iklan banner

Kelebihan Metode Eksperimen Dan Kekurangan Metode Eksperimen

KELEBIHAN METODE EKSPERIMEN 

a.   Metode ini sanggup menciptakan anak didik lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan menurut percobaannya sendiri daripada hanya mendapatkan kata guru atau buku.
b.   Anak didik sanggup berbagi perilaku untuk mengadakan studi eksplorasi (menjelajahi) perihal ilmu dan teknologi.
c.   Dengan metode ini akan terbina insan yang sanggup membawa terobosan-terobosan gres dengan inovasi sebagai hasil percobaan yang diharapkan sanggup bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.
d.   Anak didik memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam melaksanakan eksperimen
e.   Siswa terlibat aktif mengumpulkan fakta dan warta yang diharapkan untuk percobaan.
f.    Dapat memakai dan melaksanakan mekanisme metode ilmiah dan berfikir ilmiah.
g.  Dapat memperkaya pengalaman dan berpikir siswa dengan hal-hal yang bersifat objektif, realitas dan menghilangkan verbalisme.
h.  Melalui eksperimen siswa sanggup menghayati sepenuh hati dan mendalam, mengenai pelajaran yang diberikan.
i.    Siswa sanggup aktif mengambil belahan untuk berbuat bagi dirinya, dan tidak hanya melihat orang lain, tanpa dirinya melakukan.
j.    Siswa sanggup aktif mengambil belahan yang besar, untuk melaksanakan langkah-langkah dalam cara berpikir ilmiah. Jalan ini dilakukan melalui pengumpulan data-data observasi, menawarkan penafsiran serta kesimpulan.

KEKURANGAN METODE EKSPERIMEN

a.  Tidak cukupnya alat-alat mengakibatkan tidak setiap anak didik berkesempatan mengadakan ekperimen.
b.  Jika eksperimen memerlukan jangka waktu yang lama, anak didik harus menanti untuk melanjutkan pelajaran.
c.   Kesalahan dan kegagalan siswa yang tidak terdeteksi oleh guru dalam bereksperimen berakibat siswa keliru dalam mengambil kesimpulan.
d.  Sering mengalami kesulitan dalam melaksanakan eksperimen alasannya yakni guru dan siswa kurang berpengalaman melaksanakan eksperimen.
e.  Kesalahan dan kegagalan siswa yang tidak terdeteksi oleh guru dalam bereksperimen berakibat siswa keliru dalam mengambil keputusan.
f.    Memerlukan keterampilan/kemahiran dari pihak guru dalam memakai serta menciptakan alat-alat eksperimen
g. Bagi guru yang telah terbiasa dengan metode ceramah secara rutin misalnya. Cenderung memandang metode eksperimen sebagai suatu pemborosan dan memberatkan.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Kelebihan Metode Eksperimen Dan Kekurangan Metode Eksperimen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel