iklan banner

Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap




Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap-. Dalam keseharian niscaya kita sering mendengarkan kata berenergi atau orang besar lengan berkuasa yang mempunyai banyak energi. Orang yang bisa mendorong kendaraan beroda empat dikatakan sangat berenergi, aki bisa menyalakan motor dikarenakan mempunyai energi dan seterusnya. Energi mempunyai macam-macam bentuk termasuk energi kinetik dan energi potensial. Lalu, apa yang dimaksud dengan energi kinetik maupun energi potensial? Untuk lebih mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.



Energi Kinetik



Energi yaitu kemampuan untuk melaksanakan usaha. Energi kinetik yaitu energi yang dimiliki benda ketika bergerak. Energi kinetik dipengaruhi oleh massa benda dan kecepatannya. Setiap benda yang bergerak mempunyai energi. Ketapel yang ditarik kemudian dilepaskan sehingga kerikil yang berada di dalam ketapel meluncur dengan kecepatan tertentu. Batu yang bergerak tersebut mempunyai energi. Jika diarahkan pada ayam maka kemungkinan besar ayam tersebut lemas tak berdaya akhir terkena batu. Pada teladan ini kerikil melaksanakan kerja pada ayam. Setiap benda yang bergerak memperlihatkan gaya pada benda lain dan memindahkannya sejauh jarak tertentu. Benda yang bergerak mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kerja, hasilnya sanggup dikatakan mempunyai energi. Energi pada benda yang bergerak disebut energi kinetik.




E k = 1 2 × m × v 2 {displaystyle E_{k}={frac {1}{2}}times mtimes v^{2}}

Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap



Keterangan
Ek : Energi kinetik (J) 
m : massa benda (kg) 
v : kecepatan benda (m/s)


Energi kinetik pegas




E k = 1 2 × k × x 2 {displaystyle E_{k}={frac {1}{2}}times ktimes x^{2}}

Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap



Keterangan
Ek : Energi kinetik pegas (J)
k : konstanta pegas (N/m²)
x : perpanjangan pegas (m)


Energi kinetik relativistik


 Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap



Energi Potensial



Energi potensial merupakan energi yang dimiliki suatu benda alasannya mempunyai ketinggian tertentu dari tanah (karena potensinya). Energi potensial ada alasannya adanya gravitasi bumi.


Contoh energi potensial adalah


1. Energi potensial gravitasi
Energi potensial gravitasi suatu benda merupakan energi yang dimiliki benda alasannya ketinggian atau kedudukannya. Energi potensial gravitasi suatu benda bermassa (m) pada ketinggian (h) tertentu sanggup ditentukan dengan rumus :




E p = m × g × h {displaystyle E_{p}=mtimes gtimes h}

Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap



Keterangan
Ep : Energi potensial (J) 
m : massa benda (kg) 
g : percepatan gravitasi (m/s2) 
h : tinggi benda dari permukaan tanah (meter)


2. Energi potensial pegas
Energi potensial pegas benda dengan konstanta (k) sanggup menjelma energi kinetik seiring dengan perubahan regangan (x) benda. Maka energi potensial pegas suatu benda dengan konstanta k pada peregangan (x) tertentu sanggup ditentukan dengan rumus :







Hukum Kekekalan Energi


1. Energi Kinetik
Energi kinetik merupakan perjuangan yang diharapkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan membisu hingga mencapai kecepatan tertentu. Jadi, Energi Kinetik yaitu energi yang dimiliki sebuah benda alasannya pergerakannya. Secara umum terdapat dua jenis energi kinetik, yaitu :



  1. Energi Kinetik Translasi, yaitu energi yang dimiliki oleh benda yang mengalami gerak lurus (lintasannya berupa garis lurus). 

  2. Energi Kinetik Rotasi, yaitu energi yang dimiliki oleh benda yang berotasi (lintasannya berupa lingkaran).







2. Energi Potensial
Energi Potensial yaitu energi yang dimiliki benda alasannya posisi (ketinggian) benda tersebut. Ada beberapa hal yang mempengaruhi energi potensial dari sebuah benda, tetapi tiga hal yang paling utama yaitu massa benda tersebut, gaya gravitasi dan ketinggian benda tersebut.





Perbedaan energi potensial dengan energi kinetik yaitu energi potensial terjadi pada benda yang bergerak, sedangkan energi potensial terjadi pada benda yang mempunyai posisi atau ketinggian. Pada kasus buah mangga jatuh dari pohonnya terdapat dua energi yakni energi potensial dengan energi kinetik. Energi potensial tersebut ada pada ketika buah mangga masih berada di pohonnya, sedangkan energi kinetik terjadi pada ketika buah mangga hingga jatuh ke tanah.


Itulah ulasan mengenai Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap-. Semoga apa yang telah diulas sanggup bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.


Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :





E k = ( γ − 1 ) E 0 = ( γ − 1 ) m 0 c 2 {displaystyle E_{k}=(gamma -1)E_{0}=(gamma -1)m_{0}c^{2}}











Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Energi Kinetik Dan Energi Potensial Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel