iklan banner

√ Surat Tumpuan Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, Dan Misalnya Terlengkap

√ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, dan Contohnya Terlengkap Taukah anda artinya surat tumpuan kerja ? Surat Keterangan kerja ini dipakai karyawan atau orang yang pernah punya ikatan kerja dengan sebuah organisasi bisnis.


Manfaatnya terang saja sebagai bukti tertulis kepada calon pemberi kerja, ihwal calon karyawan mereka. Berikut yakni klarifikasi terlengkap mengenai surat tumpuan kerja.


 


 Taukah anda artinya surat tumpuan kerja  √ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, dan Contohnya Terlengkap
√ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, dan Contohnya Terlengkap

 


 


Pengertian Surat Referensi


Surat Referensi yakni suatu surat yang dibentuk dan dikeluarkan apabila ada suatu forum atau perusahaan yang memerlukan informasi ihwal keadaan seseorang. Misalnya seorang mantan siswa suatu sekolah atau mantan karyawan suatu kantor atau perusahaan atau nasabah sebuah bank, alasannya perusahaan tersebut ingin meminta keterangan ihwal orang yang bersangkutan.


Jenis surat tumpuan ini bersifat rahasia, hanya diketahui oleh pihak yang meminta keterangan dan pihak yang memberi keterangan, sedangkan orang yang bersangkutan tersebut tidak mengetahui ihwal isi tumpuan tersebut.


Oleh alasannya itu, surat tumpuan ini harus objektif. Pemberi informasi tidak ikut bertanggungjawab terhadap suatu keterangan yang diberikan kalau seandainya di kemudian hari tidak lagi sesuai dengan keterangan-keterangan yang telah diberikan.


 


 


Fungsi Surat Referensi


Surat tumpuan ini mempunyai kegunaan antara lain :



  • Sebagai materi pertimbangan bagi suatu perusahaan yang akan mendapatkan calon karyawan mengenai kepribadiannya.

  • Untuk meningkatkan suatu kepercayaan dari pihak perusahaan yang akan menawarkan kredit kepada calon debitur.

  • Untuk sanggup mengetahui keadaan keuangan dari calon debitur (nasabah dari suatu bank).


 


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan surat referensi, yang membedakannya dengan jenis lainnya diantaranya :



  1. Objek yang diterangkan dalam suatu surat tumpuan yakni pihak ketiga (bukan yang meminta) yang merupakan pihak yang pernah menjadi anggota sebuah komunitas. Mungkin pada komunitas sekolah, tubuh usaha, lembaga, atau instansi yang dimintai surat referensi.

  2. Sifat keterangan dalam surat tumpuan yakni suatu diam-diam alasannya surat tersebut diminta oleh pihak lain dan diberikan kepada yang meminta tanpa sepengetahuan pihak yang akan diterangkan. Karena sifatnya rahasia, maka penulis harus sanggup menuliskan segala keadaannya secara sejujur-jujurnya.

  3. Isi keterangan ihwal langsung seseorang dalam suatu tumpuan bukan hanya hal-hal yang baik saja. Hal yang kurang baik mengenai suatu kelakuan, kecakapan, prestasi atau lainnya perlu diterangkan. Pembuat tumpuan ini bertanggung jawab watak kepada Tuhan akan kebenaran keterangannya.

  4. Pemberi keterangan ini tidak ikut bertanggung jawab kalau di kemudian hari pihak yang diterangkan dalam tumpuan berkepribadian yang menyimpang dari suatu klarifikasi dalam referensi. Perlu diketahui bahwa sifat dan kepribadian seseorang sanggup juga dipengaruhi oleh keadaan dan sanggup berubah-ubah sewaktu-waktu.




Isi Surat Referensi


Ada aneka macam macam surat tumpuan yang sering kita dibuat, isi dan sasarannya pun berbeda-beda. Namun dalam garis besarnya, surat tumpuan ini berisi sebagai berikut :



  • Keterangan-keterangan yang menyangkut akan kelakuan langsung seseorang selama ia sejauh diketahui atau dalam kaitannya dengan pemberi informasi.

  • Keterangan ihwal suatu prestasi-prestasi yang pernah dicapai.

  • Kejujuran maupun ketidakjujuran seseorang dalam menepati sebuah komitmen terhadap kreditur dan pembayaran hutang.

  • Keadaan keuangan pada calon nasabah.


 


 


Macam – Macam Surat Referensi


Dilihat dari kepentingannya dan isinya, maka macam-macam surat tumpuan ini dibagi menjadi surat tumpuan dagang, surat tumpuan bank, dan surat tumpuan jabatan. Berikut penjelasannya :



  • Surat tumpuan dagang yakni suatu surat yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada perusahaan lain (yang akan menjadikreditur) ihwal keadaan calon debitur orang yang pernah menjadi langganan atau korelasi dari pemberi informasi.

  • Surat tumpuan bank yakni suatu surat yang dikeluarkan oleh bank, yang berisi keterangan perusahaan yang menjadi nasabahnya. Keterangan yang diberikan ini mengenai keuangan calon debitur yang menjadi nasabah bank tersebut, kejujuran pembayaran hutangnya kepada bank, dan lain-lain.

  • Surat tumpuan jabatan yakni suatu surat yang diberikan sekolah perusahaan mengenai seseorang yang pernah bersekolah atau bekerja di daerah pemberi informasi. Keterangan ini berisi kepribadian, kreativitas, dan sebagainya.


 


 


Bagian – bab dan Penyusunan Surat Referensi


Bagian dan penyusunan surat tumpuan ini seolah-olah dengan surat rekomendasi. Secara garis besar surat rekomendasi mempunyai tiga bab pokok, yaitu sebagai berikut :


1. Kepala surat referensi, terdiri dari :



  • Kop surat yang pada umumnya, biasanya dibentuk lengkap deserta alamatnya.

  • Kata petunjuk berupa kata ”SURAT REFERENSI” yang biasanya juga ditulis simetris dengan abjad kapital semua.

  • Nomor surat ini biasanya ditulis di bawah kata ”SURAT REFERENSI”.

  • Alamat tujuan juga ditulis di bawah nomor surat sebelah kanan atau sebelah kiri.


 


2. Tubuh atau isi surat referensi, terdiri dari :



  • Pendahuluan, untuk menjawab suatu surat seruan tumpuan dan pernyataan kesungguhan pihak yang menerangkan.

  • Identitas pihak yang diterangkan dan klarifikasi mengenai suatu kepribadian kelakuan, atau karakternya, dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

  • Klausul penutup, yang berupa cita-cita sanggup dimanfaatkannya surat tersebut, dan tidak ada jeleknya surat tumpuan ini diakhiri dengan kalimat ”Walaupun demikian, bila kelak terjadi hal-hal yang telah mengecewakan, kami tidak ikut bertanggung jawab, dan maafkanlah kami.”


 


3. Kaki surat referensi, terdiri dari :



  • Tempat dan tanggal dikala dikeluarkannya surat.

  • Identitas pembuat tumpuan yang berupa : Jabatan penanggung jawab, tanda tangan dan nama terang, NIP, nomor anggota, atau sejenisnya, Cap atau stempel lembaga.


 


 


Contoh Surat Referensi


Contoh Pertama :


 


PT. Prima Sentosa Sejahtera

Jl. Pegangsaan No.3F

Samarinda

0411-2019191


SURAT KETERANGAN KERJA

No : 041/SK.PSS/VIV/2014


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Drs. Lussy Purnomo

Jabatan: Direktur

Alamat: Jl. Pengangsaan No.3F

Telp: 031-9789098


Menerangkan Bahwa:


Nama: Andi Malarenggang

Tempat. Tgl. Lahir: Tj. Unta, 11 Oktober 1982

Alamat: Jl. Santai Gg. Sepeda No.33


Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Wirehouse Leader, terhitung semenjak 10 Januari 2005 hingga dengan dikala ini.


Demikian surat keterangan ini kami perbuat untuk dipakai sebagaimana mestinya.


Makassar, 22 April 2013


Direktur

PT. Prima Sentosa Sejahtera


Drs. Prima Adjisuprapto


 


 


Contoh ke 2 :


 


SMP TUNAS HARAPAN MANDIRI

Jalan Cempaka Raya Nomor 45, Kedaton Bandar Lampung

Telp. (0721) 987 098


Bandar Lampung, 20 Januari 2016


SURAT REFERENSI KERJA


Nomor : ………………………………….


Yang bertanda tangan di bawah ini, menunjukan bahwa:

Nama : Zian Sahara

Jabatan : Guru Matematika


Adalah benar karyawan dari Sekolah Menengah Pertama TUNAS HARAPAN MANDIRI terhitung semenjak 2 Juli 2010 hingga dengan 20 Januari 2016.


Selama berkerja sama, yang bersangkutan telah memperlihatkan dedikasinya dan loyalitas yang sangat baik untuk sekolah dan selama bekerja pun, yang bersangkutan tidak pernah merugikan sekolah dalam bentuk apapun.


Melalui surat ini kami menawarkan evaluasi yang baik kepada yang bersangkutan dan mengucapkan terima kasih. Selain itu, dibutuhkan surat ini sanggup membantu yang bersangkutan untuk sanggup lebih sukses dimasa depan.


Demikian surat tumpuan kerja ini dibentuk semoga dipakai dengan sebagaimana mestinya.


Bandar Lampung, 20 Januari 2016

Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Tunas Harapan Mandiri


Retno Yulianingsih, M.Pd.


 


 


Contoh ke 3 :


 


 


Bandar Lampung, 20 Januari 2016


SURAT REFERENSI KERJA

Nomor : ………………………………….


Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Yuanita

Jabatan : Direktur PT. Jasa Swara

Alamat : Jalan Pemuda No. 65, Labuhan Ratu Bandar Lampung


Menerangkan dengan sebetulnya bahwa:

Nama : Zian Lestari

Jabatan : Editor

Alamat : Jalan Z.A. Pagar Alam No. 78 Bandar Lampung


Benar telah bekerja di perusahaan yang saya pimpin terhitung semenjak 2 Januari 2013 hingga dengan 28 Desember 2015, dengan jabatan terakhir sebagai Editor Buku Anak di PT. Jasa Swara.


Selama masih bekerja sebagai editor buku anak, yang bersangkutan telah melaksanakan kewajibannya dengan baik dan menawarkan bantuan yang sangat besar kepada PT. Jasa Swara. Selain itu, yang bersangkutan tidak pernah melaksanakan hal-hal yang merugikan pihak perusahaan dan tidak pernah mencemarkan nam abaik perusahaan. Dalam hal ini, yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.


Kami berterima kasih atas bantuan yang selama ini diberikan dan kami berharap surat ini sanggup membantu yang bersankutan meraih kesusksesan dimasa depan.


Demikian surat keterangan tumpuan kerja kami buat semoga dipakai sebagaimana mestinya.


Bandar Lampung, 2 Januari 2016

Direktur Pt. Jasa swara


Jelita Dinasaskia


 


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, dan Contohnya Terlengkap. Semoga informasi ini mempunyai kegunaan bagi anda dan sanggup menambah ilmu pengetahuan lebih luas lagi. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Surat Kuasa : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contohnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Surat Referensi Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, dan Contohnya Terlengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Surat Tumpuan Kerja : Pengertian, Fungsi, Isi, Macam, Dan Misalnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel