iklan banner

Arti Penting Mencar Ilmu Sejarah Dan Kiprahnya Dalam Masyarakat



Arti penting berguru sejarah - Belajar sejarah mempunyai manfaat sangat besar dalam kehidupan suatu masyarakat atau bangsa. Suatu masyarakat atau bangsa akan sanggup mengenal bagaimana kehidupan masyarakat atau bangsa terdahulu.

Sejarah sanggup memperlihatkan citra dan menjadi pedoman bagi suatu bangsa untuk melangkah pada kehidupannya di masa kini dan masa yang akan datang. Oleh alasannya itu, setiap masyarakat atau bangsa di dunia mempunyai sejarahnya masing-masing, walaupun tidak semua masyarakat atau bangsa meninggalkan peninggalan secara tertulis yang hingga pada generasi penerusnya.

Dengan demikian, pelajaran sejarah menjadi sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Bahkan setiap bangsa berusaha untuk menggali sumber-sumber sejarah dengan tujuan mengetahui kehidupan bangsanya di masa lampau.

Bagan kesadaran sejarah


Peran sejarah dalam kehidupan masyarakat Arti penting berguru sejarah dan kiprahnya dalam masyarakat
Bagan kesadaran sejarah

Arti penting sejarah

Setiap bangsa di muka bumi ini mempunyai sejarahnya sendiri. Namun hanya sebagian kecil saja dari seluruh bangsa di muka bumi ini yang mengerti dan memahami sejarahnya. Oleh alasannya itu, kesadaran sejarah pada suatu masyarakat hendaknya menerima perhatian, sehingga masing-masing individu dalam suatu masyarakat sadar dan memahami perjalanan sejarahnya sendiri.

Kesadaran sejarah merupakan suatu dimensi historis. Dimensi itu memuat konsepsi waktu yang bahwasanya hanya dimiliki oleh insan yang berbudaya. Alasanya, hanya insan yang berbudayalah yang sanggup mengenal waktu, baik waktu yang obyektif maupun subyektif.

Waktu yang obyektif yaitu waktu yang sanggup disadari bersama dan diakui oleh orang lain. Sedangkan waktu subyektif yaitu waktu yang bersifat internal dan dipengaruhi oleh emosi. Disamping itu, waktu merupakan penghubung terjadinya suatu insiden dengan insiden lainnya yang tidak hanya dialami oleh seseorang tetapi juga dialami oleh orang lain secara obyektif dan artinya terdapat di dalam kerangka kesadaran waktu.

Kesadaran sejarah sanggup dialami secara perseorangan yang tercermin dalam memori. Namun, yang lebih penting yaitu kesadaran sejarah bersifat kolektif (kelompok), yaitu : suatu bentuk pengelaman bersama suatu masyarakat sebagai ungkapan reaksi mereka kepada situasi, baik suatu kebudayaan, politik maupun ekonomi pada masa satu ke masa lain.

Hal ini merupakan salah satu kesadaran yang secara kumulatif ada di dalam ingatan masyarakat secara kolektif. Kesadaran sejarah menyerupai itu terdapat dalam tiap masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. Misalnya pertumbuhan bangsa Indonesia merupakan produk dari pengalaman masyarakat Indonesia sendiri di masa lampau yang kemudian membuat situasi kebersamaan dalam meraih tujuan bangsa, yaitu bangsa Indonesia merdeka.

Peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dialami oleh suatu masyarakat atau bangsa di masa lampau merupakan pengalaman sejarah yang sangat penting dan berharga bagi bangsa tersebut. Bahkan tokoh-tokoh masyarakat menganjurkan kepada kita untuk berguru dari masa lalu, supaya sanggup menyongsong keberhasilan di masa kemudian hari.

Atau lebih jelasnya, supaya suatu bangsa terus berguru dari sejarah masa lalunya supaya sanggup memilih langkah perjalanan bangsa dikemudian hari.

Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno atau dekat disebut Bung Karno dalam salah satu pidatonya berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia supaya "Jangan sekali-sekali melupakan sejarah", dan selanjutnya lebih dikenal dengan sebutan "Jas Merah".

Dengan demikian, sejarah mempunyai arti yang yang sangat penting dalam kehidupan sebuah bangsa dan negara, alasannya insiden sejarah yang telah terjdi pada masa lampau dari sebuah bangsa itu akan sanggup menjadi suatu pedoman atau pegangan hidup dari bangsa tersebut di masa kini dan masa depan.

Peran sejarah dalam kehidupan masyarakat

Sejarah sebagai ilmu mempelajari aneka macam insiden yang terjadi semenjak adanya insan hingga kini ini. Sejarah mencatat aneka macam insiden dari satu masa ke masa lainnya dan menimbulkan kiprahnya menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Oleh alasannya itu, sejarah sanggup menjadi penghubung dari generasi kini dengan generasi terdahulu. Melalui aneka macam goresan pena sejarah, generasi kini sanggup mengetahui dan memahami aneka macam insiden yang terjadi di masa lampau, sehingga generasi kini sanggup memilih perilaku dan langkah-langkah kehidupannya menuju masa depan.

Misalnya, semenjak diberikan pendidikan Sejarah Nasional pada sekolah-sekolah di zaman Pergerakan Nasional Indonesia, bangsa Indonesia mulai menyadari keberadaannya sebagai sebuah bangsa yang ditindas oleh bangsa penjajah.

Pengetahuan mengenai kejayaan yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia di masa lampau, sebelum datangnya bangsa-bangsa Eropa (Barat) ke Indonesia akan memperlihatkan dorongan untuk berjuang mencapai tujuannya, yaitu membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan.

Kejayaan masa lampau juga akan selalu menjadi pedoman usaha supaya kejayaan yang pernah dialaminya juga sanggup dicapai di masa kini. Suatu pertanyaan yang hendaknya dipahami oleh setiap unsur bangsa Indonesia yaitu "Mengapa pada masa lampau bangsa Indonesia pernah mengalami kejayaan?" dan "Mengapa pada masa kini (zaman kolonial Belanda) bangsa Indonesia tidak sanggup mencapai kejayaan?"

Pertanyaan tersebut memberi dorongan dan semangat kepada bangsa Indonesia untuk berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan kolonial Eropa. Hal ini merupakan perwujudan pemahaman sejarah dari bangsa Indonesia. Dengan memahami sejarah, bangsa Indonesia sanggup mengetahui keberadaan bangsanya pada masa lampau. Dengan demikian, sejarah mempunyai tugas yang sangat penting dalam kehidupan suatu masyarakat.

Baca juga :
Demikian Arti penting berguru sejarah dan kiprahnya dalam masyarakat, semoga menjadi catatan pembelajaran perihal sejarah.

Sumber http://sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

0 Response to "Arti Penting Mencar Ilmu Sejarah Dan Kiprahnya Dalam Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel