iklan banner

Bencana Dan Manfaat Keberadaan Gunung Api

Bencana yang ditimbulkan gunung api antara lain sebagai berikut:
1) Bahaya langsung, berupa letusan gunung yang disertai hamburan abu, bom, kerikil apung, anutan lumpur, dan lava.
2) Bahaya tidak langsung, merupakan peristiwa yang terjadi lantaran adanya acara gunung api, contohnya gelombang pasang (tsunami), gempa vulkanik, perubahan muka tanah, hilangnya sumber air tanah, dan sebagainya.
3) Munculnya gas-gas yang berbahaya, menyerupai asam sulfida (Has), sulfur dioksida (so2), dan monoksida (CO)
4) Bahaya lanjutan menyerupai perubahan mutu lingkungan fisik (gerakan tanah, longsoran, guguran batuan, dan sebagainya).
5) Letusan besar sebuah gunung berapi sanggup mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan hilangnya harta benda bagi penduduk di kawasan sekitarnya.
6) Letusan gunung berapi sanggup menimbulkan banjir lahar, baik lahar panas maupun lahar dingin. Lahar ini sanggup merusak semua benda di sekitar kawasan yang dilaluinya.
Adapun manfaat gunung api antara lain sebagai berikut:
1) Sebagai sumber energi, alasannya ialah sumber panas dari gunung berapi sanggup dijadikan pembangkit listrik tenaga geothermal (PLTPB), contohnya Gunung Kamojang di Jawa Barat dan Gunung Dieng di Jawa Tengah.
2) Sebagai sumber mineral dan materi galian, menyerupai intan, timah, tembaga, belerang, dan kerikil apung
3) Sebagai objek wisata dan olahraga, contohnya climbing, layang gantung, dan bersepeda gunung.
4) Sebagai kawasan pertanian yang subur, hal ini disebabkan material yang dikeluarkan oleh gunung berapi banyak mengandung unsur dan mineral yang sanggup menciptakan tanah di sekitarnya menjadi subur dan mengalami peremajaan.
5) Sebagai kawasan hujan orografis, yaitu hujan yang terjadi lantaran adanya penghalang berupa gunung atau pegunungan, sehingga kawasan gunung berapi merupakan tempat yang berfungsi hidrologis bagi kawasan sekitarnya.
6) Sebagai sumber plasma nutfah, lantaran variasi ketinggian secara vertikal dari gunung berapi sanggup menjadikan plasma nutfah yang hidup menjadi sangat bervariasi pula.


Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Bencana Dan Manfaat Keberadaan Gunung Api"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel