iklan banner

Hakko Ichiu




Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sekarang saya akan membahas apa itu Hakko Ichiu. Bagi yang sudah tahu mohon disimak dan dipahami aja yaa......
Sekarang saya akan membahas apa itu Hakko Ichiu Hakko Ichiu
Bendera Hakko Ichiu
Sumber : Wikipedia 
Hakko Ichiu (Delapan Penjuru Dunia Di Bawah Satu Atap) yaitu slogan persaudaraan yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II. Slogan ini berarti "seluruh negeri bagaikan sebuah rumah".
Saat pendudukan Jepang di Indonesia diadakan training guru di Jakarta untuk mendoktrin mereka dengan Hakko Ichiu. 
Hakko Ichiu sebagai kebijakan nasional mulai dari Perang Tiongkok-Jepang Kedua hingga Perang Dunia II. Pada 26 Juli 1940, Kabinet II Perdana Menteri Konoe Fumimaro menetapkan Doktrin Kebijakan Dasar Nasional (Kihon Kokusaku Yōkō) yang berisi keputusan mendirikan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Tujuan dasarnya yaitu "Mewujudkan perdamaian dunia sesuai dengan semangat agung pendirian negara, yakni delapan penjuru dunia di bawah satu atap sebagai kebijakan nasional Kekaisaran Jepang, dan sebagai langkah awal, pertama, mengakibatkan Kekaisaran Jepang sebagai inti persatuan yang besar lengan berkuasa antara Jepang-Manchuria-Tiongkok untuk fondasi pendirian tatanan gres Asia Timur Raya."
Di Jepang Hakko Ichiu digunakan sebagai salah satu slogan untuk mewujudkan tatanan gres Asia Timur. Setelah Kapitulasi Jepang, Jepang berada di bawah pendudukan Komandan Tertinggi Sekutu. Berdasarkan memorandum yang dikeluarkan Komandan Tertinggi Sekutu wacana "penghapusan sponsor pemerintah, dukungan, pelestarian, pengawasan, dan penyebaran Shinto agama negara", slogan-slogan yang berkaitan dengan nasionalisme radikal, militerisme, dan Shinto agama negara dilarang untuk digunakan lagi.
Dalam kamus besar bahasa Jepang zaman sekarang, Hakko Ichiu sebagai "slogan yang digunakan untuk pembenaran agresi Jepang ke luar negeri selama Perang Dunia II.

Sekian dari saya, supaya bermanfaat bagi kita semua
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber http://ilhammaulana9999.blogspot.com

0 Response to "Hakko Ichiu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel