iklan banner

Pengertian Telaah Mata Pelajaran / Kurikulum Pai Dan Penerapan Pendidikan Kecerdikan Pekerti Di Sekolah

Pengertian Telaah Mata Pelajaran / Kurikulum PAI

Telaah yakni penyelidikan, kajian, pemeriksaan, dan penelitian. Kurikulum yakni planning tertulis wacana kemampuan yang harus dimiliki menurut standar nasional, bahan yang perlu dipelajari dan pengalaman mencar ilmu yang harus dijalani untuk mencapai kemampuan tersebut, dan penilaian yang perlu dilakukan untuk memilih tingkat pencapaian kemampuan akseptor didik, serta seperangkat peraturan yang berkenaan dengan pengalaman mencar ilmu akseptor didik dalam berbagi potensi dirinya pada satuan pendidikan tertentu.

Pendidikan berusaha berbagi potensi individu semoga bisa berdiri sendiri. Untuk itu individu perlu diberi banyak sekali kemampuan dalam pengembangan banyak sekali hal seperti: konsep, prinsip kreativitas, tanggung jawab, dan keterampilan. Dengan kata lain perlu mengalami perkembangan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Demikian pula individu jangan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan lingkungan sesamanya.

Jadi, telaah mata pelajaran / kurikulum yakni suatu kajian terhadap kompetensi, materi, penilaian serta perencanaan pembelajaran yang sanggup dijadikan pedoman bagi guru di sekolah.


Penerapan Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah

Secara teknis, penerapan pendidikan akal pekerti di sekolah setidaknya sanggup ditempuh melalui empat alternatif seni administrasi secara terpadu.

§  Strategi pertama ialah dengan mengintegrasikan konten kurikulum pendidikan akal pekerti yang telah dirumuskan ke dalam seluruh mata pelajaran yang relevan, terutama mata pelajaran agama, kewarganegaraan, dan bahasa (baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah).
§   Strategi kedua ialah dengan mengintegrasikan pendidikan akal pekerti ke dalam acara sehari-hari di sekolah.
§  Strategi ketiga ialah dengan mengintegrasikan pendidikan akal pekerti ke dalam acara yang diprogramkan atau direncanakan.
§  Strategi keempat ialah dengan membangun komunikasi dan kerjasama antara sekolah dengan orang bau tanah akseptor didik.


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Telaah Mata Pelajaran / Kurikulum Pai Dan Penerapan Pendidikan Kecerdikan Pekerti Di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel