Prediksi Soal Unbk Smk Otomotif 2019
Prediksi Soal UNBK Sekolah Menengah kejuruan Otomotif 2019 Paling Lengkap Beserta Kunci Jawabannya
1. Fungsi kampas kendaraan beroda empat ialah ……….
a. meneruskan putaran roda mesin ke roda gigi transmisi
b. meneruskan putaran transmisi ke gardan
c. meneruskan putaran defferensial ke as roda belakang
d. meneruskan putaran mesin ke gardan
e. meneruskan putaran roda mesin ke as roda depan
2. Apa gunanya matahari kopling …………
a. meneruskan gaya ke transmisi
b. meneruskan dan melepas tekanan kampas kopling ke roda gila
c. melepas putaran transmisi
d. menjaga keausan roda gila dan flanges matahari
e. meneruskan putaran mesin ke putaran roda
3. Apa gunanya coil spring yang mengelilingi kampas kopling
a. menjaga tekanan kampas
b. menjaga fleksibilitas kampas kopling
c. perapat plat kopling dan kampasnya
d. menjaga keausan kampas kopling
e. untuk merapatkan lubang kampas kopling dengan asprimer transmisi
4. Facing, clutch hub, torsiondamper ialah potongan - potongan dari ……….
a. Plat Kopling
b. Kampas kopling
c. Matahari
d. Hendel Kopling
e. hidrolis kopling
5. Clutch Cover, Coil spring, pressure lever, pressure plat ialah potongan - bagiain dari
a. disch breek
b. clutch cover assy
c. release fork
d. master silinder
e. fleksible house
6. Dibawah ini ialah sparepart kopling dengan pegas coil, kecuali ..….
a. jari penekan
b. bantalan
c. garpu kopling
d. pasak penjamin
e. release fork
7. Tutup kopling, gelang diafragma, pegas diafragma meja tekan, bantaran tekan, ialah sebagian sparepart……..
a. kopling dengan pegas diafragma
b. kopling dengan pegas coil
c. penggagas kopling mekanik
d. penggagas kopling hidrolis
e. release fork
8. Release bearing disebut juga …….
a. alas pembebas
b. tutup kopling
c. pegas diafragma
d. rumah kopling
e. garpu kopling
9. Tongkat pembebas disebut juga …….
a. release fork
b. release bearing
c. release cover
d. fleksible house
e. push rod
10. Bagian - potongan dari sistim penggagas kopling mekanik sbb. Kecuali ……….
a. clutch cover
b. e-ring
c. clutch release lever
d. clutch pedal
e. push rod
11. Bagian - potongan dari sistim penggagas kopling hidrolis sbb. Kecuali……..
a. pedal kopling
b. master silinder
c. silinder pembebas
d. tongkat pembebas
e. kawat kopling
12. Apa gunanya oil reservoil pada master silinder kopling hidrolis ……
a. daerah oli
b. daerah stenpet
c. daerah kampas kopling
d. daerah pedal kopling
e. daerah pendingin
13. Kopling harus memenuhi persyaratan sbb. Kecuali ……..
a. sanggup meneruskan dan menghubungkan putaran engine ke transmisi dengancepat dan lancer
b. tidak gampang selip
c. balance
d. tahan panas dan gesekan
e. tahan panasnya oli
14. Apa gunanya tognkat pembebas kopling …….
a. meneruskan daya dorong dari release fork
b. untuk menekan release bearing sehingga menyentuh pegas
c. menjempit clutch disc terhadap flywhiil\
d. mediator putaran engine ke transmisi
e. untuk memindah gir transmisi
Kunci Jawaban Soal 1-14 :
1. A 6. E 11. E
2. B 7. A 12. A
3. B 8. A 13. E
4. A 9. A 14. B
5. B 10.E
15. Untuk menghindari berkurangnya imbas pendinginan yang disebabkan pembekuan air yang ada yang ada pada fin pada evaporator yang telalu hambar <0°C pada system AC maka dipasang peralatan perhiasan …………
A. Anti Frosting Devices
B. Elemen pemanas
C. Pressure switch
D. Blower
E. Sirip-sirip
16. Untuk mengontrol tekanan pada sisi tekanan tinggi apabila pada sisi tekanan tinggi terjadi tekanan berlebih atau terlalu rendah, maka secara otomatis akan menyetop switch sehingga magnetic clutch menjadi off pada system AC maka dipasang peralatan tambahan………….
A. Anti Frosting Devices
B. Elemen pemanas
C. Pressure switch
D. Blower
E. Expansion valve
17. Dibawah ini merupakan jenis compressor system AC tipe rotary ialah ………..
A. Tipe crank
B. Tipe swash plate
C. Tipe Reciprocating
D. Tipe in line
E. Tipe Through Vane
18. Komponen pada system AC yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran kompresor dengan putaran mesin ialah …………
A. Kompresor
B. Kondensor
C. Katup ekspansi
D. Manometer
E. Kopling magnet
19. Diagnosa awal pada kerusakan system AC ialah ………..
A. Pemeriksaan tekanan pada kondensor
B. Pemeriksaan temperature pada receiver dryer
C. Pemeriksaan temperature pada evaporator
D. Pemeriksaan tekanan pada katup ekspansi
E. Pemeriksaan temperature pada katup ekspansi
20. Untuk mencegah mesin mati ketika system AC dinyalakan pada kendaraan maka dilengkapi dengan ………..
A. Thermostat
B. Idle up
C. Pompa akselerasi
D. Choke
E. Putaran stasioner
21. Alat yang berfungsi untuk mengosongkan dan mengisi refrigerant pada system AC dinamakan …
A. Pressure gauge
B. Manifold gauge
C. Receiver dryer
D. Sight glass
E. Kompresor
22. Untuk mengetahui penuh atau tidaknya Freon ketika diisi ialah sebagai berikut ………..
A. Dengan melihat pada beling pengontrol
B. Dengan melihat tekanan pada manometer
C. Mengisi sesuai dengan pendingin yang masuk kedalam system
D. Dengan menimbang tabung Freon
E. Jawaban A, B, dan C benar
23. Apabila pada evaporator terbentuk Kristal es, hal ini disebabkan kerusakan yang terjadi pada….
A. Thermostat
B. Kondensor
C. Kompresor
D. Blower
E. Fan
24. Setelah selesai proses pengosongan, tutup kedua katup dan tunggu kurang lebih 15 menit, hal ini diharapkan untuk ……………..
A. Agar system tetap dalam keadaan vacuum
B. Memeriksa kebocoran dalam system
C. Memastikan system bekerja dengan baik
D. Mudah dalam memasukan refrigerant
E. Menjaga semoga system tetap bersih
25. Komponen system AC yang berfungsi untuk menampung sementara Freon yang mengalir dan memisahkan kandungan air ialah …………….
A. Kompresor
B. Dryer
C. Evaporator
D. Kondensor
E. Katup ekspansi
26. Pernyataan yang tidak sempurna wacana fungsi system AC (Air Conditioner) pada kendaraan adalah
A. Mengontrol temperature
B. Memurnikan temperature
C. Mengontrol kelembaban
D. Mengontrol sirkulasi udara
E. Memurnikan udara (Purification)
27. Jenis kompresor dimana sisi piston yang berfungsi hanya satu sisi saja dan pada kepala silindernya terdapat dua katup yaitu katup hisap dan katup penyalur adalah……..
A. Kompresor tipe Rotary
B. Kompresor tipe Crank
C. Kompresor tipe vane
D. Kompresor tipe swash plate
E. Kompresor tipe reciprocating
28. Kompresor system penyejuk udara yang terdiri dari sejumlah piston dengan interval 72° untuk kompresor 10 silinder dan interval 120° untuk kompresor 6 silinder ialah ……….
A. Rotary
B. Crank
C. Vane
D. Swash plate
E. Reciprocating
29. Untuk mengindra suhu semoga ruang penumpang tetap terjaga kelembabannya ialah fungsi dari
A. Pressure switch
B. Relay
C. Manometer
D. Pressure gauge
E. Thermostat
30. Oli kompresor yang digunakan untuk Refrigerant R 12 adalah……..
A. Pelumas mineral
B. Pelumas ester
C. Pelumas Castrol
D. Pelumas enduro
E. Gemuk Kunci Jawaban Soal 15-30 :
21. B
22. E
23. D
24. B
15. A 25. B
16. C 26. B
17. E 27. E
18. E 28. D
19. D 29. E
20. B 30. A
31. Vernier caliper mempunyai beberapa kegunaan, dibawah ini yang bukan kegunaan dari vernier caliper adalah …..
a. mengukur diameter dalam
b. mengukur kerenggangan
c. mengukur tinggi
d. mengukur diameter luar
e. mengukur lebar
a. 6,15 mm
b. 5,00 mm
c. 6,00 mm
d. 5,5 mm
e. 5,15 mm
33. Clutch hub berfungsi untuk …..
a. media gesek roda gila
b. meredam getaran ketika kopling terhubung dengan roda gila
c. bagian yang berkaitan dengan poros input transmisi
d. tempat menampung kotoran dan debu pada plat kopling
e. tempat untuk mengukur ketebalan kanvas kopling
34. Komponen kopling yang berfungsi untuk merubah energi hidrolis menjadi mekanis adalah…
a. Bantalan pembebas
b. Garpu pembebas
c. Silinder pembebas
d. Pegas diagfragma
e. Pressure plate
35. Clutch hub dan shifting key ditunjukkan pada nomor ……
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 2
35. Komponen transmisi yang berafiliasi dengan kopling adalah…
a. Input shaft transmission
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
e. Shift fork
37. Komponen transmisi yang berafiliasi dengan propeller shaft adalah…
a. Input shaft transmission
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
38. Untuk mengoperasionalkan transmisi yaitu merubah dari kecepatan yang satu ke kecepatan yang lain, maka pada transmisi dipasang….
a. Mekanisme selector d. Shift fork lock
b. Shift lever e. shift fork head
c. Shift fork
a. pinion gear dan ring gear
b. drive pinion dan side gear
c. ring gear dan pinion gear
d. ring gear dan side gear
e. side gear dan drive pinion
40. Bagian yang meneruskan putaran dari mesin kepada ring gear, adalah
A. Drive pinion
B. Crownwheel
C. Side gear
D. Satelit gear
E. Ring gear
41. Posisi pemasangan ring gear ialah dibautkan pada ?
41. Posisi pemasangan ring gear ialah dibautkan pada ?
A. Differential housing
B. Axle shaft
C. Differential case
D. Conters shaft
E. A, b dan c benar
42. Nama komponen gambar B di samping adalah:
42. Nama komponen gambar B di samping adalah:
A. Ring gear D. Front
B. Drive pinion E. Final gear
C. Differential gear
A. Ring gear D. Front
B. Drive pinion E. Final gear
C. Differential gear
44. Fungsi suspensi ialah menyerupai dibawah ini, kecuali
a. Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
b. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi jawaban kondisi jalan
c. Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
d. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi jawaban kondisi jalan
e. supaya kendaraan yang dikendarai sanggup berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin
45. Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid ialah sebagai berikut, kecuali
a. Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain
b. Membutuhkan sedikit tempat
c. Titik berat kendaraan sanggup lebih rendah, sehingga kondusif dan nyaman untuk kendaraan
d. Daya pemegasan sanggup lebih lembut
e. Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan
46. Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar ialah sebagai berikut, kecuali..
a. Pegas kopling lemah.
b. Drag lager lemah.
c. Kontak permukaan disc rusak
d. Clutch disc habis.
e. Torsion rubber
47. Dibawah ini ialah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali
a. Master silinder kopling.
b. Silinder kopling .
c. Pipa hidrolik
d. Pegas pengendali pedal kopling.
e. Pedal kopling
48. Sebutkan type gigi kemudi menyerupai gambar di bawah
a. Bola bersirkulasi
b. Roll dan cacing
c. mur baut bersirkulasi
d. rak dan pinion
e. Nut and worm
49. Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion
a. 1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end
b. 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi
c. 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi
d. 1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel
e. 1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion
50. Berapakah hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut ?
A. 10,2 mm
B. 11 mm
C. 11,8 mm
D. 12 mm
E. 12,8 mm
51. Motor diesel memakai materi bakar di bawah ini untuk pembangkit dayanya, :
a. Avture
b. Solar
c. Bensin
d. Gas
e. LPG
52. Pembakaran pada motor diesel terjadi pada ketika posisi piston :
a. Awal langkah kompresi
b. Awal langkah isap
c. Akhir langkah kompresi
d. Akhir langkah isap
e. Awal langkah buang
53. Komponen untuk memasukkan materi bakar diesel ke dalam ruang pembakaran ialah dengan :
a. Injektor (Nosel)
b. Pompa injeksi (Injection pump)
c. Pompa pemberi (Feed pump)
d. Karburator
e. Katup penyalur (Delivery valve)
54. Berikut ialah fungsi dari priming pump :
a. Menekan materi bakar ke dalam ruang bakar
b. Mengembalikan sisa kelebihan materi bakar ke tanki materi bakar
c. Menekan udara dari pompa injeksi ke dalam ruang pembakaran
d. Menekan udara dari system materi bakar semoga keluar pada ketika mesin mati
e. Menekan udara dari system materi bakar semoga keluar pada ketika mesin hidup
55. Motor diesel yang dilengkapi dengan busi pijar (Glow plug) tergolong dalam :
a. Motor diesel putaran tinggi
b. Motor diesel putaran rendah
c. Motor diesel injeksi langsung
d. Motor diesel injeksi tidak langsung
e. Motor diesel 4 tak
56. Terjadinya pembakaran dalam motor diesel disebabkan oleh :
a. Percikan api pada busi (spark plug)
b. Percikan api pada busi pijar (glow plug)
c. Semprotan materi bakar oleh nosel
d. Udara yang dihisap ke dalam silinder ketika langkah hisap piston
e. Tekanan udara ketika kompresi yang bisa aben materi bakar ketika diinjeksikan
57. Katup penyalur (delivery valve) dalam system materi bakar diesel difungsikan untuk :
a. Mencegah turunnya tekanan materi bakar di belakang nosel pada ketika final injeksi
b. Mencegah tetesan materi bakar pada nosel pada ketika final injeksi
c. Mengatur tekanan injeksi pompa
d. Mengatur jumlah materi bakar yang diinjeksikan
e. Menyalurkan materi bakar dari nosel ke dalam ruang pembakaran
58. Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk
a. Mengatur jumlah materi bakar yang diinjeksikan
b. Menaikan putaran motor
c. Mengendalikan putaran motor semoga stabil pada setiap tingkat putaran
d. Menurunkan putaran motor
e. Mamajukan ketika injeksi materi bakar
59. Controll rack pada pompa injeksi in line bergeser untuk menggerakkan :
a. Barell semoga berputar
b. Barell semoga naik atau turun
c. Plunger pompa semoga naik atau turun
d. Plunger semoga berputar
e. Rack pinion semoga barell berputar
60. Pompa injeksi tipe rotary (distributor) VE memakai plunger :
a. Single untuk melayani multi silinder
b. Single untuk melayani mono silinder
c. Multi untuk melayani multi silinder
d. Multi untuk melayani mono silinder
e. Double untuk melayani multi silinder
61. Yang berfungsi sama dengan poros nok (cam shaft) pompa injeksi in line, pada pompa rotary VE adalah:
a. Poros pemutar (drive shaft)
b. Cincin pembocor (spill ring)
c. Lubang pembocor (spill port)
d. Plat pendorong (cam plate)
e. Tappet (lifter)
62. Pengatur jumlah materi bakar yang dinjeksikan oleh pompa injeksi rotary dilakukan oleh :
a. Feed pump
b. Feed hole
c. Spill ring dan spill port
d. Controll grove
e. Controll sleeve
63. Untuk mematikan ajaran materi bakar dari fuel chamber (rotary type) ke suction port, kunci kontak (switch) di off kan, dengan tujuan :
a. Feed pump berhenti berputar
b. Drive shaft berhenti berputar
c. Plunger berhenti berputar
d. Cam plate berhenti berputar
e. Fuel cut off solienoid menutup saluran
64. Governor unit yang digunakan pada pompa rotary ialah :
a. Tipe vacuum
b. Tipe kombinasi vacuum dan centrifugal
c. Tipe centrifugal
d. Tipe hidroulic
e. Tipe phneumatic
65. Cara kerja Automatic timer pompa injeksi rotary tipe VE menurut :
a. Kevacuuman intake manifold
b. Centrifugal weight governor
c. Tekanan hidroulic materi bakar dalam fuel chamber
d. Phneumatic pompa
e. Jumlah materi bakar dalam system
66. Bila tuas gas pada pompa rotary ditarik, maka yang berubah ialah :
a. Plunger lebih maju
b. Plunger jadi mundur
c. Spill ring bergerak mundur
d. Spill ring tidak bergerak
e. Spill ring bergerak maju
67. Bila spill ring digeser maju, maka yang terjadi ialah :
a. Tidak terjadi perubahan apapun pada system pemompaan
b. Pemompaan jumlah materi bakar menjadi berkurang
c. Pemompaan jumlah materi bakar tetap
d. Pemompaan jumlah materi bakar bertambah
e. Pemompaan jumlah materi bakar tidak ada
68. Bila piston automatic timer bergeser (VE type) , maka yang berubah ialah :
a. Cam plate berputar lebih cepat
b. Cam plate berputar lebih lambat
c. Roller pendorong cam plate bergerak mundur
d. Roller pendorong cam plate bergerak maju
e. Panjang langkah injeksi pompa
69. Nosel yang mempunyai lubang banyak pada ujungnya disebut :
a. Tipe throttle
b. Tipe Pintle
c. Tipe single hole
d. Tipe multi hole
e. Tipe multi pin
70. Tekanan pengabutan nosel tipe multi hole ialah :
a. Sama besar dengan tipe single hole
b. Sama besar dengan tipe pintle
c. Sama besar dengan tipe throttle
d. Lebih rendah dari tipe single hole
e. Lebih besar dari tipe single hole
71. Untuk memperbaiki mutu pengabutan menjadi lebih halus, maka dilakukan dengan jalan :
a. Menambah lubang pada ujung nosel
b. Menaikan tekanan pengabutan
c. Menurun tekanan pengabutan
d. Mengganti jenis materi bakarnya
e. Mengganti nosel
72. Dengan mengeraskan buat pengatur tekanan nosel, menjadikan :
a. Panjang nosel menjadi berkurang
b. Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih lemah
c. Panjang nosel menjadi bertambah
d. Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih pendek
e. Tekanan pengabutan menjadi lebih rendah
73. Menetesnya materi bakar di ujung nosel pada final injeksi disebabkan oleh :
a. Bahan bakar yang tidak sesuai
b. Tekanan pompa injeksi terlalu tinggi
c. Tekanan pompa injeksi terlalu rendah
d. Lubang nosel tersumbat
e. Pegas penekan jarum nosel lemah
74. Nosel tipe single hole dipasangkan pada :
a. Saluran masuk (intake manifold)
b. Ruang bakar utama (main combustion chamber)
c. Ruang bakar muka (pre combustion chamber)
d. Bagian belakang katup hisap
e. Bagian belakang katup buang
75. Bentuk pengabutan yang baik ialah :
a. Mengumpul
b. Menyebar dan tidak merata
c. Kasar dan dan tidak merata
d. Halus dan merata
e. Halus dan tidak merata
76. Bahan bakar diesel memakai solar, lantaran :
a. Solar bersifat lebih gampang terbakar dari pada bensin
b. Solar bersifat menghasilkan tenaga lebih besar
c. Solar harganya jauh lebih murah
d. Asap yang keluar dari knalpot lebih bersih
e. Solar bersifat melumasi potongan bagian yang dilewatinya
77. Bila udara masuk ke dalam system materi bakar diesel, menjadikan :
a. Penggunaan materi bakar menjadi lebih hemat
b. Motor susah hidup, lantaran udara menghambat ajaran materi bakar
c. Motor gampang hidup, lantaran udara ikut mendorong ajaran materi bakar
d. Penggunaan materi bakar tidak terpengaruh
e. Penggunaan materi bakar menjadi lebih boros
78. Water sedimenter pada system materi bakar diesel berfungsi :
a. Menahan air semoga tidak masuk ke dalam system materi bakar
b. Menghilangkan air dalam system materi bakar
c. Memberi instruksi jikalau dalam system materi bakar kemasukan air
d. Menyaring materi bakar semoga menjadi lebih bersih
e. Meningkatkan kualitas materi bakar
79. Glow plug (busi pijar) berfungsi untuk :
b. Memanaskan ruang bakar utama
c. Membakar materi bakar selama proses pembakaran
d. Memanaskan ruang bakar bantu selama proses pembakaran
e. Memanaskan ruang bakar bantu selama start dan mesin masih dingin
80. Menghidupkan glow plug yang benar ialah :
a. Terus menerus selama mesin hidup
b. Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin distart
d. Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin dimatikan
e. Selama mesin mati, semoga suhu kerja mesin terjaga
81. Setiap mesin melakukan
satu kali langkah torak,
berapa kali kah crankshaft
akan berputar ...
a. ½
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
Jawab : b
82. Dibawah ini adalah
keuntungan dari mesin
bensin dibanding mesin
diesel ...
a. Kecepatannya tinggi
dan tenaga besar
b. Kecepatannya rendah
dan tenaga besar
c. Kecepatannya tinggi
dan tenaga kecil
d. Kecepatannya rendah
dan tenaga rendah
e. Jawaban semua benar
Jawaban : a
83. Pada langkah apakah
busi mempercikan bunga
apai ...
a. Langkah hisap
b. Akhir langkah kompresi
c. Langkah usaha
d. Langkah buang
e. Langkah ekpansi
Jawaban : b
84. Terbuat dari bahan
apakah blok silinder itu ...
a. Besi tuang
b. Besi beton
c. Besi mulia
d. Perunggu
e. Seng
Jawaban : b
85. Bagian atas yang
terpasang dengan blok
silinder ialah ...
a. Poros engkol
b. Kepala silinder
c. Bak oli
d. Roda penerus
e. Bantalan
Jawaban : b
86. Ruang bakar memiliki
jumlah tipe ...
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
e. 5
Jawaban : a
87. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran gas
pembakaran, air
pendingin dan oli, yang
letaknya diantara blok
silinder dan kepala silinder
adalah ...
a. Separator
b. Drain hole
c. Water jacket
d. Piston
e. Gasket
Jawaban : e
88. Komponen yang
berfungsi untuk menjaga
agar permukaan oli tetap
rata ketika kendaraan pada
posisi miring ialah ...
a. Gasket
b. Piston
c. Flywheel
d. Separator
e. Drain hole
Jawaban : d
89. Untuk mencegah
pemuaian piston harus
ada jarak yang tersedia
dengan temperatur ruang
250c disebut ...
a. Piston clearance
b. Separator
c. Oil control ring
d. Pegas
e. Drain hole
Jawaban : a
90. Berapakah celah torak
antara torak dan dinding
silinder ...
a. 0,02 -0,3 mm
b. 0,02 – 0,12 mm
c. 0,02 – 0,05 mm
d. 0,05 – 0,12 mm
e. 0,2 – 0,12 mm
Jawaban : b
91. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran
campuran udara dan
bensin, dan gas
pembakaran dari ruang
bakar ke kolam engkol
selama langkah kompresi
dan perjuangan ialah ...
a. Pegas pengontrol oli
b. Celah ujung pegas
c. Pena torak
d. Pegas kompresi
e. Integral
Jawaban : d
92. Besarnya celah ujung
pegas ialah ...
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,5 – 0,10 mm
c. 0,02 – 0,12 mm
d. 0,2 – 0,12 mm
e. 0,10 – 0,20 mm
Jawaban : a
93. Suatu kompone yang
berhubungan dengan
poros engkol ialah ...
a. Bantalan
b. Small end
c. Big end
d. Crank arm
e. Crank pin
Jawaban : c
94. Tempat melekatnya
piston pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank journal
c. Crank pin
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : c
95. Komponen yang
berfungsi untuk
menyimpan moment
tenaga putaran ialah ...
a. Roda penerus
b. Bantalan
c. Pena torak
d. Batang penekan
e. Poros engkol
Jawaban : a
96. Yang berfungsi untuk
menjamin keseimbangan
putaran yang ditimbulkan
elama mesin beroperasi
pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank pin
c. Crank Journal
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : e
97. Apa karenanya apabila
celah torak terlalu
sempit ...
a. Mesin akan terawat
b. Akan merusak dinding
silinder
c. Tekanan kompresi
bagus
d. Kemampuan mesin
turun
e. Merusak piston
Jawaban : b
98. Yang berfungsi untuk
menghubungkan torak ke
poros engkol dan
selanjutnya meneruskan
tenaga yang dihasilkan
oleh torak ke poros
engkol ...
a. Pena torak
b. Batang torak
c. Pegas torak
d. Small end
e. Crank pin
Jawaban : b
99. Komponen yang
berfungsi untuk
membantu sistem
pendinginan pada blok
silinder ialah ...
a. Water Jacket
b. Rib
c. Gasket
d. Separator
e. Crank case
Jawaban : a
100. Ada berapakah model
mekanisme katup ...
a. 2
b. 4
c. 3
d. 5
e. 6
Jawaban : c
Sumber http://administrasingajar.blogspot.com
81. Setiap mesin melakukan
satu kali langkah torak,
berapa kali kah crankshaft
akan berputar ...
a. ½
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
Jawab : b
82. Dibawah ini adalah
keuntungan dari mesin
bensin dibanding mesin
diesel ...
a. Kecepatannya tinggi
dan tenaga besar
b. Kecepatannya rendah
dan tenaga besar
c. Kecepatannya tinggi
dan tenaga kecil
d. Kecepatannya rendah
dan tenaga rendah
e. Jawaban semua benar
Jawaban : a
83. Pada langkah apakah
busi mempercikan bunga
apai ...
a. Langkah hisap
b. Akhir langkah kompresi
c. Langkah usaha
d. Langkah buang
e. Langkah ekpansi
Jawaban : b
84. Terbuat dari bahan
apakah blok silinder itu ...
a. Besi tuang
b. Besi beton
c. Besi mulia
d. Perunggu
e. Seng
Jawaban : b
85. Bagian atas yang
terpasang dengan blok
silinder ialah ...
a. Poros engkol
b. Kepala silinder
c. Bak oli
d. Roda penerus
e. Bantalan
Jawaban : b
86. Ruang bakar memiliki
jumlah tipe ...
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
e. 5
Jawaban : a
87. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran gas
pembakaran, air
pendingin dan oli, yang
letaknya diantara blok
silinder dan kepala silinder
adalah ...
a. Separator
b. Drain hole
c. Water jacket
d. Piston
e. Gasket
Jawaban : e
88. Komponen yang
berfungsi untuk menjaga
agar permukaan oli tetap
rata ketika kendaraan pada
posisi miring ialah ...
a. Gasket
b. Piston
c. Flywheel
d. Separator
e. Drain hole
Jawaban : d
89. Untuk mencegah
pemuaian piston harus
ada jarak yang tersedia
dengan temperatur ruang
250c disebut ...
a. Piston clearance
b. Separator
c. Oil control ring
d. Pegas
e. Drain hole
Jawaban : a
90. Berapakah celah torak
antara torak dan dinding
silinder ...
a. 0,02 -0,3 mm
b. 0,02 – 0,12 mm
c. 0,02 – 0,05 mm
d. 0,05 – 0,12 mm
e. 0,2 – 0,12 mm
Jawaban : b
91. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran
campuran udara dan
bensin, dan gas
pembakaran dari ruang
bakar ke kolam engkol
selama langkah kompresi
dan perjuangan ialah ...
a. Pegas pengontrol oli
b. Celah ujung pegas
c. Pena torak
d. Pegas kompresi
e. Integral
Jawaban : d
92. Besarnya celah ujung
pegas ialah ...
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,5 – 0,10 mm
c. 0,02 – 0,12 mm
d. 0,2 – 0,12 mm
e. 0,10 – 0,20 mm
Jawaban : a
93. Suatu kompone yang
berhubungan dengan
poros engkol ialah ...
a. Bantalan
b. Small end
c. Big end
d. Crank arm
e. Crank pin
Jawaban : c
94. Tempat melekatnya
piston pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank journal
c. Crank pin
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : c
95. Komponen yang
berfungsi untuk
menyimpan moment
tenaga putaran ialah ...
a. Roda penerus
b. Bantalan
c. Pena torak
d. Batang penekan
e. Poros engkol
Jawaban : a
96. Yang berfungsi untuk
menjamin keseimbangan
putaran yang ditimbulkan
elama mesin beroperasi
pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank pin
c. Crank Journal
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : e
97. Apa karenanya apabila
celah torak terlalu
sempit ...
a. Mesin akan terawat
b. Akan merusak dinding
silinder
c. Tekanan kompresi
bagus
d. Kemampuan mesin
turun
e. Merusak piston
Jawaban : b
98. Yang berfungsi untuk
menghubungkan torak ke
poros engkol dan
selanjutnya meneruskan
tenaga yang dihasilkan
oleh torak ke poros
engkol ...
a. Pena torak
b. Batang torak
c. Pegas torak
d. Small end
e. Crank pin
Jawaban : b
99. Komponen yang
berfungsi untuk
membantu sistem
pendinginan pada blok
silinder ialah ...
a. Water Jacket
b. Rib
c. Gasket
d. Separator
e. Crank case
Jawaban : a
100. Ada berapakah model
mekanisme katup ...
a. 2
b. 4
c. 3
d. 5
e. 6
Jawaban : c
0 Response to "Prediksi Soal Unbk Smk Otomotif 2019"
Posting Komentar