iklan banner

√ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Dan Keuntungannya Terlengkap

√ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sebuah makalah yang dimana dalam hal ini mencakup pengertian, ciri, jenis, tahapan, sistematika penulisan dan manfaat. Supaya lebih sanggup memahami dan dimengerti lebih dalam lagi, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.


 


 Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai sebuah makalah yang dimana dalam ha √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap
√ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap

 


Pengertian Makalah


Makalah ialah suatu karya tulis yang memuat pemikiran wacana suatu kasus atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis bertujuan untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur.


Makalah ini merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yakni objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.


 


 


Pengertuan Makalah Menurut Para Ahli


1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Dalam hal ini makalah dibagi menjadi dua pengertian yaitu sebagai berikut :



  • Makalah ialah suatu goresan pena resmi wacana suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

  • Makalah ialah suatu karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan kiprah sekolah atau perguruan tinggi tinggi.


 


2. Panuti Sudjiman


Makalah ialah suatu karangan prosa, bukan dongeng rekaan yang membicarakan pokok tertentu. Yang biasanya makalah ini dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah sanggup juga merupakan sebuah buku antologi.


 


3. W.J.S Poerwadarminta


Makalah ialah suatu uraian tertulis yang membahas suatu kasus tertentu dikemukakan untuk menerima pembahasan lebih lanjut.


 


4. Tanjung Dan Ardial


Makalah ialah suatu karya tulis yang memuat pemikiran wacana suatu kasus topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.


 


5. Surakmad


Makalah ialah segala jenis kiprah kuliah yang harus sanggup diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan wacana sesuatu pokok persoalan.


 


6. E. Zaenal Arifin


Makalah ialah suatu karya tulis ilmuah yang menyajikan suatu kasus yang pembahasannya menurut data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.


 


7. A.E. Fachrudin


Makalah ialah jenis kiprah kuliah yang harus sanggup diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku “book of report” maupun sebagai hasi karangan wacana suatu pokok persoalan.


 


8. Drs. S. Imam Asy’ari “1984:17”


Makalah ialah suatu naskah semester, biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karangan ini tidak begitu panjang mungkin 10-15 halaman ukuran folio saja.


 


9. Burhan “1979:226”


Makalah ialah suatu bentuk kiprah kuliah atau prasyarat dalam diskusi dan seminar.


 


10.Menurut Prof. Komarudin, M. Pd “200:111”


Makalah ialah suatu karya tulis yang dipergunakan untuk publikasi suatu jurnal atau periodikal atau lisan.


 


11. Drs. Madyo Ekosusilo Dan Drs. Bambang Triyanto “1991:16”


Makalah ialah suatu goresan pena yang berisikan prasaran, pendapat yang turut membahas suatu pokok problem yang akan dalam rapat kerja, simposium, seminar, dan sejenisnya.


 


12. Muhamad Ali “1984:61”


Makalah ialah suatu karya tulis ilmiah yang pembahasannya difokuskan pada suatu kasus tertentu. Biasanya ini bekerjasama dengan suatu mata kuliah atau bidang spesialisi tertentu.


 


13. Siswoyo Harjodipuro


Makalah ialah suatu karya tulis, baik yang sanggup ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan kiprah mata kuliah ataupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.


 


14. M. Widyamartaya Dan Veonika Sudiarti


Makalah ialah suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang untuk membahas suatu pokok bahasan yang merupakan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.


 


 


Manfaat Makalah


Manfaat pembuatan atau penulisan makalah antara lain :



  1. Belajar untuk memahami kasus dan mencari solusinya.

  2. Menerapkan suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapangan.

  3. Membuka pikiran untuk memahami suatu permasalahan di lapangan.


 


 


Jenis – Jenis Makalah


 


1. Jenis Makalah Deduktif


Makalah dedukatif merupakan suatu makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan kasus yang dibahas).


 


2. Jenis Makalah Induktif


Makalah induktif merupakan suatu makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan kasus yang dibahas.


 


3. Jenis Makalah Campuran


Makalah adonan merupakan suatu makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan kasus yang dibahas.


 


 


Karakteristik atau Ciri – Ciri Makalah


Suatu makalah mempunyai karakteristik ialah sebagai berikut :



  • Merupakan suatu hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu acara lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan.

  • Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa wacana permasalahan teoritik yang sanggup dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang bekerjasama dengan perkuliahan.

  • Menunjukkan suatu kemampuan pemahaman terhadap isi dari banyak sekali sumber yang digunakan.

  • Mendemonstrasikan suatu kemampuan,meramu banyak sekali sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.


 


 


Sistematika Penulisan Makalah


Secara umum, struktur makalah ini terdiri dari :


 


1. Cover atau Bagian Sampul Makalah


Dalam serpihan ini, terdiri dari judul, logo kampus atau universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah itu dibuat.


 


2. Kata Pengantar


Biasanya pembuatan makalah ini diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, citra sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat cita-cita penulis ataupun usul suatu sumbangsih saran dan kritik.


 


3. Daftar Isi


Yaitu serpihan yang berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.


 


4. BAB I Pendahuluan


Dalam makalah yang Anda buat tersebut, serpihan BAB I  ialah serpihan wacana pendahuluan yang secara umum berisi wacana citra umum wacana makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengangkat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini yang mencakup :



  • Latar Belakang yakni menggunakan kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.

  • Rumusan Masalah yang berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda.

  • Maksud dan Tujuan yaitu yang berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.


 


5. BAB II Pembahasan


Pada serpihan ini, Anda akan membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada serpihan ini ialah suatu serpihan dari isi bekerjsama makalah Anda. Dalam serpihan pembahasan, Anda juga harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat goresan pena Anda.


Harus berisi suatu kajian rujukan beberapa atau banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. Pada serpihan ini pula, perkiraan pribadi Anda akan diminimalkan. Artinya perkiraan yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun rujukan dari sebelumnya. Mengungkap suatu fakta.


 


6. BAB III Penutup


Pada serpihan kedua dari terakhir ini, Anda harus mengembangkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang harus menambahkan saran.


 


7. Daftar Pustaka


Berisi daftar suatu rujukan rujukan yang Anda ambil untuk makalah Anda. Referensi rujukan ini sanggup berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau hukum penulisan suatu daftar pustaka yang Anda harus penuhi.


 


8. Lampiran


Ini tidak mutlak dan harus ada. Pada serpihan ini Anda melampirkan suatu data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto kegiatan, isi bahan yang akan dibahas atau dibentuk dan sebagainya.


 


 


Fungsi Makalah


Fungsi yang harus dipenuhi sebuah makalah ialah antara lain :



  • Untuk sanggup melatih seorang penulis semoga bisa menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat.

  • Untuk sanggup memperluas wawasan keilmuan bagi penulisnya.

  • Untuk sanggup memperlihatkan pemberian pemikiran baik berupa konsep teoretis maupun konsep praktis.

  • Untuk sanggup memperlihatkan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.


 


 


Unsur – Unsur Makalah


Pembuatan sebuah makalah yang baik mempunyai unsur diantaranya :



  • Data yang dipakai ini mempunyai validitas yang tinggi dan analisis serta interpretasi haruslah objektif.

  • Makalah harus bisa memperlihatkan suatu kejujuran ilmiah penulis.

  • Penulis makalah juga harus menyebutkan dengan terang sumber data dan pendapat yang dipakai dalam makalahnya.

  • Makalahini  harus menggunakan bahasa yang jelas, singkat, sederhana, dan teliti. Makalah harus sistematis dan utuh.


 


Demikian artikel wacana √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan serta kita menerima wawasan yang lebih dalam lagi. Sekian dan Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, dan Manfaatnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  Pengertian Teks berpola Induktif dan Deduktif


Baca Juga :  Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Dan Keuntungannya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel