iklan banner

Inpres No. 9 Tahun 2000 Perihal Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional

Salam cerdas…..

Inpres No. 9 Tahun 2000 ini dikeluarkan pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid yang berisi ihwal pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional. Secara rinci presiden menginstruksikan:

a)   Melakukan pengarusutamaan gender guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian atas kebijakan dan kegiatan pembangunan nasional yang berspektif gender sesuai dengan bidang kiprah dan fungsi serta kewenangan masing-masing,
b)  Memperhatikan secara sungguh-sungguh pemikiran pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional sebagaimana terlampir dalam dalam Instruksi Presiden ini sebagai contoh dalam melakukan pengarusutamaan gender dan
c)  Khusus ditujukan Menteri Pemberdayaan Perempuan semoga memperlihatkan pemberian teknis kepada instansi dan forum pemerintahan ditingkat Pusat dan Daerah dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender kepada presiden.

Berdasarkan Inpres tersebut menegaskan bahwa gender merupakan konsep yang mengacu pada peran-peran dan tanggung jawab pria dan wanita yang terjadi jawaban dari dan dan sanggup berubah oleh keadaan sosial dan budaya masyarakat. Sedangkan kesetaraan gender yakni kesamaan kondisi bagi pria dan wanita untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, semoga bisa berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan dan keamanan nasional dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Inpres No. 9 Tahun 2000 Perihal Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel