iklan banner

√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan Dan Misalnya Lengkap

√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap Pernahkah anda mendengar istirah pengunduran diri pada suatu perusahaan? Tentu terang sudah pernah mendengarnya. Apalagi anda yang bekerja di suatu perusahaan dan mungkin anda juga salah satu karyawan perusahaan yang ingin mengundurkan diri.


Tetapi anda sendiri tidaklah mengerti apa arti dari sebuah pengunduran diri dari sebuah perusahaan atau instansi. Berikut ini yaitu klarifikasi terlengkap yang sanggup membantu anda.


 


 Format Penulisan dan Contohnya Lengkap  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap
√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap

 


 


Pengertian Surat Pengunduran Diri


Surat pengunduran diri (Resign Letter) atau Surat Resign merupakan jenis surat yang dibentuk untuk menyatakan bahwa dirinya akan berhenti bekerja dari kawasan di mana ia bekerja, baik itu bekerja di suatu perusahaan swasta maupun bekerja di kantor pemerintahan. Mengundurkan diri ini dari pekerjaan merupakan hak seorang pegawai.


Ada aneka macam alasan seorang pegawai untuk mengundurkan diri diantaranya dari duduk kasus honor yang kecil, ia merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, ia juga merasa bosan dengan pekerjaan kini dan ingin mencoba pekerjaan gres di kawasan lain, serta tidak mendapatkan kenaikan jabatan dan lain sebagainya.


 


 


Cara Membuat Surat Pengunduran Diri


Membuat surat pengunduran diri atau resign haruslah dibentuk sesopan mungkin jangan juga asal-asalan biar perusahaan tersebut tidak tersinggung dan mendapatkan keputusan pengunduran diri.


Berikut ini yaitu cara menciptakan surat pengunduran diri, diantaranya :



  • Alasan untuk mengundurkan diri jikalau seorang karyawan ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan, maka beliau wajib mempunyai alasan. Dalam penulisan surat pengunduran diri ini akan lebih berpengaruh dan diterima jikalau di dalam surat ini disertai suatu alasan yang masuk akal. Namun, alasan yang disampaikan juga harus sanggup menjaga perasaan pihak perusahaan.

  • Penulisan Surat Pengunduran Diri, alasannya yaitu termasuk surat resmi maka surat pengunduran diri ini harus ditulis menurut kaidah yang telah ditentukan, struktur penulisannya yang terdiri dari pembuka, isi dan penutup.

  • Pengajuan Surat Selambat-lambatnya 30 Hari Sebelumnya, ibarat yang sudah tertera dalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan bahwa surat pengunduran diri itu ditulis selambat-lambatnya 30 hari selepas tanggal pengunduran diri.

  • Memberikan Kesan yang Baik, jikalau ingin mengundurkan diri lebih baik bertemu eksklusif dengan atasan dan mengungkapkan suatu latar belakang kenapa anda keluar dari pekerjaan. Namun alasan tersebut sebaiknya sopan dan tidak ada unsur yang menyinggung pihak perusahaan.


 


 


Format Penulisan Surat Pengunduran Diri


Berikut format penulisan surat pengunduran diri diantaranya yaitu :


 



  • Nama Kota dan Tanggal


Biasanya penulisan nama kota dan tanggal diletakkan pada suatu bab pojok kanan atas. Dalam penulisan nama kota juga harus diawali dengan abjad kapital, pemisah nama kota dan tanggal yaitu tanda koma dan diakhiri tanpa memakai tanda titik.


Contohnya ibarat :


Surabaya, 19 April 2017 Atau Surabaya, 19-04-2017


 



  • Nama Dan Alamat Yang Dituju


Surat resign biasanya ditujukan kepada bab HRD atau sanggup juga eksklusif kepada kepala perusahaan. Jika ditujukan pada kepala perusahaan, maka harus dituliskan dengan benar dan sempurna dengan menyertakan gelarnya. Hindari penulisan kata “di tempat” akan lebih baik jikalau sanggup dituliskan dengan nama kota.


Contohnya saja ibarat :


Kepada Yth : Manager PT. <Nama perusahaan>

Dari : <Nama Anda>

Jabatan : <Jabatan Anda>

Departemen : <Nama Departemen>

Hal : Pengunduran Diri


 



  • Salam Pembuka


Seperti surat jenis lainnya, penulisan pada surat pengunduran diri sebaiknya disertai salam pembuka atau sapaan. Contohnya saja ibarat Salam sejahtera, Hormat Saya, Assalamualaikum, selamat pagi dan lain sebagainnya.


 



  • Alasan Pengunduran Diri


Bagian ini memang sangat sulit untuk dituliskan tapi jikalau ingin mengundurkan diri maka ini harus disertakan, jikalau tidak disertai alasan maka sanggup jadi perusahaan tersebut akan menolak pengunduran diri anda.


 



  • Menulis Tanggal Mengundurkan Diri


Tuliskan tanggal ketika anda mengundurkan diri, biar ketika benar-benar keluar, perusahaan sudah mempunyai pengganti.


 



  • Ucapan Terima Kasih


Anda juga sanggup mengucapkan terima kasih yang bermaksud untuk menyanjung kepala perusahaan. Bisa juga untuk mengungkapkan terima kasih atas perlakuan baik yang telah diberikan selama bekerja disana atau juga ucapan terima kasih alasannya yaitu surat yang ia buat diterima dengan baik.


 



  • Permohonan Maaf


Meskipun anda merasa bahwa anda tidak mempunyai salah pada suatu perusahaan, anda juga tetap harus meminta maaf. Karena mungkin saja anda mempunyai kesalahan yang tidak diketahui.


 



  • Salam Penutup


Salam epilog yang dipakai sebaiknya sama dengan pada salam pembuka. Misalnya jikalau anda memakai assalamualaikum maka sebaiknya dengan sapaannya demikian.


 



  • Nama dan Tanda Tangan


Nama dan tanda tangan pembuat surat pengunduran diri perlu dibubuhkan juga alasannya yaitu surat ini termasuk dalam surat resmi, bahkan ada perusahaan yang meminta pembuat surat ini menyertakan materai juga untuk keperluan administrasi. Biasanya tanda tangan ini terletak di bab kanan bawah atau sesuai pada tanggal pembuatan surat.


 


 


Contoh Surat Pengunduran Diri


Berikut ini yaitu teladan surat pengunduran :


 Format Penulisan dan Contohnya Lengkap  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap
√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap

 


 


 Format Penulisan dan Contohnya Lengkap  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap
√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap

 


 


 Format Penulisan dan Contohnya Lengkap  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap
√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap

 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan yang lebih dalam lagi. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Surat Kuasa : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis, dan Contohnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan dan Contohnya Lengkap


Baca Juga :  Pengertian Dan Jenis - Jenis Kata Interjeksi Beserta Contah - Contohnya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Surat Pengunduran Diri : Pengertian, Cara Membuat, Format Penulisan Dan Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel