iklan banner

Survival

A.   Mengenal tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein.
Hidup di alam bebas, kita harus pandai-pandai menentukan makanan, jenis hewan atau tanaman mana yang sanggup atau dihentikan untuk dikonsumsi, termasuk harus sanggup membedakan tanaman atau hewan mana yang sanggup dipakai sebagai sumber energi.
1.      Umbi-umbian
Tanaman ketela rambat, talas dan singkong banyak tumbuh di dalam hutan. Tanaman jenis ini menyimpan banyak karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi badan kita. Hati-hati dalam pemilihan singkong, banyak jenis-jenis singkong yang beracun. Ciri termudah membedakan singkong yang sanggup dimakan yakni singkong yang mempunyai buah, batang dan pangkal daun yang berwarna kemerah-merahan.
2.      Buah-buahan
Ada berbagai buah-buahan yang sudah kita kenal, yang sebagian sanggup tumbuh alami di hutan. Contohnya yakni buah nangka, kelapa, jambu biji, ciplukan, sentiet, belikbing-belimbingan, dll. Hindari buah yang mengandung getah dan yang belum pernah kita kenal sebelumnya.
3.      Biji-bijian
Biji-bijian terkadang sanggup kita temui di sembarang tempat, menyerupai jagung, padi, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
4.      Batang pohon
Batang  pohon pun sanggup kita gunakan sebagai sumber energi, menyerupai batang pohon enau, sagu, rotan dan tebu.

Gunakan binatang-binatang disekitar kita untuk mendeteksi keberadaan makanan. Hampir semua masakan yang dimakan simpanse sanggup dikonsumsi oleh manusia, hati-hati jikalau menemui buah yang mengandung getah berwarna putih pekat. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk makan biar tetap survive, dengan perut yang kenyang otak sanggup berfikir dengan jernih untuk melaksanakan hal lain.



B.     Bahan survival untuk obat. 
  1. Akar alang-alang sanggup dipakai sebagai obat lecet atau sayat, fungsinya yakni untuk mempercepat pembekuan darah. Caranya carilah akar alang-alang kemudian dikunyah-kunyah kemudian tempelkan pada luka yang sakit.
  2. Daun kayu putih sebagai obat sakit perut sanggup kita gunakan daun kayu putih dengan cara direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan diminum untuk mengobati sakit.
  3. Daun papaya sanggup dipakai sebagai obat malaria, rebus daun papaya hingga layu, peras airnya kemudian makan daunnya.
  4. Madu sanggup dipakai sebagai obat jikalau tersengat lebah. Oleskan madu pada luka yang sakit.
  5. Bawang Putih untuk mengobati sakit gigi, caranya tumbuk rimpang bawang putih, kemudian masukkan pada lubang gigi yang sakit.
  6. Mentimun, buah ini sanggup dipakai untuk mengobati luka bakar sebab sifatnya yang dingin, lulurkan air buah mentimun pada kulit yang terbakar.
  7. Putri malu, rumput berduri ini sanggup dipakai sebagai obar sariawan, caranya rebus akarnya hingga mendidih, kemudian minum air sisa rebusan tersebut.
  8. Jahe dapat dipakai sebagai obat batuk, caranya tumbuk rimpangnya kemudian tambahkan air dan diminum.
  9. Melati dapat dipakai sebagai obat asma, tempelkan daunnya di kepala dan minum air rebusan bunga melati.
  10. Randu dapat dipakai sebagai obat penurun panas, tumbuk daun atau akarnya, rendam kemudian minum airnya.
  11. Sirih dapat dipakai untuk mengobati mimisan dan sakit mata. Untuk mengobati mimisan cukup dengan menyumpalkan daunnya pada hidung, sedangkan untuk mengobati sakit mata cukup dengan meneteskan air dari daunnya ke mata.
Masih berbagai kekayaan-kekayaan alam di sekitar kita yang sanggup kita manfaatkan. Apalagi Indonesia merupakan negara yang cukup kaya dengan alamnya. Cukup dengan menjaga kelestarian alam dan menfaatkannya secara bijak, rakyat Indonesia niscaya sanggup hidup makmur dan mandiri. Semoga Bermanfaat. Salam Pramuka!!!

Sumber http://pasukan-kusumayudha.blogspot.com

0 Response to "Survival"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel