iklan banner

√ 7 Cara Menyimpan Pisang Supaya Tahan Usang Dengan Mudah

Pisang merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek, terutama sehabis matang. Selain itu, pisang yang sudah matang juga sanggup gampang rusak atau memar kalau tertindih benda-benda lain. Oleh alasannya yakni itu, Anda harus hati-hati ketika menempatkan buah yang satu ini.


Buah yang mempunyai banyak manfaat kesehatan ini gampang sekali di dapatkan, baik di warung, di pasar, sampai di supermarket. Agar buah pisang yang Anda beli sanggup bertahan lebih lama, Anda sanggup mengikuti beberapa cara menyimpan pisang semoga tahan usang yang kami sajikan di bawah ini.


1. Simpan Pisang dengan Benar


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah


Agar pisang yang gres Anda beli sanggup tahan lebih lama, Anda harus menyimpan pisang tersebut dengan benar. Maksudnya? Setelah datang di rumah, segera keluarkan pisang dari kantong plastik/kertas atau tas. Suhu di dalam pembungkus sanggup lebih hangat dari suhu kamar sehingga sanggup menjadikan pisang akan lebih cepat matang.


Suhu kamar sanggup mendorong pisang untuk matang lebih lambat dan merata. Hindari menempatkan buah pisang di akrab alat-alat yang menghasilkan panas menyerupai kompor dan pemanas. Pastikan juga tidak disimpan di tempat-tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.


Pisang sebaiknya disimpan di kawasan yang berventilasi baik, dingin, dan gelap. Jika Anda membeli seikat pisang, menggantungnya sanggup menjadi metode penyimpanan yang baik semoga terhindar dari memar.


2. Simpan Pisang di dalam Kulkas


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah

* sumber: pixabay.com


Jika pisang yang gres Anda beli tidak akan pribadi dimakan, sebaiknya segera simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Menyimpan buah-buahan termasuk pisang di dalam kulkas membantu memperpanjang masa simpan buah.


Sebelum disimpan di kulkas, bungkus pisang rapat-rapat dengan plastik khusus kuliner terlebih dahulu. Selama masa penyimpanan, kulit pisang sanggup berubah gelap, tetapi hal itu tidak akan besar lengan berkuasa pada daging buahnya.


Jika Anda ingin mengkonsumsinya, keluarkan pisang dari dalam kulkas dan biarkan selama beberapa ketika sampai suhunya sama dengan suhu kamar. Setelah itu Anda gres sanggup memakannya. Anda sanggup menyimpan pisang matang di dalam kulkas setidaknya selama satu minggu.


Catatan:



  • Jangan memasukkan pisang yang belum matang ke dalam kulkas alasannya yakni tidak akan matang dengan benar. Bahkan, pisang-pisang ini tidak akan sanggup melanjutkan proses pematangan sehabis kembali ke suhu kamar.

  • Pisang yang Anda bekukan akan sulit untuk dikupas ketika dikeluarkan. Bahkan daging buahnya sanggup menjadi lembek sehabis kembali ke suhu kamar. Jika terlanjur demikian, Anda sanggup mengambil daging pisang lembek tersebut, menyimpannya di dalam wadah tertutup, kemudian bekukan kembali di dalam freezer.

  • Anda sanggup memakai pisang ini untuk menciptakan olahan kuliner di lain waktu. Jangan lupa untuk mengoleskan jus lemon di atasnya semoga daging buah pisang tidak bermetamorfosis cokelat.


3. Pisahkan Pisang dari Buah Lainnya


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah

* sumber: www.livestrong.com


Selanjutnya semoga pisang yang Anda simpan lebih tahan usang yaitu tempatkan pisang secara terpisah dengan buah-buahan matang lainnya. Hal itu alasannya yakni buah yang matang menghasilkan etilen yang sanggup menciptakan pepaya atau buah mentah lain yang terkena senyawa tersebut lebih cepat matang.


4. Bungkus Batang Pisang


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah

* sumber: brooklynfarmgirl.com


Agar etilen yang dilepaskan oleh buah-buahan matang di akrab dengan pisang tidak diserap, Anda sanggup membungkus batang atau mahkota pisang dengan plastik kuliner atau kertas timah. Selain itu, cara ini juga sanggup mencegah etilen keluar dari batang pisang dan mencegah terjadinya penguapan kelembaban.


Jangan lupa untuk membungkusnya kembali setiap kali Anda mengambil salah satu buah pisang dari tandan. Hal ini sanggup membantu pisang tetap segar lebih lama. Anda sanggup memakai cara lainnya di bawah ini kalau ingin pisang-pisang yang Anda beli bertahan selama mungkin.


5. Bungkus Batang Pisang Tunggal


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah

* sumber: www.unknownlist.com


Membungkus batang pisang tandanan mungkin tidak sanggup sepenuhnya rapat alasannya yakni terdapat celah di antara buah pisang. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda sanggup memisahkan pisang dan membungkus batangnya satu per satu. Sangat gampang untuk membungkus batang pisang tunggal dibandingkan dengan membungkus batang pisang tandanan.


Setelah proses membungkus selesai, tempatkan masing-masing pisang di atas nampan atau di atas serbet kertas dan sisakan ruang di antara pisang. Dengan melaksanakan cara ini, proses yang mengarah pada pengembangan bintik-bintik cokelat pada kulit pisang sanggup sedikit melambat. Hasilnya pisang sanggup bertahan lebih lama.


Saat Anda ingin memakan pisang-pisang tersebut, Anda tidak perlu melepas bungkus batangnya alasannya yakni kulit pisang sanggup pribadi Anda buka. Selain itu, batang yang dibungkus juga sanggup mempunyai kegunaan sebagai pegangan.


6. Simpan Pisang di dalam Wadah Khusus Pisang


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah


Cara yang ini sangat mempunyai kegunaan ketika Anda ingin membawa pisang sebagai bekal makan di sekolah atau kawasan kerja. Pisang sanggup gampang rusak atau memar kalau tertindih barang lain. Oleh alasannya yakni itu, dibutuhkan sebuah wadah khusus semoga pisang tetap kondusif selama penyimpanan di dalam tas,


Casing pisang ini mempunyai bentuk yang menyerupai dengan pisang semoga penyimpanan tidak terkendala. Selain itu, wadah ini juga dilengkapi dengan lubang-lubang kecil untuk ventilasi. Wadah khusus pisang yang tersedia dalam banyak sekali varian warna ini sanggup Anda dapatkan dengan gampang secara online, menyerupai di Bukalapak lewat link ini.


7. Mengoleskan Jus Lemon


 merupakan buah yang masa simpannya tergolong pendek √ 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama dengan Mudah


Daging buah pisang yang Anda potong-potong sanggup berubah coklat kalau tidak segera dimakan. Jika Anda ingin menyimpannya untuk dimakan nanti, Anda sanggup mencegah hal ini terjadi dengan menaburkan bagian nanas, jeruk, sampai jus lemon di atas irisan. Anda bahkan sanggup merendam bagian buah pisang di dalam jus lemon selama 2 sampai 3 menit.


Agar lebih mudah, Anda sanggup mengoleskan jus lemon dengan memakai kuas. Atau, campurkan ¼ gelas jus lemon dan segelas air, aduk rata, kemudian celupkan pisang yang sudah dikupas selama 3 menit.


Dengan memakai cara ini, buah pisang yang Anda kupas dan potong-potong sanggup terhindar dari proses perubahan warna, sehingga tetap terlihat segar sampai Anda siap memakannya nanti (dalam jangka waktu yang akrab ya semoga pisang tetap baik dikonsumsi).


Nah, itulah beberapa cara menyimpan pisang semoga tahan usang yang sanggup Anda ikuti dengan mudah. Jika Anda berencana menikmati buah pisang untuk beberapa hari kedepan, belilah buah pisang yang sudah matang dan yang belum matang.


Pisang yang sudah matang sanggup Anda pribadi konsumsi begitu datang di rumah, sedangkan pisang yang belum matang sanggup Anda simpan untuk dikonsumsi di lain hari begitu sudah matang. Hitung-hitungan sebelum membeli buah ini sangat penting semoga tidak terjadi kelebihan yang pada kesudahannya terbuang sia-sia.


Jika buah pisang sudah terlanjur lembek (dengan catatan masih sanggup dikonsumsi), jangan dibuang dulu. Anda masih sanggup mengolahnya menjadi kuliner lain menyerupai bolu pisang, roti pisang, dan lain-lain (cek di sini).


Jika hal ini ingin Anda coba, Anda perlu melaksanakan riset kecil terlebih dahulu untuk mendapat resep yang tepat. Dengan demikian, Anda sanggup terhindar dari buang-buang makanan.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 7 Cara Menyimpan Pisang Supaya Tahan Usang Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel