iklan banner

✔ Kehidupan Awal Masyarakat Di Kepulauan Indonesia

Ahli geologi membagi proses pembentukan bumi menjadi empat, yaitu Zaman Arkhaikum, Zaman Paleozoikum, Zaman Mesozoikum, dan Zaman Neozoikum.

1.Zaman Arkhaikum (Azoikum)
Zaman dikala belum ada kehidupan di bumi berlangsung sekitar 2.500 juta hingga 1.200 tahun yang lalu. Hal ini disebabkan bumi masih panas dan merupakan bola gas panas yang berputar pada porosnya.

2.Zaman Paleozoikum
Zaman Paleozoikum ialah zaman dikala terdapat kehidupan makhluk pertama di bumi. Zaman ini disebut zaman primer (karena untuk pertama kalinya ada kehidupan.

3.Zaman Mesozoikum
Zaman Mesozoikum disebut zaman sekunder (zaman hidup kedua) dan disebut juga zaman reptil lantaran muncul reptil yang besar menyerupai Dinosaurus dan Atlantosaurus.

4.Zaman Neozoikum
Zaman Neozoikum ialah zaman bumi gres (bumi sudah terbentuk seluruhnya). Zaman ini terbagi menjadi zaman tersier dan zaman kuarter.

a. Zaman tertier, yaitu zaman hidup ketiga, makhluk hidupnya berupa hewan menyusui sejenis monyet dan kera, reptil raksasa mulai lenyap, dan pada kiamat ini sudah ada jenis kera-manusia. Zaman ini ditandai dengan munculnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga mematahkan kulit bumi. Kejadian tersebut membentuk rangkaian pegunungan besar di seluruh dunia. Karena adanya pegunungan tersebut, timbullah letusan-letusan gunung berapi yang membentuk relief permukaan bumi.

b. Zaman kuarter, yaitu zaman hidup keempat. Pada zaman ini, mulai muncul kehidupan manusia. Zaman ini dibedakan menjadi zaman Pleistosen (Diluvium) dan kala Holosen (Aluvium). 

Pada zaman Diluvium ini, terjadi penurunan suhu dengan drastis bahkan
sampai di bawah 0º Celcius sehingga muncul zaman Es (zaman Glasial).Pada zaman Glasial, permukaan bahari menurun sehingga perairan dangkal menjelma daratan. 

Pulau Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sumatra menyatu dengan daratan Asia. Ketika es Kutub Utara mencair (interglasial), permukaan air bahari naik dan menenggelamkan sebagian Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara. Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sumatra terpisah dari daratan Asia, membentuk bahari dangkal yang disebut Paparan Sunda, sedangkan Pulau Papua dan sekitarnya terpisah dengan daratan Australia yang melahirkan Paparan Sahul.

Antara Paparan Sahul dan Paparan Sunda dipisahkan oleh perairan dalam yang dinamakan tempat Wallacea dan menjadi garis Wallacea yang membedakan jenis tanaman dan fauna. Sampai kini telah terjadi empat kali zaman es, yaitu Gunz, Midel, Riss, dan Wurm. 

Kepulauan Indonesia dalam bentuknya kini terjadi pada zaman Glasial Wurm. Zaman Holosen atau zaman Aluvium ialah zaman lahirnya jenis Homo sapiens, yaitu jenis insan menyerupai insan sekarang.

Sumber http://sejarah10-jt.blogspot.com

0 Response to "✔ Kehidupan Awal Masyarakat Di Kepulauan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel