iklan banner

Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran Pai Berbasis Komputer Dan Kelebihan Komputer Dalam Pendidikan

Sebelum mengetahui bentuk penggunaan media pembelajaran berbebasis komputer, kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari komputer. Komputer yakni mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melaksanakan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.

Kelebihan komputer dalam pendidikan antara lain:

1. Peserta didik berguru sesuai dengan kemampuan dan kecepatanya memahami pengetahuan dan informasi.
2.   Membantu penerima didik yang mempunyai kecepatan berguru lebat (slow learner)agar berguru efektif.
3.   Memacu efektivitas berguru bagi penerima didik yang lebih cepat (fast learner).
4. Menarik perhatian penerima didik lantaran bisa mengintegerasikan komponen warna, musik dan animasi grafik.

Pemanfaatan komputer dalam pendidikan biasanya dikenal,dinamakan pembelajaran dengan pertolongan komputer (CAI: Computer  Assisted Instruction) yaitu suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis micro-processor, pelajarannya diprogram dan dirancang dalam system tersebut. System ini dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills dan practice, tutorial, simulasi, permainan, dan discovery.

Komputer telah juga dipakai untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan manajemen sekolah. Komputer sanggup mengakomodasikan siswa yang lamban mendapatkan pelajaran lantaran ia sanggup menunjukkan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan isyarat menyerupai yang diinginkan acara yang digunakan.

Komputer juga sanggup merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melaksanakan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini lantaran tersedianya animasi grafik, warna dan musik dalam komputer sehingga sanggup menambah realisme.  

Kemampuan komputer dalam merekam acara siswa selama memakai suatu acara pembelajaran PAI menunjukkan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu sanggup dipantau.

Media dalam pembelajaran mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan berguru siswa (pola media). 

Beberapa bentuk penggunaan media komputer yang sanggup dipakai dalam pembelajaran PAI, antara lain:

1.   Penggunaan Media Presentasi

Media presentasi dipakai untuk memperjelas materi-materi yang bersifat tereotis, dipakai dalam pembelajaran klasikal dengan group berguru yang cukup banyak diatas 12 orang. Media ini cukup efektif lantaran memakai media projecktor yang mempunyai daya pancar cukup besar.

Kelebihan memakai media ini yakni menggabungkan semua unsur media menyerupai teks, video, audio, animasi, gambar, grafik menjadi satu kesatuan penyajian. Sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas berguru siswa.

Penggunaan alat perancang presentasi menyerupai Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan macromedia inc, yang menyebarkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Pembuatan media pembelajaran dengan memakai media presentasi ini khusunya dengan memakai Microsoft Power Point ini yaitu dengan cara memasukkan teks, gambar, grafik, video dan audio kedalam lembar kerjanya. Dan sehabis semuanya akibat maka sanggup ditampilkan melalui projecktor dan sanggup dipresentasikan kepada siswa.

2.   CD Multimedia Interaktif

CD interaktitif sanggup dipakai pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif meningkatkan hasil berguru siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan Computer Assisted Intruction (CAI). 

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang mencakup sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:

a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah satu seni manajemen pembelajaran yang bertujuan menunjukkan pengalaman berguru yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang berbeda. Makara model ini sanggup dibentuk dengan memakai aplikasi Macromedia flash yang memakai contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.
b. Model tutorial: merupakan salah satu seni manajemen pembelajaran yang dipakai dalam proses berguru dengan memakai perangkat lunak berupa acara komputer yang berisi materi pembelajaran. Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan inspirasi dan pengetahuan yang dimilikinya secara eksklusif dalam kegiatan pembelajaran.
c.   Model Simulasi: merupakan salah satu seni manajemen pembelajaran yang bertujuan menunjukkan pengalaman berguru yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
           
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak dipakai yakni tutorial. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung mempunyai perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya.

Penggunaan tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut sanggup berlangsung dipraktikan oleh siswa terhadap software tersebut.

3.   Video Pembelajaran

Selain CD interaktif, video termasuk media yang sanggup dipakai untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga sanggup secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video.

Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Video bersifat interaktif tutorial membimbing penerima didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.

Penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran:

a.   Merupakan hasil rekaman dari acara pembelajaran
b.   Membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
c.   rinsipnya hampir sama dengan menonton film, sehingga tidak membosankan bagi siswa
d.   Video sanggup dibentuk sendiri atau d0wnl0ad dari banyak sekali situs share video
e.   Apabila memungkinkan sanggup diadaptasi dengan materi melalui proses editing.

4.   Internet

Internet kependekan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet ini sebagai media pembelajaran siswa sanggup menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melaksanakan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik lantaran siswa sanggup mempelajari materi bimbing dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.

Penggunaan internet dalam pembelajaran:

a.   Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk berguru mandiri
b. Siswa sanggup mengakses secara online dari banyak sekali perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer perihal banyak sekali tragedi sejarah, biografi, rekaman, laporan dan data statistic
c. Siswa sanggup berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.   Media berbasis internet mempunyai bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog, e-learning, web dan lain-lain.

Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran Pai Berbasis Komputer Dan Kelebihan Komputer Dalam Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel