iklan banner

Ciri-Ciri Perubahan Khas Yang Menjadi Karakteristik Sikap Belajar

Setiap sikap berguru selalu ditandai oleh ciri-ciri perubahan yang spesifik. Karakteristik sikap berguru ini dalam beberapa pustaka rujukan, antara lain berdasarkan surya (1982), disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar. Diantaranya  yang terpenting adalah:

-        Perubahan itu intensional
-        Perubahan itu faktual dan aktif
-        Perubahan itu efektif dan fungsional

a.   Perubahan Intensional

Perubahan yang terjadi dalam proses berguru ialah berkat pengalaman atau praktek yang dilakukan dengan sengaja dan disadari, atau dengan kata lain bukan kebetulan. Karakteristik ini mengandung pengertian bahwa siswa-siswi menyadari akan adanya perubahan yang dialami, atau ia sekurang-kurangnya ia mencicipi adanya perubahan pada dirinya ibarat penambahan pengetahuan, kebiasaan, sikap dan pandangan sesuatu, keterampilan, dan seterusnya. Karena secara fitrah individu yang bersangkutan tidak menyadari atau tidak menghendaki keberadaanya.

b.   Perubahan Positif Dan Aktif

Perubahan yang terjadi alasannya ialah proses berguru bersifat faktual dan aktif, faktual artinya baik, bermartabat, serta sesuai dengan harapan. Hal ini juga bermakna bahwa perubahan tersebut senantiasa merupakan penambahan,yakni diperolehnya sesuatu yang gres (seperti pemahaman dan keterampilan baru) yang lebih baik dari pada sebelumnya. Adapun perubahan yang terjadi dengan sendirinya ibarat alasannya ialah proses kematangan (misalnya, bayi yang bias merangkak sesudah bias duduk), alasannya ialah perjuangan anak itu sendiri.

c.   Perubahan Efektif Dan Fungsional

Perubahan yang timbul alasannya ialah proses berguru bersifat efektif, yakni berhasil guna. Artinya, perubahan tersebut membawa makna dan manfaat tertentu bagi siswa dan siswi. Selain itu, perubahan dalam proses berguru bersifat fungsional dalam arti bahwa ia relative menetap dan setiap ketika apabila dibutuhkan, perubahan tersebut sanggup direproduksi dan dimanfaatkan.

Perubahan fungsional sanggup dibutuhkan memberi manfaat yang luas contohnya ketika siswa-siswi menempuh ujian dan beradaptasi dengan lingkungan kehidupan sehari-hari dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Selain itu, perubahan efektif dan fungsional biasanya bersifat dinamis dan mendorong timbulnya perubahan faktual lainnya.

Sebagai contoh, kalau seorang siswa/siswi berguru menulis, maka di samping ia akan bisa merangkaikan kata dan kalimat dalam bentuk tulisan, ia juga akan memperoleh kecakapan lainnya ibarat menciptakan catatan,mengarang surat, dan bahkan menyusun karya sastra atau karya ilmiah.

Hasil berguru dipengaruhi beberapa faktor, antara lain karakteristik berguru dan motivasi belajar. Karakteristik berguru yaitu kebiasaan berguru yang baik dan motivasi berguru yaitu keseluruhan kekuatan dan daya penggerak/pendorong semoga tujuan berguru tercapai optimal.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Ciri-Ciri Perubahan Khas Yang Menjadi Karakteristik Sikap Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel