iklan banner

Peradilan Semu - Moot Court


Apa itu moot court? Bagi mereka yang awam dan bukan mahasiswa Fakultas , mungkin belum pernah mendengar istilah ini. Secara etimologis, ”moot” sanggup diartikan sebagai “dapat diperdebatkan” atau “semu,” dan “court” sanggup diartikan sebagai “pengadilan/peradilan.” Dengan demikian, apabila dirangkaikan, “moot court” sanggup berarti “peradilan yang sanggup diperdebatkan.” Dalam perkembangannya kini ini, moot court dikenal sebagai peradilan semu.


Moot court menunjukkan pemanis mencar ilmu bagi mahasiswa Fakultas untuk membuatkan diri, terutama perwujudan konkrit dari matakuliah-matakuliah aturan acara. Meskipun belum sepenuhnya benar, tapi proses mencar ilmu yang dialami mahasiswa (baca: undergraduate student) sanggup diupayakan untuk mengerti lebih jauh mengenai kebiasaan-kebiasaan praktek beracara. Tugas hakim, jaksa, penasehat hukum, dan bahkan kedudukan terdakwa serta saksi-saksi di pengadilan menarik untuk digali dan dicerna sisi-sisi ilmiahnya. Mahasiswa yang mencar ilmu di dalam moot court mencernakan pelajaran yang ia sanggup selama kuliah, menganalisis masalah dan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan oleh penegak aturan dalam upaya menangani kasus-kasus. Tentu saja dengan demikian moot court sendiri menunjukkan peluang bagi mahasiswa untuk berkarya, mencoba-coba, dan sekaligus “pura-pura” menjadi penegak aturan sesungguhnya. Mereka sanggup menjadi hakim, jaksa, penasehat hukum, dan bahkan saksi dan terdakwa dalam suatu program pengadilan.

Moot court juga berisi mengenai perdebatan-perdebatan akademis mengenai telaah kasus-kasus fiksi dan nonfiksi yang dilihat menurut analisis dalam kerangka yuridis normatif menurut teori-teori aturan yang mahasiswa dapatkan selama kuliah. Perlahan tapi niscaya mahasiswa diperhadapkan pada tataran ideal kekuatan peradilan yang sanggup memutus kasus mengenai banyak sekali masalah yang terjadi. Kemampuan untuk menciptakan atau praktek menciptakan berkas-berkas yang diharapkan untuk beracara di pengadilan dipertaruhkan bagi mahasiswa Fakultas di dalam moot court. Surat dakwaan, surat tuntutan, putusan hakim, pembelaan, yaitu beberapa di antara banyak sekali berkas yang mutlak diharapkan untuk melakukan program peradilan.

Hadirnya moot court sebagai sarana mencar ilmu (dalam konstruksi akademis) menjadi materi olok-olok dalam melihat praktek-praktek peradilan di Indonesia. Adalah hal yang tabu bagi mahasiswa untuk menunjukkan sesuatu yang tidak benar di hadapan hukum. Secara umum, moot court menunjukkan citra ideal yang perlu untuk ditanamkan sejak dini mengenai peradilan yang higienis dan berwibawa. Dengan demikian, apa yang ideal yang ditanamkan kepada generasi penerus penegak aturan di Indonesia tersebut sanggup membantu perbaikan pelaksanaan peradilan di Indonesia masa depan.


Sumber http://jubahhukum.blogspot.com

0 Response to "Peradilan Semu - Moot Court"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel