iklan banner

Naskah Media Audio Visual, Pengertian Naskah Media Audio Visual, Dan Tahapan-Tahapan Pembuatan Naskah Media Audio Visual

Salam cerdas…..

Media video yakni media yang menyajikan informasi dalam bentuk bunyi dan visual. Sama halnya dengan media audio, unsur bunyi yang ditampilkan berupa narasi, dialog, sound effect dan musik, sedangkan unsur visual berupa gambar/foto diam (still image), animasi dan teks. Penulisan naskah secara teoritis merupakan komponen dari pengembangan media. Secara lebih praktis, hal tersebut merupakan bab dari serangkaian kegiatan produksi media melalui tahap-tahap perencanaan dan desain, pengembangan, serta evaluasi.

Tahapan-tahapan pembuatan naskah audio visual seperti yang diungkapkan oleh Arif S. Sadiman, dkk, dapat dirincikan sebagai berikut:

a.   Sinopsis

Synopsis diperlukan untuk menawarkan citra secara ringkas dan padat wacana tema atau pokok bahan yang akan digarap. Tujuan utamanya yakni mempermudah pemesan manangkap konsepnya, mempertimbangkan kesesuaian gagasan dengan tujuan yang ingin dicapai, dan memilih persetujuan.

b.   Treatment

Treatment mencoba menawarkan uraian ringkas secara diskriftif (bukan tematis) wacana bagaimana suatu episode kisah atau rangkaian insiden instruksional (instruksional event) yang akan digarap sebagai ilustrasi pembanding.

c.   Storyboard

Merupakan rangkaian insiden yang dilukiskan pada treatment tersebut kemudian divisualkan kedalam perangkat gambar atau bagan sederhana pada kartu berukuran lebih kurang 8 x 12 cm. tujuan pembuatan storyboard adalah untuk melihat apakah tata urutan insiden yang akan divisualkan  telah sesuai dengan garis kisah (plot) maupun sekuens belajarnya. Serta melihat kesinambuangan (kontinuitas) arus ceritanya apakah sudah lancar.

d.   Skrip atau naskah program

Semua keterangan yang ditemukan dari hasil coba-coba dengan storyboard tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk skrip atau naskah kegiatan berdasarkan tata urutan yang dianggap sudah benar. Format penulisan naskah film dan kegiatan video pada prinsipnya sama, yaitu dalam bentuk halaman berkolom dua, menyerupai pola dibawah ini:
Tujuan utama sebuah naskah kegiatan yakni sebagai peta atau pedoman bagi sutradara dalam mengendalikan penganggaran substansi bahan kedalam suatu program. Dengan demikian skrip yang baik akan dilengkapi dengan tujuan, sasaran, synopsis, treatment. Dan yang terpenting didalam sebuah storyboard termuat unsur video dan audio yang memudahkan bagi pemain, sutradara, dan kameramen dalam kegiatan latihan dan persiapan shooting.

e.   Scenario

Skenario lebih merupakan petunjuk operasional dalam pelaksanaan produksi atau pembuatan programnya. Skenario sangat bermanfaat bagi teknisi dan kerabat yang akan melaksanakannya dengan tanggung jawab teknis operasional. Untuk memudahkan seseorang dalam penulisan naskah audio visual, perlu diketahui beberapa istilah teknis dalam pembuatan naskah audio visual, yaitu:
1)  Tipe shots (bentuk gambar). Pengambilan gambar dan gambar yang dihasilkan dari sebuah kamera sanggup dibedakan dengan memakai beberapa istilah. Sebagai basic shot terdapat tiga cara pengambilan yaitu;
a)    Close Up (CU), yaitu pengambilan yang difokuskan pada subjeknya atau bab tertentu.
b)   Medium Shot (MS), yaitu pengambilan yang menunjukkan pokok sasarannya secara lebih erat dengan mengesampingkan latar belakang maupun detail yang kurang perlu.
c)   Long Shot (LS), yaitu pengambilan yang menunjukkan latar secara keseluruhan dalam segala dimensi dan perbandingannya.
f.    Gerakan kamera. Gerakan-gerakan kamera selama proses pengambilan gambar sangat diharapkan alasannya yakni dengan gerakan kamera posisi dan gerakan objek sanggup diubah-ubah sesuai dengan tuntunan naskah. Jadi, yang tampak intinya hasil dari kerja kamera video yang merekam objek dengan posisi yang berbeda-beda. Seorang pembaca naskah harus mengetahui petunjuk-petunjuk yang berafiliasi dengan gerakan kamera tersebut.
g.   Camera angle. Penempatan tinggi kamera sangat memilih titik pandang mata penonton dalam menyaksikan suatu adegan, sekaligus membangun kesan psikologis penonton terhadap objek tersebut.

Demikian artikel tentang Naskah Media Audio Visual, Pengertian Naskah Media Audio Visual, dan Tahapan-Tahapan Pembuatan Naskah Media Audio Visualsemoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Naskah Media Audio Visual, Pengertian Naskah Media Audio Visual, Dan Tahapan-Tahapan Pembuatan Naskah Media Audio Visual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel