iklan banner

Berbeda Fatahillah Dan Sunan Gunung Jati

Assalamualaikum Wr. Wb.

Haiii kawann...
Kali ini Ane mau membuatkan analisis nih , berdasarkan analisi ane Sunan gunung Jati dan Fatahillah ialah 2 sosok yang berbeda. Mengapa ane menyimpulkan menyerupai itu ??? eksklusif aja deh.. Check this out....



  • Berdasarkan asalnya
Sunan Gunung Jati merupakan ulama islam yang menyiarkan agama islam di Indonesia khususnya pulau jawa. Sunan Gunung Jati berdasarkan sumber yang ane sanggup berasal dari tanah Arab. Sedangkan Fathahillah berasal dari Pasai. Walaupun mempunyai kiprah dan kiprah yang sama yaitu menyiarkan agama islam namun mereka tiba dari kawasan yang berbeda.
  • Tahun Wafat
Sunan Gunung Jati wafat pada tahun 1568 (berdasarkan buku jejak para wali dan ziarah spiritual terbitan kompas) sedangkan Fatahillah wafat 2 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1570.
  • Fatahillah seorang menantu
Ratu Ayu ialah anak dari Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). Setelah wafatnya Sultan Trenggana. Berdasarkan sumber yang sama diketahaui bahwa Fatahillah menikahi Ratu Ayu. Hal ini mengambarkan perbedaan yang sangat terperinci antara Sunan Gunung Jati dan Fatahillah dimana korelasi mereka berdua daklm konteks ini ialah antara menantu dan mertua. Kaprikornus dipertegas kembali Fatahillah merupakan MENANTU dari Sunan Gunung Jati.
  •  Makam berbeda (wawancara Sulatan Sepuh Cirebon)
Analisis terakhir yang menguatkan pendapat bahwa Fatahillah ialah orang yang berbeda dengan Sunan Gunung Jati  adalah konfirmasi dari pihak resmi Keraton Cirebon (wawancara dengan Sultan Sepuh Cirebon oleh majalah GATRA beberapa tahun lalu) , yang sebagai buktinya terdapat 2 makam yang berbeda satu dengan nama Sunan Gunung Jati, satu lagi dengan nama Fatahillah. Kaprikornus terperinci bahwa sunan gunung jati dan fatahillah dimakamkan di 2 kawasan yang berbeda hal ini terperinci mengatakan bahwa mereka ialah 2 orang yang berbeda alasannya mustahil 1 orang yang sama dimakamkan di kawasan yang berbeda.


Demikian ilmu yang sanggup ane bagiin, biar bermanfaat buat kita semua... Aamiiinnn.... :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber http://rangraha.blogspot.com

0 Response to "Berbeda Fatahillah Dan Sunan Gunung Jati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel