iklan banner

Limit Fungsi, Sifat-Sifat Dan Pola Soalnya

Limit Fungsi, Sifat-sifat dan Contoh Soalnya - istilah limit dalam matematika hampir sama  artinya dengan istilah mendekati. Akibatnya, nilai limit sering dikatakan sebagai nilai pendekatan.  Untuk  memahami pengertian limit secara intuitif, perhatikan pembahasan oleh berikut ini.

Limit Fungsi, Sifat-sifat dan Contoh Soalnya

Seorang satpam bangun mengawasi kendaraan beroda empat yang masuk lewat pintu jalan tol. Ia bangun sambil memandang kendaraan beroda empat yang melintas masuk jalan tersebut. Kemudian ia memandang terus kendaraan beroda empat hingga melintas di kejauhan jalan tol. Dia melihat objek seolah-olah semakin mengecil seiring dengan bertambah jauhnya kendaraan beroda empat melintas. Akhirnya ia sama sekali tidak sanggup melihat objek tersebut. Jika kita analisis lebih lanjut, untuk pendekatan berapa meterkah jauhnya kendaraan beroda empat melintas semoga penjaga pintu masuk jalan tol sudah tidak sanggup melihatnya lagi? Hal tersebut sanggup diselesaikan dengan pendekatan limit fungsi.

1.      Sifat-sifat Limit Fungsi
a.      Sifat limit fungsi dari penjumlahan dan pengurangan dua fungsi
Contoh 1



b.      Sifat limit fungsi dari perkalian dua fungsi
Diberikan f(x) dan g(x) sebagai berikut :




c.      Sifat limit fungsi dari pembagian dua fungsi
Diberikan f(x) dan g(x) sebagai berikut :











































2. Metode dalam menuntaskan soal wacana limit fungsi
Dalam memilih nilai limit fungsi, terlebih dahulu dicek apakah nilai fungsi di titik yang ingin dicari nilai limit ada. Jika ada, maka nilai limitnya yakni nilai fungsi itu, cara ini dikenal dengan teknik substitusi. Tetapi kalau tidak ada (tidak terdefinisi), maka teknik memilih limit fungsi sanggup digunakan.
Beberapa teknik itu antara lain:
1.      Numerik
2.      Pemfaktoran
3.      Perkalian Sekawan

Contoh Soal:




















Sekian pembahasan singkat mengenai Limit Fungsi, Sifat-sifat dan Contoh Soalnya. Nantikan pembahasan menarik lainnya di blog ini, tentunya wacana matematika yang sedang kau pelajari. Salam Matematika !!


Sumber http://partner-matematika.blogspot.com

0 Response to "Limit Fungsi, Sifat-Sifat Dan Pola Soalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel