iklan banner

✔ Pengertian Unsur Estetika Dan Unsur Ergonomis Produk Kerajinan

Untuk menciptakan produk kerajinan dibutuhkan perencanaan yang matang, contohnya produk kerajinan pakaian. Dalam perancangan produk kerajinan pakaian dibutuhkan aneka macam interaksi ilmu pengetahuan contohnya pengetahuan wacana kebiasaan masyarakat (antropologi dan sejarah), ukuran tubuh (antropometri), ukuran pakaian (standardisasi), bentuk dan pelengkap (pendidikan moral: etika, gaya hidup), pengetahuan materi (fisik), teknik pembuatan (rekayasa), perhitungan biaya produksi (akuntansi), promosi (publikasi), pemasaran (marketing), kemasan (desain), dan ilmu yang lainnya.

Untuk menciptakan produk kerajinan dibutuhkan perencanaan yang matang ✔ Pengertian Unsur Estetika dan Unsur Ergonomis Produk Kerajinan

Perencanaan produk kerajinan umumnya lebih menitikberatkan pada nilai-nilai estetika, keunikan (craftmanship), keterampilan, dan efisiensi. Sementara dalam pemenuhan fungsinya lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih bersifat fisik (fisiologis), misalnya: benda-benda pakai, perhiasan, furnitur, sandang, dan sebagainya.

Perencanaan produk kerajinan harus memperhatikan unsur estetika dan ergonomis. Adapun pengertian dari unsur estetika dan ergonomis yakni sebagai berikut:

Unsur Estetika
Unsur estetika kerap kita kenal dengan istilah keindahan. Keindahan merupakan nilai-nilai estetis yang menyertai suatu karya seni. Keindahan juga diartikan sebagai pengalaman estetis yang diperoleh dikala seseorang mencerap obyek seni atau sanggup pula dipahami sebagai suatu obyek yang mempunyai unsur keindahan.

Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni mempunyai prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menjadikan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang. Penerapan unsur estetika terhadap produk kerajinan yang mempunyai fungsi hias sangat penting, sebab produk kerajinan tersebut lebih mengutamakan keindahannya.

Unsur Ergonomis
Unsur ergonomis karya kerajinan selalu dihubungkan atau dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah:

1) Keamanan(security) yaitu jaminan mengenai keamanan orang memakai produk kerajinan tersebut.

2) Kenyamanan (comfortable), yaitu kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan. Barang yang yummy dipakai juga sanggup disebut barang terapan. Produk kerajinan terapan yakni produk kerajinan yang mempunyai nilai mudah yang tinggi.

3) Keluwesan (flexibility), yaitu keluwesan penggunaan. Produk kerajinan yakni produk terapan/pakai yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk terapan/pakai dipersyaratkan memberi fasilitas dan keluwesan pemakaian biar pengguna tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

Demikian artikel Pengertian Unsur Estetika dan Unsur Ergonomis Produk Kerajinan semoga sanggup bermanfaat.
Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Pengertian Unsur Estetika Dan Unsur Ergonomis Produk Kerajinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel