iklan banner

Jenis-Jenis Insan Purba Di Zaman Pra Aksara

Jenis-Jenis Manusia Purba di Zaman Pra aksara-Manusia purba atau yang biasa disebut dengan insan prasejarah merupakan insan yang hidup sebelum mengenal tulisan. Cara hidup mereka masih sangat sederhana dan masih sangat bergantung pada alam. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa situs kawasan dimana fosil insan purba banyak ditemukan, menyerupai di Mojokerto, Solo, Ngandong, Pacitan, atau yang paling populer yaitu Sangiran.

Manusia Purba ialah jenis insan pada zaman prasejarah, insan purba mempunyai jenis-jenis dan ciri-ciri masing-masing dari ciri-ciri tersebut sanggup ditemukan jenis insan purba ini dan dari Penelitian insan purba dilakukan dengan mengadakan peneliatian penggalian wilayah yang diperkirakan sebagai kawasan hidup insan purba


Manusia purba atau yang biasa disebut dengan insan prasejarah merupakan insan yang hid Jenis-Jenis Manusia Purba di Zaman Pra aksara



Jenis-Jenis Manusia Purba 


1. Meganthropus Paleoj4vanicus

Jenis purba ini terutama menurut penelitian Von Koeningswald di sangiran 1936 dan 1941 yang menemukan fosil rahang insan yang berukuran besar. Dari hasil rekontruksi ini kemudian para hebat menamakan jenis insan ini dengan sebutan  Meganthropus Paleoj4vanicus, artinya insan raksasa dari Jawa. Jenis insan purba ini mempunyai ciri rhang yang besar lengan berkuasa dan tubuh nya tegap. Diperkirakan masakan jenis insan ini ialah tumbuh-tumbuhan. Masa hidupnya diperkirakan pada zaman Pleistosen awal.



2. Pithecanthropus Erectus

Jenis insan in didasarkan pada penelitian Eugene Dubois tahun 1890 didekat Trinil, sebuah desa dipinggiran Bengawan Solo, diwilayah Solo, di wilayah Ngawi. sehabis direkontruksi terbentuk kerangka manusia, tetapi masih terlihat gejala kera. oleh alasannya ialah itu jenis in dinamakan Pithecanthropus Erectus, artinya insan monyet yang berjalan tegak. jenis ini ditemukan di Mojokerto, sehingga disebut  Pithecanthropus Mojekertensis. Jenis insan purba yang juga populer sebagai rumpun Homo Erectus ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Diperkirakan jenis insan purba ini hidup dan berkembang sekitar zaman pleistosen Tengah.



3. Homo Sapiens

Fosil jenis homo ini pertama diteliti oleh Von Reitschoten di Wajak. Penelitian dilanjutkan oleh Eugene Dubois bersama kawan-kawan dan menyimpulkan sebagi jenis Homo. Ciri-ciri jenis insan Homo ini muka lebar, hidung dan lisan nya menonjol. Dahi juga masih menonjol, sekalipun tidak semenonjol jenis Pithecanthropus. Bentuk fisik nya tidak jauh berbeda dengan insan sekarang. Hidup dan perkembangan jenis insan ini sekitar 40.000-25.000 tahun yang lalu. Tempat-tempat penyebaran nya tidak hanya dikepulauan Indonesia tetapi juga di Filipina dan Cina Selatan.


Itulah klarifikasi wacana Jenis-Jenis Manusia Purba di Zaman Pra Aksara, biar bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Jenis-Jenis Insan Purba Di Zaman Pra Aksara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel