iklan banner

✔ Sistem Ekskresi Serangga

(Artikel Sistem Ekskresi Serangga ini yakni bab dari makalah dengan judul Kajian Fisiologi Serangga. Bila anda memerlukannya sebagai materi referensi, makalah Fisiologi Serangga  tersebut sanggup anda DOWNLOAD DISINI)

Alat ekskresi pada belalang yakni pembuluh Malpighi, yaitu alat pengeluaran yang berfungsi ibarat ginjal pada vertebrata. Pembuluh Malphigi berupa kumpulan benang halus yang berwarna putih kekuningan dan pangkalnya menempel pada pangkal dinding usus. Di samping pembuluh Malphigi, serangga juga mempunyai sistem trakea untuk mengeluarkan zat sisa hasil oksidasi yang berupa CO2. Sistem trakea ini berfungsi ibarat paru-paru pada vertebrata.  

Belalang tidak sanggup mengekskresikan amonia dan harus memelihara konsentrasi air di dalam tubuhnya. Amonia yang diproduksinya diubah menjadi materi yang kurang toksik yang disebut asam urat. Asam urat berbentuk kristal yang tidak larut.

Pembuluh Malpighi terletak di antara usus tengah dan usus belakang. Darah mengalir lewat pembuluh Malpighi. Saat cairan bergerak lewat bab proksimal pembuluh Malpighi, materi yang mengandung nitrogen diendapkan sebagai asam urat, sedangkan air dan banyak sekali garam diserap kembali biasanya secara osmosis dan transpor aktif. Asam urat dan sisa air masuk ke usus halus, dan sisa air akan diserap lagi. Kristal asam urat sanggup diekskresikan lewat anus bersama dengan feses.

(DOWNLOAD makalah lengkapnnya, untuk melihat klarifikasi dilengkapi gambar)


Sumber http://zonabawah.blogspot.com

0 Response to "✔ Sistem Ekskresi Serangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel