iklan banner

Daur Ulang Limbah

Limbah merupakan sumber daya alam yang telah kehilangan fungsinya akumulasi limbah mempunyai potensi menjadi polutan dan mengganggu keindahan.
Bermacam-macam limbah yang ada di sekitar lingkungan insan :
1. limbah cair
2. limah padat
3. limbah organik
4. limbah anorganik
5. limbah rumah tangga
6. limbah pabrik/industri
Upaya pengolahan dan penangan limbah yaitu dengan memanaatkan kembali limbah yang masih sanggup dipakai.
Untuk mengurangi limbah padat sanggup dilakukan proses penimbunan dalam skala besar kemudian dibakar yang sanggup menghasilkan gas hasil pembakaran untuk menggerakkan turbin.
Di beberapa negara maju telah banyak dilakukan pemisahan sampah organik dan anorganik untuk daur ulang.

Bioteknologi Pengolahan Limbah.
A. Penghasil Gas Bio
Energi yang dikembangkan dikala ini contohnya melalui produksi gas bio oleh mikroorganisme. Gas bio ialah gas metana yang di produksi oleh mikroorganisme di dalam medium kotoran ternak pada suatu tangki fermentor. Mikroorganisme kemudian mencerna kotoran itu menjadi gas metana yang sanggup di alirkan ke rumah-rumah sebagai penghasil energi seakan-akan gas elpiji. Sedangkan limbahnya sanggup digunakan sebagai pupuk.

B. Pemisahan dan Pengolahan Limbah Logam Berat.
Chromium ialah limbah logam berat yang bersifat racun. Bakteri Enterobacter cloacae bisa mereduksi chromium menjadi tidak beracun.
Bakteri kemoaitotrof ialah basil yang hidup dari zat-zat organik contohnya besi dan belerang, dan memperoleh energi dari pemecahan materi kimia tersebut. Energi yang diperoleh digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air untuk disintesis menjadi zat-zat organik.
Sumber http://fiskadiana.blogspot.com

0 Response to "Daur Ulang Limbah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel