iklan banner

Kelangkaan Dalam Ekonomi

1. Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan (scarcity) yaitu kondisi di mana insan mempunyai sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan di sini. Pertama yaitu sumber daya ekonomi bersifat terbatas dan yang kedua yaitu pemenuhan kebutuhan memerlukan sumber daya ekonomi yang tidak terbatas.

Kelangkaan semakin konkret saat kita ingin memanfaatkan sumber daya ekonomi, menyerupai sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keterampilan kewirausahaan. Sumber daya alam dipakai dalam proses industri dan jasa. Sumber daya alam contohnya tanah, merupakan sumber daya ekonomi yang langka lantaran jumlahnya relatif tetap, sedangkan kebutuhan terhadap tanah terus bertambah. Kelangkaan tanah terutama tejadi di tempat perkotaan. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang bermukim di kota, banyak tanah kosong telah beralih fungsi menjadi perumahan, lokasi industri, dan tempat perbelanjaan. Akibat pembangunan tersebut, ruang terbuka untuk tempat bermain belum dewasa sulit ditemukan sehingga menciptakan belum dewasa memakai jalan raya sebagai tempat bermain.

Kelangkaan sumber daya alam juga kuat terhadap rantai persediaan lokal maupun global. Contohnya, pabrik kertas di Serang, Jawa Barat yang membutuhkan materi bakar minyak untuk menjalankan proses produksi, sulit memenuhi kebutuhannya tanggapan persediaan materi bakar minyak di Indonesia menipis. Pabrik kertas itu harus membeli materi bakar minyak dari wilayah lain, contohnya Kuwait. Hal ini menjadikan peningkatan biaya transportasi supaya kebutuhan pabrik terpenuhi.

Kelangkaan juga sanggup terjadi dalam lingkup tenaga kerja. Dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan industri, kerap terjadi kekurangan tenaga ahli. Karena persediaan tenaga hebat langka, biayanya pun menjadi terlalu mahal. Sebagai contoh, negara Jerman menghadapi kelangkaan sumber daya insan pada sektor konstruksi dan mesin pertambangan. Hal ini disebabkan banyak cowok Jerman lebih tertarik bekerja pada industri otomotif ternama yang banyak berkembang di sana.

Kelangkaan juga terjadi dalam persediaan modal. Contohnya, Indonesia masih mengalami banyak sekali hambatan dalam persediaan modal. Modal yang dibutuhkan tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga materi baku, gedung, dan mesin-mesin. Untuk mendapat modal negara kita harus meminjam pada negara lain atau forum internasional sehingga wajib membayar bunga proteksi dan cicilan yang mempersulit perekonomian negara.

Terkait dengan kelangkaan di bidang kewiraswastaan, Indonesia masih membutuhkan lebih banyak lagi tenaga terampil, kreatif, dan inovatif untuk mengelola faktor-faktor produksi sehingga sanggup menghasilkan produk bermutu dengan harga yang sanggup bersaing dengan produk luarnegeri.

🔜🔜🔜🔜🔜🔜🔜




Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Kelangkaan Dalam Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel