iklan banner

Pengertian Konsep Berguru Berdasarkan Para Andal Dan Pola Bentuk Dari Proses Belajar

Belajar yakni kunci yang paling vital dalam setiap perjuangan pendidikan, sehingga tanpa mencar ilmu bahwasanya tak pernah ada pendidikan. Sebagai suatu proses, mencar ilmu hampir selalu mendapat kawasan yang luas dalam banyak sekali disiplin ilmu yang berkaitan dengan upaya kependidikan, contohnya psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Karena demikian pentingnya arti belajar, maka bab terbesar upaya riset dan eksperimen psikologi belajarpun diarahkan pada tercapainya pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai proses perubahan insan itu.

Pengertian mencar ilmu berdasarkan para ahli:

1.  Moh. Surya: “Belajar sanggup diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan sikap gres secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.

2.   Bell-Gredler:“Belajar yakni proses yang dilakukan oleh insan untuk mendapat aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan mulai dari masa bayi hingga masa renta melalui rangkaian proses mencar ilmu sepanjang hayat.

3.  Witherington: “Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang gres berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.

4.   Crow & Crow: “Belajar yakni diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.

5.   Hilgard: “Belajar yakni proses dimana suatu sikap muncul sikap muncul atau berubah alasannya yakni adanya respons terhadap sesuatu situasi”

6.   Di Vesta dan Thompson: “Belajar yakni perubahan sikap yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.

7. Gage & Berliner: “Belajar yakni suatu proses perubahan sikap yang yang muncul alasannya yakni pengalaman”

8.   James Owhittaker: “Belajar yakni proses dimana tingkah laris (dalam arti luas ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan).

9.  Syai’ful Bahri Djamarah dalam bukunya “Psikologi Belajar” pengertian mencar ilmu yakni serangkai acara jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laris sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya.

Belajar dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja dengan guru atau tanpa guru, dengan pertolongan orang lain, atau tanpa dibantu dengan siapapun. Belajar juga diartikan sebagai perjuangan untuk membentuk hubungan antara perangsang atau reaksi.

Berbagai definisi (rumusan) perihal mencar ilmu telah dikemukakan oleh para ahli, yang semuanya setuju bahwa mencar ilmu itu bertujuan untuk mengadakan perubahan. Jelasnya mencar ilmu sanggup didefinisikan yaitu: Suatu perjuangan atau acara yang bertujuan untuk mengadakan perubahan di dalam diri seseorang, mencakup; perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan sebagainya.

Menurut para pakar psikologi mencar ilmu bahwa pengalaman hidup sehari-hari dalam bentuk apa pun sangat memungkinkan untuk diartikan sebagai belajar. Alasannya, hingga batas tertentu pengalaman hidup juga besar lengan berkuasa besar terhadap pembentukan kepribadian organisme yang bersangkutan.

Setelah mengetahui definisi mencar ilmu menyerupai yang telah disebutkan di atas, maka berikut ini akan dikemukakan salah satu pola sebagai bentuk dari proses belajar. Seorang anak balita (berusia di bawah 5 tahun) memperoleh mobil-mobilan dari ayahnya. Lalu ia mencoba mainan ini dengan cara memutar kuncinya dan meletakkannya pada suatu permukaan atau dataran.

Perilaku “memutar” dan “meletakkan” tersebut merupakan respons atau reaksi atas rangsangan yang timbul/ada pada mainan itu (misalnya, kunci dan roda mobil-mobilan tersebut).Pada permulaan, respons anak terhadap stimulus yang ada pada mainan tadi biasanya tidak tepat atau setidak-tidaknya tidak teratur. Namun, berkat latihan dan pengalaman berulang-ulang, lambat laun ia menguasai dan kesudahannya sanggup memainkan mobil-mobilan dengan baik dan sempurna.


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Konsep Berguru Berdasarkan Para Andal Dan Pola Bentuk Dari Proses Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel