyalin aksara lepas yang konsonan.
· Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan memakai aksara lepas dan tegak bersambung.
· Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
· Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte..
I. Tujuan Pembelajaran :
· Siswa sanggup mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
· Siswa sanggup menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
· Siswa sanggup merawat flora dan binatang peliharaan.
· Siswa sanggup menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
· Siswa sanggup menjelaskan pola tata tertib di rumah dan di sekolah.
· Siswa sanggup menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan tanggapan tidak mematuhinya.
· Siswa sanggup mengukur panjang dengan satuan tidak baku
· Siswa sanggup membandingkan dan memberikan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
· Siswa sanggup melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
· Siswa sanggup mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
· Siswa sanggup membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Siswa sanggup membaca dengan daerah jeda pendek dan jeda panjang.
· Siswa sanggup meniru dan menebalkan aksara dan gambar.
· Siswa sanggup menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Siswa sanggup melengkapi kalimat yang belum selesai.
· Siswa sanggup menciptakan kalimat berdasarkan gambar.
· Siswa sanggup menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.
· Siswa sanggup menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
· Siswa sanggup menentukan unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.
· Siswa sanggup menulis vokal e, e` dan eu yang digabung dengan konsonan yang sama maupun yang berbeda.
· Siswa sanggup menuliskan kata yang dibangun dari dua suku kata. ( kecap dwisusku)
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Peristiwa masa kecil
· Hidup rukun dalam perbedaan.
· Oprasi hitung bilangan.
· Pengucapan bunyi atau bunyi tertentu di sekitar
· Pelafalan bunyi bahasa
· Kalimat sapaan
· Membaca kata dan kalimat.
· Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
· Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
· Gambar barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik saat menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
· Melalui klarifikasi guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat flora dan binatang peliharaan.
· Menjelaskan perlunya merawat flora dan binatang peliharaan.
· Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat flora dan binatang peliharaan.
· Menyebutkan manfaat merawat flora dan binatang peliharaan.
· Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat flora dan binatang peliharaan.
· Melalui klarifikasi guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa pola tata tertib/ peraturan yang dibentuk oleh orang renta di rumah.
· Menyebutkan beberapa pola peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
· Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
· Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal pengukuran dengan satuan tak baku.
· Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku jengkal.
· Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai materi laporan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
· Melalui klarifikasi guru dan pengamatan, siswa sanggup melaksanakan penyampaian pesan dan mendapatkan pesan yang disampaikan guru.
· Menyimak pesan yang disampaikan guru biar tidak salah dalam pelaksanaanya.
· Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
· Melalui klarifikasi guru , siswa menceritakan pengalaman wacana hidup rukun.
· Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
· Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
· Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
· Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
· Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
· Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
· Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
· Menjelaskan cara permainan dilakukan.
· Bercerita berdasarkan gambar
· Mengukur benda / daerah dengan satuan tak baku langkah kaki.
· Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
· Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Membaca dengan memperhatikan daerah jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
· Mengukur benda dengan satuan tak baku hasta.
· Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai materi laporan.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Menulis / menyalin aksara lepas vokal a,i,u,e1, eu, dan e.
· Menulis / menyalin aksara lepas yang konsonan yang berbeda..
· Menulis / menyalin suku kata dan kata dengan memakai aksara lepas dan tegak bersambung
· Melakukan pengukuran benda/ tempat dengan memakai satuan tak baku depa.
· Mencatatnya dengan cermat sebagai materi laporan.
· Memperhatikan bentuk aksara yang akan dipelajari.( w,c,s )
· Menjiplak banyak sekali bentuk huruf, terutama aksara yang sedang dipelajari.
· Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
· Melalui klarifikasi guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
· Menyebutkan alat musik perkusi yang sanggup mengiringi tarian.
· Menyebutkan jenis iringan tarian dengan memakai alat musik perkusi
· Meneragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
· Menjiplak banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
· Menebalkan banyak sekali bentuk gambar dan bentuk huruf.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
· Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta wacana sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
· Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bacin dan permukaan benda.
· Melaporkan hasil diskusi.
Menjelaskan manfaat mematuhi peraturan di sekolah.
· Menjelaskan tanggapan dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
· Menyebutkan pola lain dari tata tertib ( tata tertib di jalan raya)
· Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
· Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan telapak kaki.
· Mencatat hasil perbandingan.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
· Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
· Melalui pengalaman siswa menyebutkan pola dari hidup rukun dan tidak rukun.
· Menjelaskan tanggapan tidak menjaga kerukunan
· Mendiskusikan perilaku yang baik biar terjaga kerukunan.
· Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
· Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan depa.
· Mencatat hasil perbandingan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
· Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
· Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah )
· Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan langkah
· Mencatat hasil perbandingan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
· Menceritakan isi kisah di balik gambar.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
· Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
· Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai jengkal dan hasta.
· Mencatat hasil perbandingan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Menyalin/ menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata.
· Menyalin / menulis kata asal yang terdiri dari dua suku kata dengan cara dikte
· Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
· Membandingkan hasil pengukuran panjang yang memakai hastal dan depa.
· Mencatat hasil perbandingan
· Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
· Menemukan fakta cara mana yang lebih gampang dan sering digunakan.
· Membuat kesimpulan wacana pengukuran dengan memakai satuan tak baku.
· Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
· Menceritakan secara sederhana kisah dalam gambar.
· Membuat kalimat berdasarkan gambar
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
· Melalui latihan dan memeragakan siswa sanggup menentukan gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
· Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
· Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
· Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
· Menulis puisi dengan aksara lepas dan sanggup dibaca orang lain.
C. Kegiatan akhir
· Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Mengerjakan post tes
· Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
· Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
· Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
· Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
· Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
1. tambang, tali, pita, lidi,
2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3. Kartu huruf
4. Kartu bilangan.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
· Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/ memberikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
· Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
· Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
· LKS
· Lmbar observasi.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Tematik
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
0 Response to "Rpp Sd Semester 1 Kegemaranku Terbaru"
Posting Komentar