iklan banner

Ekosistem - 5 Tahapan Sikus Nitrogen

Nitrogen merupakan salah satu komponen yang ditemukan dalam sel termasuk protein. Nitrogen dari udara diubah menjadi ion terlarut sampai bisa diserap akar tanaman. Komponen nitrogen ini menjadi senyawa dalam tumbuhan dan kemudian diteruskan dari satu organisme ke organisme lain. Lalu senyawa nitrogen ini dilepaskan lagi ke atmosfer dalam bentuk gas nitrogen. Ini yaitu proses daur nitrogen.

Berikut ini tahapan proses siklus nitrogen.
1. Tahap Fiksasi
Sekitar 78 persen udara tersusun atas nitrogen akan tetapi nitrogen tidak terlalu reaktif untuk dipakai secara eksklusif oleh tumbuhan untuk menghasilkan protein. Nitrogen harus diubah menjadi ion terlarut menyerupai nitrat. Bakteri pengikat nitrogen yang ditemukan pada akar sanggup melaksanakan proses ini. Petir juga sanggup mengubah gas nitrogen menjadi nitrat.

2. Penyerapan ke akar dan penggabungan ke badan tanaman
Tanaman menyerap nitrat dari tanah dan menggunakannya untuk menciptakan protein

3. Bergerak sepanjang rantai masakan dan ekskresi
Ekskresi urea dalam urine hewan melepaskan nitrogen kedalam tanah. Bakteri dalam tanah manghasilkan enzim berjulukan urease yang bisa mengubah urena menjadi amonia. Bakteri nitrifikasi mengubah amonia menjadi nitrat yang menciptakan tumbuhan bisa menyerapnya.

4. Kematian binatang
Dekomposer memecah protein dalam badan bangkai yang mati menjadi amonia. Bakteri nitrifikasi kemudian mengubah amonia menjadi nitrit dan nitrat.

5. Pelepasan ke atmosfer
Bakteri denitrifikasi dalam tanah memecah nitrat dan mengembalikan nitrogen ke udara. Hal ini terjadi dalam kondisi anaerob. Petani mencoba mencegah denitrifikasi selama pertumbuhan tumbuhan sebab tumbuhan akan tumbuh dengan baik ketika banyak kandungan nitrat dalam tanah yang dipakai untuk menciptakan protein untuk pertumbuhan.
Nitrogen merupakan salah satu komponen yang ditemukan dalam sel termasuk protein Ekosistem - 5 Tahapan Sikus Nitrogen
Daur nitrogen
Langkah-langkah petani mencegah denitrifkasi adalah:
1. Bajak tanah teratur untuk mendorong kondisi anaerob
2. Mengeringkan area yang tergenang air
3. Rotasi tumbuhan dengan menanam kacang-kacangan setiap jeda beberapa bulan atau tahun. Kacang-kacangan punya nodul akar yang sanggup diisi basil pengikat nitrogen yang sanggup dapat mengubah gas nitrogen eksklusif dari udara menjadi senyawa nitrogen yang sanggup dipakai tumbuhan meningkatkan kesuburan tanah. Gambar: disini
Sumber http://geograph88.blogspot.com

0 Response to "Ekosistem - 5 Tahapan Sikus Nitrogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel