iklan banner

✔ Perjuangan Yang Dilakukan Untuk Mencegah Kepunahan Binatang Dan Tumbuhan

Agar tidak terjadi kepunahan maka pemerintah beserta instansi terkait melakukan
usaha untuk mencegah terjadinya kepunahan dengan beberapa cara, antara lain:

Agar tidak terjadi kepunahan maka pemerintah beserta instansi terkait melaksanakan ✔ Usaha yang Dilakukan untuk Mencegah Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

1. Menetapkan suakamargasatwa 
sebagai tempat untuk melindungi binatang tertentu terutama yang sudah langka.
2. Membuat cagar alam 
sebagai tempat derma dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air.

3. Membuat hutan lindung
 sebagai tempat untuk melindungi air/daerah resapan air sebab dihutan dengan flora yang menutupinya bila terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah.

4. Inseminasi Buatan
Inseminasi buatan ialah perkembangbiakan pada binatang dengan cara menyuntikkan sperma dari binatang jantan pada binatang betina. Inseminasi buatan ini biasa dilakukan pada binatang mamalia terutama yang hampir punah sebab jumlahnya di alam bebas yang semakin sedikit. Tidak semua orang sanggup melaksanakan inseminasi buatan, biasanya dilakukan oleh dokter binatang di suatu forum pelestarian, contohnya kebun binatang.

5. Kultur Jaringan

Kultur jaringan ialah perkembangbiakan flora dengan cara memperbanyak sel tumbuh (jaringan) menjadi flora baru. Media tempat menumbuhkan sel tumbuh (jaringan) dikenal dengan media agar-agar yang telah ditambahkan beberapa unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan.

6. Berpartisipasi dalam pelestarian makhluk hidup
Pelestarian makhluk hidup bukan tanggung jawab pemerintah saja namun kita sebagai insan dan makhluk Tuhan harus ikut menjaga kelestarian makhluk hidup dan lingkungannya. Apa saja yang kita sanggup lakukan untuk melestarikan lingkungan dan makhluk hidup?

Kita mulai dari lingkungan terkecil, contohnya rumah dan tempat tinggal kita dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Pemeliharaan binatang tertentu oleh eksklusif contohnya memelihara orang utan, burung yang termasuk langka sebaiknya tidak dilakukan melainkan kita serahkan kepada forum yang bertugas menjaga kelestarian lingkungan contohnya kebun binatang.

Memperbanyak jenis binatang tertentu yang biasa kita gunakan sebagai sumber masakan contohnya dengan berternak ayam, sapi. Kesadaran insan akan pentingnya keseimbangan alam diharapkan sekali dalam perjuangan pelestarian makhluk hidup. Pemburuan liar yang dilakukan untuk menangkap binatang harus di hindari dan didukung dengan cara tidak membeli binatang langka dan bagianbagian binatang tersebut. Dengan demikian perjuangan penjualan binatang langka menjadi terhenti.

Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Perjuangan Yang Dilakukan Untuk Mencegah Kepunahan Binatang Dan Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel