iklan banner

✔ Dampak Kendala Terhadap Jenis Bahan

Hambatan yang dimiliki oleh suatu materi penghantar ternyata sanggup menghipnotis berpengaruh arus yang mengalir pada penghantar tersebut. Hambatan yang besar pada suatu materi menjadikan materi tersebut sukar mengalirkan arus listrik, sedangkan materi yang hambatannya kecil akan lebih gampang mengalirkan arus listrik. Berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan arus listrik, materi dibedakan menjadi konduktor, isolator, semi konduktor, dan super konduktor.

Hambatan yang dimiliki oleh suatu materi penghantar ternyata sanggup menghipnotis berpengaruh arus y ✔ Pengaruh Hambatan terhadap Jenis Bahan

a. Konduktor

Bahan konduktor yakni materi yang gampang mengalirkan arus alasannya elektron-elektron di setiap atomnya tidak terikat berpengaruh oleh inti atom sehingga gampang bergerak atau berpindah. Dengan kata lain, materi konduktor yakni materi yang mempunyai kendala kecil. Bahan yang termasuk konduktor di antaranya yakni besi, baja, dan tembaga.

b. Isolator
Bahan isolator mempunyai sifat yang berlawanan dengan materi konduktor. Bahan yang termasuk isolator sangat sulit, bahkan tidak bisa mengalirkan arus listrik. Pada materi isolator, elektron-elektron di setiap atom pada materi isolator terikat berpengaruh oleh inti atom sehingga sangat sukar untuk bergerak dan berpindah. Dengan demikian, sanggup dikatakan bahwa materi isolator mempunyai kendala yang sangat besar. 

Namun, pada kondisi tertentu materi isolator sanggup menjelma materi konduktor. Kondisi tersebut yakni dikala materi isolator menerima tegangan yang sangat tinggi. Tegangan tinggi ini akan melepaskan elektron dari ikatan dengan inti atom sehingga elektron pada materi isolator tersebut akan menjadi gampang bergerak dan berpindah. Bahan yang tergolong isolator yakni kayu dan plastik.

c. Semi Konduktor
Bahan semi konduktor yakni bahan-bahan yang kadang bersifat isolator dan kadang bersifat konduktor. Yang termasuk materi ini yakni karbon, silikon, dan germanium.

d. Super Konduktor

Bahan super konduktor yakni materi yang sangat berpengaruh mengalirkan arus. Ilmuwan yang pertama kali menemukan materi ini yakni tokoh yang berasal dari Belanda yang berjulukan Kamerlingh Onnes pada 1991. Bahan yang dia temukan yakni raksa dan timah.

Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Dampak Kendala Terhadap Jenis Bahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel