iklan banner

Model Dan Teori Atom Rutherford

Model dan Teori Atom Rutherford
 A. Penemuan Partikel Positif oleh Goldstein

Sebelum elektron ditemukan oleh J.J Thomson, E. Goldstein menerangkan adanya berkas sinar yang berfluorisesi pada permukaan dalam tabung sinar katode yang melaju lewat lubang - luang dalam tabung dan bergerak menuju ujung lain dari tabung yang bermuatan negatif.
Artinya, terdapat sinar bermuatan aktual bergerak dalam tabung tersebut. Peristiwa terbentuknya akses dijelaskan oleh Goldstein sebagai berikut :
Diagram eksperimen Goldstein
B. Pembuktian Adanya Partikel Positif oleh Rutherford

Rutherford memodifikasi tabung sinar katode dengan cara mengganti gas helium (sinar α ) dengan gas hidrogen. Penggantian gas hidrogen dengan gas lain menghasilkan sinar serupa dengan sinar akses yang dihasilkan dari banyak sekali gas. Sinar yang dihasilkan selalu bermuatan aktual yang besarnya merupakan kelipatan dari +1,6 x 10-19C.

Gas hidrogen merupakan unsur terkecil dari gas - gas lainnnya sehingga Rutherford menyimpulkan bahwa muatan partikel aktual sama dengan muatan ion aktual dari hidrogen, yakni sebesar +1,6 x 10-19C.
Berapakah massa dari partikel aktual tersebut? Data dari percobaan mengatakan bahwa angka banding e/m ion aktual sama dengan 9,57 x 104  Cg-1. Harga tersebut merupakan harga e/m terbesar dari banyak sekali macam gas yang diteliti.

Dengan demikian, disimpulkan bahwa ion aktual hidrogen merupakan partikel dasar bermuatan aktual dan dikenal dengan sebutan proton. Massa proton sanggup dihitung dari angka banding e/m dan muatan proton, yakni :
Baca lanjutan dari Model dan Teori Atom Rutherford di : http://belajar-fu.....
Refrensi 

Buku Chemistry (Yudhistira Year X)


Sumber http://belajar-fun.blogspot.com

0 Response to "Model Dan Teori Atom Rutherford"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel