iklan banner

√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis Dan Pola Terlengkap

√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Seni Rupa Terapan.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Seni Rupa Terapan? Oke, mari simak klarifikasi secara lengkapnya dibawah ini ya.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Seni Rupa Terapan √ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Seni Rupa Terapan


 


Hasil karya seni merupakan sebuah benda yang telah diciptakan oleh para seniman.


Karya Seni Rupa Terapan merupakan sesuatu hasil karya seni rupa yang mempunyai kegunaan untuk sebuah keperluan sehari hari serta mempunyai fungsi tertentu. Salah satu fungsinya yakni suatu nilai seni.


Seni rupa terapan ini sanggup dibagi lagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa terapan ini mempunyai dua fungsi ibarat saja fungsi mudah serta fungsi estetis.


Pada fungsi karya seni rupa terapan yang bersifat secara estetis yaitu hanya akan mementingkan nilai keindahan atau sebagai hiasan saja, contohnya saja guci, vas bunga, hiasan dinding dn masing banyak lagi.


Sedangkan fungsi mudah seni rupa terapan yakni lebih mengutamakan suatu tujuan utama terhadap suatu benda yang telah dibuat, cotohnya saja meja, kursi, almari dan masih banyak lagi.


 


 


Sejarah Seni Rupa Terapan


 



  • Seni Rupa Terapan Zaman Pra Sejarah


Seperti layaknya pada kemunculan kesenian dan seni rupa, seni rupa terapan juga muncul sejak pada zaman pra sejarah. Dahulu kala, seni rupa terapan ini mempunyai bentuk yang sangat sederhana dan tidak sekompleks sekarang.


Ketika zaman pra sejarah, beberapa benda yang termasuk juga dalam seni rupa terapan yang ditemukan yakni senjata untuk berburu, baju untuk sanggup melindungi badan insan pada zaman itu.


Beberapa suplemen yang digunakan untuk sanggup memperindah badan manusianya, beberapa gerabah untuk sanggup mendukung kehidupan manusianya, dan juga beberapa benda yang lainnya.


 



  • Seni Rupa Terapan Masa Peradaban Kuno


Perkembangan seni rupa terapan pada masa peradaban kuno ini juga mengalami bentuk yang lebih modern dari pada masa pra sejarah.


Seperti dalam peradaban Mesir dan juga peradaban yang mempunyai kebudayaan yang tinggi.


Hasil karya seni rupa terapan mereka ini mempunyai bentuk yang jauh lebih indah dari pada seni rupa terapan pada masa pra sejarah.


Tidak hanya pada kegunaannya saja tapi juga pada kepantasan atau tidaknya insan tersebut menggunakan benda tersebut sebagai alat bantu sehari-hari mereka.


Pada masa ini juga, penciptaan pada seni rupa terapan mulai menggunakan hukum-hukum geometris. Seperti pada peradaban zaman Yunani dan juga Romawi.


Pada peradaban Yunani, pertimbangan-pertimbangan sebuah geometris itu ditemukan pada gerabah dan jambangan yang dibuat pada masa itu.


Sementara di peradaban Romawi, seni rupa terapan yang hanya menggunakan unsur dan pertimbangan aturan geometris ditemukan pada bangunan-bangunan mereka.


 



  • Seni Rupa Terapan Masa Peradaban Modern


Seni rupa pada masa modern ini mempunyai bentuk yang lebih kaya dan pertimbangan lain yang jauh lebih kompleks dari pada masa peradaban kuno.


Beberapa teladan seni rupa terapan pada masa ini yaitu sebuah baju yang lebih mempunyai banyak pertimbangan kala pembuatannya, gerabah, arsitektur yang menjadi jauh lebih kaya dalam hal bentuk dan kegunaan, dan bahkan dalam perkembangannya, seni rupa terapan ini juga mempunyai unsur teknologi yang semakin usang semakin canggih.


 


 


Fungsi Seni Rupa Terapan


 


1. Sebagai Kebutuhan Pokok


 



  • Pangan – Dalam makanan akan membutuhkan segi warna, keindahan, rasa yang mempunyai citarasa yang lezat.

  • Sandang (Pakaian) – Sebagai pelindung badan dari suatu kondisi lingkungan tetapi sebagai sarana sosial sebagai identitas budaya masyarakat.

  • Papan – Dalam tatanan nilai seni suatu rumah akan menjadi jauh lebih nyaman untuk layak ditempati.


 


2. Sebagai Kebutuhan Sosial


 



  • Pendidikan Seni – insan akan mempunyai sebuah kehalusan di kebijaksanaan pekerti, seni sanggup mengolah kepekaan insan terhadap lingkungan sekitar dengan hal-hal yang sangat berkaitan dengan keindahan.

  • Keagamaan – Tempat ibadah sebuah ungkapan insan yang sangat bernilai keindahan selain nilai religi.

  • Ritual Kehidupan – Ritual kehidupan yang dulu sanggup dilakukan setiap insan yang berkaitan dengan seni contohnya dekorasi, tempat upacara adat.


 


Karya Seni Rupa Terapan selain sanggup diciptakan sebagai benda yang mudah sanggup juga dinikmati keindahannya antara lain sebagai :



  • Sebagai suatu sarana ritual keagamaan atau kerohanian.

  • Sebagai sarana pendidikan moral pada masyarakat.

  • Sebagai sarana pengungkapan suatu lisan pribadi.

  • Sebagai sarana untuk sanggup mengenang suatu kejadian.


 


 


Macam – Macam Seni Rupa Terapan


 


1. Seni Rupa Arsistektur


Seni rupa bangunan atau juga arsitektur yakni salah satu macam seni rupa terapan yang berbentuk sebuah bangunan. Contohnya saja ibarat tempat tinggal, kantor, tempat ibadah dan bangunan lainnya.


 


2. Seni Rupa Ilustrasi


Seni rupa gambaran yakni salah satu karya seni yang berbentuk gambar atau foto. Manfaatnya untuk sanggup menjelaskan suatu naskah. Seni rupa gambaran ini juga sering digunakan dalam buku pelajaran di sekolah dasar.


Dengan adanya foto atau sebuah gambar ilustrasi, akan memudahkan pembaca untuk sanggup memahami isi dari sebuah kisah atau artikel.


 


3. Seni Rupa Kriya


Seni rupa kriya yang sering disebut juga sebagai keterampilan tangan, mempunyai kegunaan untuk sanggup mengolah materi baku yang gampang ditemukan di lingkungan sekitar kita.


Biasanya materi baku tersebut sanggup diolah menjadi benda yang mempunyai suatu nilai estetis dan bernilai pakai.


 


4. Seni Rupa Grafis


Seni rupa grafis ini juga termasuk kedalam seni rupa yang proses pembuatannya menggunakan sebuah teknik cetak, biasanya menggunakan kertas. Seni rupa terapan ini mempunyai sebuah kegunaan sebagai alat komunikasi.


 


5. Seni Rupa Dekorasi


Dan macam seni rupa terapan yang terakhir yakni sebuah dekorasi. Seni rupa dekorasi ini mempunyai fungsi untuk sanggup menghias sebuah ruangan menjadi lebih indah.


Karya seni dekorasi ini biasanya kita temui dikala sedang ada program pernikahan, pertunjukan, festival dan juga program lainnya.


 


 


Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan


 


1. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsinya


 



  • Nilai Praktis


Nilai mudah dalam seni rupa terapan yaitu sebuah nilai fungsi yang mempunyai kegunaan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.


Contohnya saja ibarat dingklik untuk tempat duduk, lemari untuk sanggup menyimpan pakaian, dan lain sebagainya.


 



  • Nilai Estetis


Nilai estetis dalam seni rupa terapan merupakan sebuah nilai keindahan yang terdapat pada suatu benda sehingga terlihat dan sanggup mempunyai daya tarik yang tinggi di mata orang yang melihatnya.


Contohnya saja yakni seni batik yang ada pada pakaian, seni ukir yang ada pada kursi, dan lain-lain.


 


2. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya


 


Karya Seni Rupa Terapan 2 Dimensi (Dwimatra)


 



  • Karya seni rupa terapan 2 dimensi merupakan sebuah karya seni rupa terapan yang mempunyai suatu ukuran panjang dan lebar. Karya seni 2 dimensi ini hanya sanggup dilihat dari satu arah saja.

  • Contoh karya seni terapan 2 dimensi yaitu pada wayang kulit, tenun, batik dan karya seni dua dimensi lainnya.


 


Karya Seni Rupa Terapan 3 Dimensi (Trimatra)


 



  • Karya seni rupa terapan 3 dimensi ini merupakan sebuah seni rupa terapan yang mempunyai sebuah ruang. Karya seni 3 dimensi ini sanggup dilihat dari banyak sekali arah.

  • Contoh karya seni terapan 3 dimensi yaitu pada sebuah rumah adat, senjata tradisional dan karya 3 dimensi lainnya.


 


3. Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya


 



  • Rumah Adat


Rumah adat yakni salah satu bentuk rumah yang arsitekturnya yang sanggup diadaptasi dengan tempat di mana rumah tersebut dibuat. Masing-masing tempat juga mempunyai bentuk rumah adat tersendiri.


Contoh rumah adat yang ada di Indonesia antara lain rumah adat Joglo dari tempat Yogyakarta, rumah Lamin dari Kalimantan Timur, dan lain-lain.


 



  • Senjata Tradisional


Senjata tradisional merupakan salah satu jenis senjata yang sanggup dibuat oleh masing-masing daerah. Dengan kata lain, setiap tempat atau setiap suku sanggup mempunyai senjata tradisionalnya tersendiri.


Dulunya, senjata tradisional dimanfaatkan sebagai alat perang, berburu, bekerja, sampai benda pusaka. Jenis seni rupa terapan yang satu ini juga sering dianggap unik dan mengandung sebuah nilai estetis tersendiri.


Adapun teladan dari senjata tradisional yang dimiliki rakyat Indonesia yaitu sebuah keris dari Jawa Tengah, kujang dari Jawa Barat, senjata mandau dari Kalimantan, dan masih banyak lagi.


 



  • Alat Transportasi Tradisional


Jenis seni rupa terapan ini biasanya sanggup digunakan sebagai alat transportasi masyarakat. Setiap tempat juga mempunyai bentuk alat transportasi tradisional yang sangat berbeda dengan tempat lainnya. Contohnya saja ibarat delman, perahu, becak, dan lain-lain.


 



  • Seni Kriya


Seni kriya merupakan sebuah jenis kerajinan tangan yang sanggup menghasilkan suatu barang yang siap digunakan masyarakat. Contohnya saja ibarat anyaman bambu untuk dinding rumah, gerabah sebagai perabotan rumah tangga, sepatu dari materi kulit, dan lain-lain.


 


 


Contoh Seni Rupa Terapan


 



  • Rumah Adat


Yaitu salah satu karya seni rupa terapan yang berupa sebuah bangunan dan juga mempunyai banyak sekali macam jenis atau bentuk.


Bahkan rumah adat di Indonesia juga banyak sekali jenisnya tergantung dari sebuah kebudayaan wilayahnya masing-masing. Rumah adat ini merupakan suatu tempat tinggal masyarakat di Indonesia pada jaman dahulu.


 



  • Pakaian Tradisional


Yaitu salah satu teladan dari sebuah karya seni rupa terapan yang berupa busana. Jenis pakaian tradisional juga sanggup tergantung dari sebuah kebudayaan di setiap tempat yang ada di Indonesia.


Pakaian tradisional ini mempunyai nilai seni yang sangat tinggi dan selalu digunakan dikala acara-acara tertentu.


 



  • Kerajinan Anyaman


Yaitu suatu karya seni yang terbuat dari serat (rotan, bambu dll) kemudian sanggup dirangkai sehingga sanggup membentuk suatu benda yang sanggup mempunyai kegunaan untuk sebuah kehidupan manusia.


Misalnya saja ibarat dingklik dari bambu dan rotan, tutup nasi dari bambu, kandang burung, tikar, dan lain-lain. Seiring perkembangan zaman karya seni kerajinan ini mulai tergantikan dan banyak yang tidak sanggup terganti oleh plastik.


 



  • Kerajinan Kulit


Yaitu suatu karya seni rupa terapan yang terbuat dari kulit binatang (sapi, domba, buaya, ular, dll), tapi dikala ini ada juga yang terbuat dari kulit sintetis.


 



  • Batik


Yaitu sejenis pakaian yang mempunyai sebuah corak khas. Di Indonesia batik ini sangat popular sampai populer ke mancanegara.


Selain juga berfungsi dari segi keindahan batik juga berfungsi sebagai suatu pakaian, baik itu sanggup digunakan untuk sehari-hari dan program tertentu. Tekhnik pembuatan batik ini ada beberapa macam mulai dari batik tulis, lukis, cap, dan print.


 



  • Poster


Yaitu sesuatu karya seni rupa terapan yang berupa grafis terdiri dari gambar dan karakter pada kertas yang berukuran tidak mengecewakan besar.


Poster ini biasanya di\tempel di tempat-tempat umum yang tujuannya untuk sanggup menarik perhatian banyak orang. Poster biasanya berisi ihwal iklan atau sebuah ajakan.


 



  • Kerajinan Tanah Liat


Yaitu salah satu kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan dibuat dengan teknik tertentu sehingga karenanya sanggup bermanfaat bagi manusia.


Contoh karya seninya berupa sebuah Gerabah, pot dari tanah liat, asbak, piring, mangkok, patung, genteng, kerikil bata, dan lain-lain.


 



  • Senjata Tradisional


Yaitu sesuatu benda yang mempunyai kegunaan sebagai senjata di zaman dahulu, guna lainnya sebagai peralatan untuk sanggup bekerja, tapi ada juga yang digunakan untuk sebuah perlengkapan ritual, adat-istiadat, pertunjukan seni tradisional, dan untuk hiasan sebagai pajangan.


 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah wawasan serta ilmu pengeetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Estetika : Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, dan Manfaat Terlengkap


Baca Juga :  √ Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen, dan Klasifikasi Terlengkap


Baca Juga :  √ Seni Teater : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi , Jenis & Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis Dan Pola Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel