iklan banner

Pengertian Peta



Menurut International Cartographic Association (ICA), peta adalah suatu citra unsur-unsur ketampakan ajaib dari permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datardan diperkecil dengan memakai skala tertentu. Melalui peta, seseorang sanggup mengamati ketampakan permukaan bumi lebih luas dari batas pandang manusia. Ilmu yang secara khusus mempelajari teknik pembuatan peta disebut kartografi. Adapun orang yang jago dalam menciptakan peta disebut kartografer.

      orang telah menciptakan dan memakai peta semenjak lama. Peta telah ada dan dipakai insan semenjak insan melaksanakan penjelajahan dan penelitian ke aneka macam wilayah di muka bumi. Perjalanan tersebut menghasilkan citra sebuah wilayah walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana, yaitu dalam bentuk sketsa. Peta tertua yang pernah ditemukan dibentuk 4.000 tahun yang kemudian di Babilon kuno. Bahkan sebelum itu, insan yang hidup di zaman prasejarah mungkin pernah menciptakan peta untuk mengatakan daerah mencari masakan dan air.



 Kemudian, para penjelajah memerlukan peta supaya mereka tidak tersesat dikala melaksanakan pejalanan jauh. Para pedagang memerlukan peta untuk mengetahui dimana mereka sanggup menjual barang-barang mereka. Adapun para raja dan serdadu memakai peta untuk memerintah kerajaan dan untuk merencanakan perang







Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian Peta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel