iklan banner

Brevet Pengembara

Brevet Pengembaraan atau Pengembara yang jika dalam istilah bagi anggota Pramuka yakni wing tapak merah dan wing tapak hitam. Adalah tanda yang dikenakan oleh anggota Pramuka sesudah mengikuti aktivitas pengembaraan dengan spesifikasi dan jarak tertentu. Untuk dasarnya sendiri kak mimin belum begitu memahami, namun alasannya yakni banyaknya ajakan untuk menulis ihwal brevet pengembaraan, berikut kak mimin uraikan.

Brevet pengembara bagi anggota Pramuka terdapat 4 ( empat ) tingkatan, yaitu antara lain sebagai berikut :

  1. Wing Tapak Merah Bintang Merah, yaitu tanda brevet pengembara yang didapat sesudah melaksanakan napak tilas atau penjelajahan sejauh 25 km melalui jalan raya.
  2. Wing Tapak Merah Bintang Hitam, yaitu badge yang didapat sesudah melaksanakan pengembaraan sejauh 35 km melewati jalan raya.
  3. Wing Tapak Hitam Bintang Merah, yaitu tanda brevet pengembara yang didapat sesudah menempuh penjelajahan dengan mendaki gunung, berjarak minimal 2 hari 2 malam ( 40 - 45 km ) serta minimal harus melewati 2 wilayah kwartir cabang.
  4. Wing Tapak Hitam Bintang Hitam, yaitu tanda brevet pengembaraan yang dudapat sesudah menempuh pengembaraan dengan mendaki gunung, berjarak minimal 2 hari 2 malam ( sekitar 75 km ) serta minimal harus melalui 2 wilayah kwartir cabang.
Menurut informasi, aneka macam yang menjual brevet pengembaraan, berikut ini opsi apabila kakak ingin membeli brevet tersebut untuk aktivitas di pangkalannya atau sekedar untuk dikoleksi.
Demikian sedikit warta seputar brevet pengembaraan, cara mendapatkannya dan rujukan dimana daerah membelinya, supaya bermanfaat untuk kakak anggota Pramuka di seluruh Indonesia. Salam Pramuka!!!

Sumber http://pasukan-kusumayudha.blogspot.com

0 Response to "Brevet Pengembara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel