iklan banner

Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) Bagi Kehidupan Manusia

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) Bagi Kehidupan Manusia – Ganggang biru daerah hidupnya sering kita jumpai sering kita lihat sehari-hari, menyerupai di danau, sungai, laut, rawa, batu, tanah, di air yang suhu yang tinggi, maupun di air tingkat keasaman tinggi(ph=4). Untuk lebih terperinci nya lagi kita akan membahas jenis-jenis ganggang biru, dan peranan ganggang biru bagi kehidupan manusia. mari simak ulasan dibawah berikut.



 Ganggang biru daerah hidupnya sering kita jumpai sering kita lihat sehari Pengertian, Jenis-Jenis, dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) Bagi Kehidupan Manusia



Pengertian Ganggang Biru (Cyanobacteria)


Ganggang biru merupakan yang mempunyai klorofil sehingga bisa berfotosintesi dan menghasilkan oksigen. ganggang biru mempunyai macam-macam jenis, menyerupai ganggang biru yang ber sel satu, ganggang biru berkoloni, dan ganggang biru yang berbentuk benang.



Jenis-Jenis Ganggang Biru (Cyanobacteria)



  • Ganggang Biru yang ber sel satu. teladan : Chroococcus, hidup didasar kolam atau tembok yang basah.

  • Ganggang Biru Berkoloni. Contoh : Spirulina sp merupakan smber makanan alternatif mendatang.

  • Ganggang Biru Berbentuk Benang. Contoh : Oscillatoria, berbentuk benang yang tersusun atas sel-sel yang pipih rapat dan tidak diselubungi lendir.


Peranan Ganggang Biru Bagi Kehidupan Manusia


1. Ganggang Biru Menguntungkan


  • Jenis ganggang hijau biru bersel satu merupakan vegetasi perintis, hal ini alasannya ialah ganggang tersebut bisa atau sanggup mengawali kehidupan sebelum organisme lainnya sanggup hidup disuatu tempat.

  • Sejumlah ganggang biru berfilamen (bentuk benang) sanggup mengikat nitrogen bebas dari atmosfer dan diubah menjadi amoniak. Contoh Nostoc sp, Gloeocapsa sp, dan anabaena sp.

  • Dalam ekosistem perairan sebagai produsen bagi zooplankton. udang dan ikan.

  • Sebagai sumber makanan alternantif, mengandung asam amino, protein, karoten, vitamin B12, dan zat besi, dikenal sebagai PST atau Protein sel tunggal. teladan spirulina sp


2. Ganggang Biru Merugikan


  • Ganggang biru yang hidup di air ada yang mengeluarkan racun

  • Melapukan tembok dan batu

  • Genus Anabaena dan Oscillatoria menghasilkan neurotoksin menyerang saraf.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) Bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel