iklan banner

Thales


Thales yaitu seorang filsuf (ahli filsafat) dari Yunani. Ia hidup dalam kurun waktu 624 SM - 546 SM. Pada zamannya, spesialis filsafat mempelajari matematika, astronomi, fisika, dan ilmu pengetahuan lainnya.

Thales lahir di kota Miletos yaitu sebuah kota perdagangan yang terletak di sekitar Asia Kecil. Sejatinya ia yaitu seorang pedagang. Ia sering berlayar ke Mesir dan disana ia mengukur tinggi piramida dengan mengukur bayangannya saja. Disini ia memakai prinsip kesebangunan pada segitiga. Ia menjadi populer terlebih sebab ia bisa memprediksi bahwa gerhana matahari terjadi setiap 18 tahun 11 hari. Karena kehebatannya itu ia termasuk dalam kelompok "tujuh orang bijak dari Yunani".

Salah satu pinjaman pemikirannya dalam matematika yaitu wacana diameter. Diameter yaitu sebuah garis yang membagi sebuah bulat menjadi sama besar setiap bagian. Serta beberapa dalil lainnya dalam pembentukan sebuah segitiga yang disebut teorema thales. Inilah dasar yang akan memungkinkan bagi Phytagoras untuk menemukan dalil selanjutnya yaitu dalil phytagoras dalam segitiga.
Sumber http://easy-matematika.blogspot.com

0 Response to "Thales"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel