iklan banner

✔ Siklus Hidup Atau Pergiliran Tumbuhan Lumut

Tumbuhan lumut mengalami pergiliran keturunan dalam daur hidupnya. Tumbuhan lumut merupakan generasi gametofit (tumbuhan penghasil gamet)yang haploid (x = n), sehingga terdapat tumbuhan lumut jantan dan betina alasannya satu tumbuhan tidak sanggup menghasilkan dua sel kelamin sekaligus. Sel-sel kelamin jantan (sel sperma) dihasilkan dari antheridium dan sel-sel kelamin betina (sel telur atau ovum) dihasilkan dalam arkhegonium. Kedua organ ini terletak dibagian puncak tumbuhan.

Proses siklus hidup lumut sebagai berikut :
  1. Antheridium yang masak akan mengeluarkan sel-sel sperma, kemudian sel sperma berenang menuju arkhegonium untuk membuahi ovum (pembuahan terjadi apabila kondisi basah)
  2. Ovum yang terbuahai akan tumbuh sporofit yang tidak mandiri, alasannya hidupnya masih disokong oleh gametofit. Sporofit ini bersifat diploid (x = 2n) serta berusia pendek (± 3-6 bulan untuk mencapai tahap kemasakan)
  3. Sporofit akan membentuk kapsula yang disebut sporongonium pada bab ujung
  4. Sporongonium berisi spora haploid yang dibuat melalui meiosis. Sporongonium yang masak akan mengeluarkan atau melepaskan spora
  5. Spora tumbuh menjadi suatu berkas yang disebut dengan protonema, berkas ini akan tumbuh meluas dan pada tahap tertentu akan menumbuhkan gametofit baru


Demikianlah bahan wacana Siklus Hidup Tumbuhan Lumut ini aku sampaikan, biar bermanfaat ...

Sumber http://biologi-indonesia.blogspot.com

0 Response to "✔ Siklus Hidup Atau Pergiliran Tumbuhan Lumut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel