iklan banner

Pengertian Rasul Dan Perbedaannya Dengan Nabi

Menurut pengertian bahasa, perkataan Rasul berasal dari bahasa Arab yang artinya utusan, kurir, pembawa misi, atau pembawa berita. Menurut istilah dalam tauhid, Rasul yakni Manusia pilihan Allah yang di angkat sebagai utusan-Nya untuk memberikan firman-firman-Nya kepada insan semoga dijadikan fatwa hidup, demi terwujudnya keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Percaya kepada Rasul-rasul Allah merupakan pengamalan rukun kepercayaan yang ke empat. Iman kepada para Rasul berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa para Rasul yakni orang pria yang telah mendapatkan wahyu dari Allah untuk disampaikan kepada umatnya semoga mereka beriman.

Bedanya dengan nabi yakni kalau Nabi yakni orang yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri, tanpa berkewajiban memberikan kepada orang lain. Sedang rasul yakni orang yang mendapatkan wahyu dari Allah, selain untuk dirinya sendiri, juga berkewajiban memberikan kepada orang lain, menyerupai pengertian berikut Rasul yakni seorang laki-laki, mereka yang diberi wahyu oleh Allah wacana agama dan menerima perintah supaya memberikan kepada semua mahluk. Jika tidak diperintahkan untuk memberikan (tabligh), orang itu disebut Nabi saja.

Rasul merupakan orang pria pilihan Allah yang diberi wahyu, Firman Allah :


Artinya: Kami tiada mengutus Rasul-rasul sebelum kau (Muhammad), melainkan beberapa orang pria yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jikalau kau tiada mengetahui. (Al-Anbiya: 7).


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Rasul Dan Perbedaannya Dengan Nabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel