iklan banner

Cara Mengatur Jarak Antar Abjad Di Coreldraw

Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw - Mungkin kalau anda seseorang yang sering menggunakan aplikasi coreldraw pernah merasa gundah untuk mengatur jarak antar karakter pada kata atau kalimat. Mengapa karakter tersebut harus diatur? Terkadang dalam menciptakan sebuah desain dalam coreldraw kita menambahkan kata atau goresan pena didalamnya, namun kata-kata tersebut terkadang panjang atau pendek. Kita sering merasa sulit untuk membuatnya pas/selaras dengan gambar dikarenakan goresan pena tersebut terlalu panjang atau pendek.

Dengan begitulah diharapkan pengaturan jarak antar karakter dalam sebuah kata dan kalimat dalam coreldraw. Saya akan membagikan 3 (tiga) cara untuk mengatur jarak antar huruf, baik secara otomatis maupun manual. Disini saya menggunakan coreldraw 11, anda boleh mencobanya dengan coreldraw apa saja ibarat X2, X3, X4, X5, X6. Tanpa panjang lebar pribadi saja kita lihat caranya dibawah ini.

1. Mengatur Jarak Antar Huruf Menggunakan Snape Tool

Snape Tool merupakan sebuah tool/alat yang disediakan aplikasi coreldraw salah satunya untuk mengatur jarak antar karakter pada sebuah kata atau kalimat text dalam coreldraw. Dengan menggunakan tool ini kita akan sangat praktis mengatur jarak, cara ini dapat disebut cara yang otomatis.
  • Buka aplikasi coreldraw.
  • Buat sebuah gambar atau sebuah goresan pena yang anda inginkan.
  • Dengan goresan pena anda aktif klik hidangan Snape Tool.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw

  • Akan muncul kotak-kotak kecil dibagian bawah karakter goresan pena anda.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw
  • Untuk mengaturnya anda hanya tinggal klik pada kotak kecil tersebut kemudian geser menggunakan mouse atau tombol arah pada keyboard anda.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw


2. Mengatur Jarak Antar Huruf Menggunakan Spasi

Ini cara alternatif yang berdasarkan saya sangat praktis dan gampang, cara ini saya sebut cara manual. Sebetulnya dengan membaca judulnya saja anda sudah mengerti cara yang saya maksudkan. Mengatur jarak antar karakter dengan tombol spasi, caranya cukup dengan menggeser karakter dan dengan tombol spasi. Anda dapat mengatur dengan leluasa, kalau anda inginkan jarak yang erat cukup dengan satu spasi namun kalau inginkan yang cukup lebar anda dapat menambahkan 2 (dua) spasi atau lebih. 

Namun kelemahan cara ini ialah jarak spasi yang baku, anda tidak dapat mengatur sesuai keperluan anda. Anda hanya dapat mengatur jarak sesuai jarak antar spasi saja.

3. Mengatur Jarak Antar Huruf Dengan Membuat Satu Persatu Huruf

Cara yang ketiga merupakan cara manual untuk mengatur jarak antar huruf. Caranya anda harus menciptakan satu persatu karakter secara terpisah, maksudnya kalau anda ingin menciptakan kata "ASIK" anda harus membuatnya karakter per-huruf dari A hingga K. Lalu huruf-huruf tersebut anda atur secara manual menggunakan mouse atau keyboard.

Tentu saja dengan cara ini tidak dapat dibayangkan kalau kata yang ingin anda atur berjumlah puluhan, namun kalau anda menciptakan kata yang pendek dan sedikit cara ini dapat anda coba.

Demikian Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw agar membantu dan praktis untuk dipraktekan. Terima kasih telah berkunjung, lihat juga tutorial coreldraw lainnya pada blog ini. Terima kasih.

Sumber http://asikitubelajar.blogspot.com

0 Response to "Cara Mengatur Jarak Antar Abjad Di Coreldraw"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel