iklan banner

, Manfaat , Faktor Pendorong Dan Penghambat


Pengertian

 Perdagangan atau perniagaan ialah acara tukar menukar barang atau jasa atau keduanya yang menurut janji bersama. Masyarakat berdagang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Begitu juga dengan Negara kita. Indonesia melaksanakan perdagangan antar negara untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Perdagangan ini disebut dengan perdagangan internasional.

Lalu apa itu perdagangan internasional ?

Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar menukar atau jual beli barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan meraih keuntungan. Pelaku ekonomi yang dimaksud sanggup berasal dari pihak swasta maupun pemerintah.


MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan internasional memiliki aneka macam manfaat untuk dalam negeri, antara lain :

1.     Menambah devisa negara.
Kegiatan ekspor dan impor yang terus menerus akan meningkatkan devisa negara.

2.     Merupakan sebuah transfer teknologi.
Pengiriman barang impor canggih ibarat handphone, televisi, dan radio akan diiringi dengan cara penggunaan dan pemeliharaan. Hal ini akan mendorong jasa-jasa perbaikan dalam negeri untuk lebih belajar. Bahkan, tak jarang yang menghasilkan produk-produk sendiri.

3.     Memperluas pasar hasil produksi dalam negeri.
Perdagangan internasional sanggup membuka kesempatan bagi industri dalam negeri untuk memperluas pasar hingga keluar negeri.

4.     Meningkatkan kualitas produk.
Dengan adanya perdagangan internasional, barang dan jasa akan diproduksi sesuai standar kualitas sehingga mendorong produsen untuk meningkatkan mutu dan kualitas barang dan jasanya.

5.     Meningkatkan daya saing antarnegara.
Perdagangan internasional mendorong suatu negara untuk membuat terobosan gres dalam penemuan produk. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan barang yang bisa bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.

6.     Mempererat kekerabatan antarnegara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Ketika satu negara melaksanakan perdagangan internasional dengan negara yang lain, maka kekerabatan kedua negara tersebut akan lebih erat. Selain itu, melaksanakan perdagangan internasional juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

FAKTOR PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Terdapat beberapa faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, antara lain :

1.     Perbedaan sumber daya alam.
Letak geografis yang berbeda mengakibatkan perbedaan SDA di aneka macam negara, hal ini akan membuat kedua negara saling membutuhkan barang yang tidak ada di dalam negeri mereka.

2.     Perbedaan sumber daya manusia.
Kualitas dan kuantitas SDM di setiap negara niscaya berbeda, inilah yang akan mendorong timbulnya perdagangan internasional.

3.     Keuntungan dari adanya spesialisasi.
Dengan mengadakan spesialisasi dan perdagangan, setiap negara sanggup memperoleh keuntungan. Faktor-faktor produksi yang dimiliki setiap negara sanggup dipakai dengan lebih efisien, dan setiap negara sanggup menikmati lebih banyak barang dari apa yang sanggup diproduksi dalam negeri.

4.     Selera.
Terjadinya perbedaan kebudayaan, sistem politik, pandangan hidup, dan tatanan sosial mengakibatkan terjadinya selera terhadap aneka macam jenis komoditas.

5.     Perbedaan teknologi.
Perbedaan teknologi akan menghasilkan barang dengan kualitas yang berbeda. Hal ini mendorong perdagangan internasional untuk membeli barang dengan kualitas yang lebih baik.

6.     Perbedaan sosial dan kebudayaan.
Perbedaan nilai budaya, misalnya ibarat pujian ketika memakai produk dari luar negeri.

7.     Kelebihan atau kekurangan produk dalam suatu negara.
Kelebihan dan kekurangan suatu produk disebabkan oleh perbedaan SDA dan SDM negara tersebut. Inilah yang mendorong perdagangan internasional.

Ada banyak faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, namun ada pula faktor yang menjadi penghambat terjadinya perdagangan intenasional, yaitu :

1.     Kebijakan perlindungan oleh pemerintah.
Kebijakan perlindungan ialah kebijakan pemerintah untuk melindungi produksi dalam negeri yang sedang tumbuh (infant industry) dari kemungkinan yang sanggup merugikan perekonomiannya.

2.     Apresiasi mata uang dalam negeri.
Perbedaan mata uang antarnegara mengakibatkan perbedaan nilai mata uang itu sendiri. Hal tersebut sanggup merugikan salah satu pihak jikalau sebelumnya tidak ditetapkan mata uang yang berlaku sebagai mata uang standar internasional.

3.     Kualitas sumber daya yang rendah.
Rendahnya kualitas sumber daya suatu negara sanggup berdampak kepada rendahnya mutu hasil produksi sehingga daya saing produk tersebut lebih rendah dibanding produk negara lain.

4.     Terjadinya perang.
Gejala politik dalam suatu negara mengakibatkan acara ekonomi penduduk negara tersebut tidak stabil, terlebih hingga kepada perang antarnegara. Hal tersebut berdampak pada melemahkan daya beli masyarakat suatu negara.

5.     Perbedaan sistem pembayaran antarnegara yang sulit dan risiko tinggi.
Sistem pembayaran yang berlaku di suatu negara tentu tidak sama dengan negara lainnya. Jika sistem pembayaran yang berlaku dalam negara importir dan eksportir belum berkembang dengan baik, ibarat transaksi tunai, maka akan mengakibatkan risiko yang tinggi dan transaksi menjadi tidak praktis.


Source :

https://www.jurnal.id/id/blog/2017/6-faktor-pendorong-terjadinya-perdagangan-internasional
Firmansyah, Herlan dan Diana Nurdiansyah. 2016. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Ekonomi kelas XI. Grafindo.

Sumber http://11mipatiga.blogspot.com

0 Response to ", Manfaat , Faktor Pendorong Dan Penghambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel