iklan banner

✔ Struktur Dan Fungsi Vitamin B6 (Piridoksin)

(Artikel Struktur Dan Fungsi Vitamin B6 (Piridoksin) ini yaitu bab dari makalah dengan judul Struktur Dan Fungsi Vitamin. Bila anda memerlukannya sebagai materi referensi, makalah Struktur Dan Fungsi Vitamin tersebut sanggup anda DOWNLOAD DISINI)

Piridoksin atau  vitamin B6 terdiri dari tiga senyawa yang bekerjasama erat, yaitu peridoksin, piridoksal dan  piridoksamin. Ketiganya tersebar  ;uas di alam baik  pada binatang maupun tumbuhan. Padi-padian termasuk sumber yang sangat kaya vitamin B6.

Bentuk aktif dari vitamin B6 yaitu peridoksal fosfat, yang selalu terdapat dalam bentuk aminopiridoksumin fosfat, yang berfungsi sebagai gugus prostetik sejumlah enzim yang mengkatalisis reaksi mentabalisme asam amino, transaminasi, dekarboksilasi dan rasemisasi. Walaupun reaksi-reaksi ini dikatalisis oleh  enzim yang berlainan, tetapi koenzimnya sama  yaitu piridoksal fosfat.

Pada gambar transaminasi yang dikatalisis oleh transaminasi atau aminotransferase, piridoksal fosfat yang terikat kuat, berfungsi sebagai pembawa sementara gugus amino dari senyawa donor yaitu asam a-amino, menuju senyawa peserta gugus amino yaitu asam a-keto.

Telah diketahui ada kira-kira 20 macam reaksi asam amino, dimana periodoksal fosfat terlibat, salah satu diantaranya yaitu interkonversi serin dan lesin. Koefnzim  piridoksal ini menarik perhatian lantaran berikatan dengan lisin pada enzim fosfarilase dalam binatang dan tumbuhan.

(DOWNLOAD makalah lengkapnya, untuk melihat klarifikasi dilengkapi struktur molekul Vitamin B6/Piridoksin)


Sumber http://zonabawah.blogspot.com

0 Response to "✔ Struktur Dan Fungsi Vitamin B6 (Piridoksin)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel