iklan banner

Pengertian, Rumus, Dan Jenis Getaran Beserta Misalnya Lengkap

Pengertian, Rumus, Dan Jenis Getaran Beserta Contohnya Lengkap – Jika anda sering main gitar, pada ketika anda memtik gitar tampak sinar gitar akan bergetar dan akan menghasilkan suara dan pada ketika anda menghentikan getaran suara dari gitar pun akan berhenti. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas wacana pengertian getaran, rumus, dan jenis getaran serta contohnya. Oleh lantaran itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.



Pengertian Getaran


Getaran merupakan suatu kejadian gerak bolak balik secara teratur suatu benda melalui satu titik seimbang. Karena terjadi dengan teratur, getaran seringdisebut juga dengan gerak periodik. Kuat atau lemahnya pergerakan benda tersebut dipengaruhi oleh jumlah energi yang diberikan. Semakin besar energi yang diberikan maka semakin berpengaruh juga getaran yang terjadi. Satu Getaran sama dengan satu kali gerakan bolak balik penuh dari benda tersebut.










 Dan Jenis Getaran Beserta Contohnya Lengkap Pengertian, Rumus, Dan Jenis Getaran Beserta Contohnya Lengkap
Contoh Getaran Pada Bandul Sederhana

Pada Gambar diatas merupakan pola dari getaran pada bandul sederhana, berdasarkan pola pada bandul diatas, Satu Kali Getaran merupakan satu kali pergerakan bandul dari titik A – B – C – B – A. Satu Kali getaran juga sanggup dihitung titik mulainya dengan titik B atau Titik C.



AMPLITIDO


Amplitudo ialah simpangan terjauh dari titik keseimbangan. Amplitudo sanggup diartikan yaitu jarak paling jauh dari titik keseimbangan ketika terjadi getaran. Perhatikan kembali pada Gambar pada bandul diatas



Pada Gambar Bandul, titik keseimbangannya yaitu titik B, dan Amplitudonya yaitu BA dan BC. Karena semakin usang pada gerakan bandul akan semakin kecil, sehingga titik getaran pertamalah yang merupakan amplitudo dari bandul tersebut. 



FREKUENSI
Frekuensi Getaran ialah banyaknya jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Satuan Frekuensi di dalam Sistem Internasional yaitu Hertz (Hz). Dalam Fisika, Frekuensi disimbolkan dengan abjad “f� dan Rumusnya :


    F = n / t


Keterangan :
f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)
n = Jumlah Getaran
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)


PERIODE
Periode ialah waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan satu kali getaran. Satuan Periode dalam Sistem Internasional yaitu Sekon (s). Dalam Fisika, Periode disimbolkan dengan abjad “T� dan Rumusnya :


  T = t / n


Keterangan :
T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)
n = Jumlah Getaran


Kesimpulannya Periode dan Frekuensi saling berafiliasi dan sanggup dihubungkan satu dengan lainnya. Periode yaitu kebalikan dari frekuensi demikian pula sebaliknya. Oleh alasannya yaitu itu didapatkan persamaan :
 


T = 1 / f dan F = 1 / T


Keterangan :
T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)




Itulah ulasan wacana Pengertian, Rumus, Dan Jenis Getaran Beserta Contohnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.



Baca juga refrensi artikel terkait lainnya :



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Rumus, Dan Jenis Getaran Beserta Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel