iklan banner

√ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat Dan Komposisi Terlengkap

√ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Komposisi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Minyak Bumi.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Minyak Bumi? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Minyak Bumi √ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Komposisi Terlengkap
√ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Komposisi Terlengkap

 


Pengertian Minyak Bumi


 


Minyak bumi (petroleum) ini berasal dari bahasa Yunani yaitu petra yang berarti kerikil dan elaison yang juga berarti minyak.


Sebutan petroleum ini yang pertama kali dikemukakan oleh seorang laki-laki berkebangsaan Jerman, Georg Bauer pada tahun 1546. Minyak bumi juga lebih dikenal dengan sebutan minyak mentah.


Minyak bumi dalam bahasa Inggris : petroleum, dari bahasa Latin petrus – artinya karang dan oleumminyak disebut juga sebagai emas hitam yakni berupa cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang sangat gampang terbakar, yang berada di lapisan paling atas dari beberapa area di dalam kerak bumi.


Minyak Bumi merupakan suatu adonan kompleks yang sebagian besar ini terdiri dari hidrokarbon. Hidrokarbon yang terkandung pada minyak bumi diantaranya yaitu alakana, sikloalkana dan komponen lainnya.


Seperti hidrokarbon aromatik, sedikit alkena, dan banyak sekali senyawa karbon yang mengandung nitrogen, oksigen, dan belerang.


Minyak mentah (petroleum) yaitu suatu adonan kompleks yang tersusun dari hidrokarbon dan sebagian komponen kecil yang ada kandungan sulfur, oksigen dan nitrogen yang didalamnya terkandung komponen logam dengan kadar sedikit.


Minyak bumi dan gas alam diperkirakan berasal dari jasad renik lautan, menyerupai tumbuhan ataupun hewan. Sisa-sisa organisme tersebut mengendap di dasar lautan, kemudian tertutup oleh lumpur.


 


 


Pengertian Minyak Bumi Menurut Para Ahli


 


1. IMF


Minyak Bumi yaitu belahan dari sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui alasannya ialah pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, yang materialnya digunakan untuk produksi materi – materi yang diharapkan manusia.


 


2. Macqiur


Minyak Bumi yakni sumber daya alam yang berasal dari tumbuh – tumbuhan banyak sekali jenis yang telah mengendap dalam kurun waktu jutaan tahun.


 


3. Mandeleyev


Minyak Bumi ialah hasil dari adanya dampak kerja pada uap dengan banyak sekali karbida logam yang ada di perut bumi. Karbida terjadi dalam waktu jutaan tahun lamanya.


 


4. Barthelot


Minyak Bumi ialah sumber daya alam yang mempunyai kandungan logam alkali dalam keadaan bebas dengan temperatur yang tinggi sehingga bersentuhan pada CO2 dan membentuk asitilena.


 


5. Wikipedia


Minyak Bumi ialah sumber daya alam yang sanggup didapatkan dari sumur minyak melalui suatu proses studi geologi, analisis sedimen, huruf dan struktur sumber, dan banyak sekali macam studi lainnya.


 


 


Sejarah Minyak Bumi


 


Minyak bumi ini telah digunakan insan semenjak zaman kuno dan hingga pada ketika ini minyak bumi juga masih menjadi komoditas sangat penting.


Ini didorong alasannya ialah semakin majunya teknologi masa sekarang yang membutuhkan sumber daya alam tersebut, misalnya saja dengan adanya pesawat terbang.


Pesawat yang tidak sanggup digunakan tanpa adanya materi bakar (avtur), begitu juga pada kendaraan darat menyerupai kendaraan beroda empat dan motor, demikian juga tidak akan sanggup digunakan tanpa adanya materi bakar bensin dan oli.


Selain itu minyak bumi juga digunakan untuk memasak sepertti yang berada di rumah kita yang disebut gas LPG, itu juga merupakan hasil pengolahan dari minyak bumi.


Selain itu dimasa sekarang juga banyak kebutuhan plastik yang diharapkan untuk diolah banyak sekali macam barang.


Lebih dari 4000 tahun kemudian berdasarkan Heredotus dan Diodorus Siculus, aspal sudah digunakan sebagai kontruksi dari tembok dan menara Babylon.


Jumlah minyak terbanyak ditemukan di tepi sungai Issus. Pada tahun 347, minyak bumi sanggup diproduksi dari sumur yang digali di negara China.


Pada tahun 1850-an Ignacy Lukasiewicz menemukan bagaimana proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi, sehingga menunjukkan alternatif yang lebih murah daripada harus memakai minyak paus.


Maka, dengan segera mungkin pemakaian minyak bumi untuk keperluan penerangan ini sangat melonjak drastis di Amerika Utara. Sumur minyak komersial yang pertama di dunia digali juga terletak di negara Polandia pada tahun 1853.


Pengeboran minyak kemudian sudah berkembang sangat pesat di banyak belahan dunia lainnya, terutama pada ketika Kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaaa Branobel yang berpusat di negara Aljazair menguasai sebuah produksi minyak dunia pada simpulan kala ke-19.


 


 


Penyebab Kelangkaan Minyak Bumi


 



  • Minyak bumi minim.

  • Kurangnya infrastruktur penyaluran bbm.

  • Adanya kuota bbm subsidi.

  • Pesatnya pertumbuhan masyarakat di suatu daerah.

  • Semakin banyaknya kendaraan sehingga berbanding terbalik terhadap bbm.


 


 


Cara Melestarikan Minyak Bumi


 



  • Menghemat pemakaiannya.

  • Menciptakan Bahan bakar sehingga minya bumi dan cepat habis.

  • Memakai Gas Bio yang alasannya ialah sanggup menghemat minyak bumi.


 


 


Komposisi Minyak Bumi


 


1. Senyawa n-alkana

Senyawa alkana merupakan komponen utama minyak bumi. Pada suhu kamar, metana dan etana berupa gas. Metana dan etana merupakan komponen utama LNG. Sementara itu, propana dan butana juga merupakan salah satu komponen utama LPG berbentuk cair.


 


2. Senyawa Sikloalkana

Senyawa sikloalkana merupakan salah satu komponen terbesar kedua sesudah n-alkana. Senyawa sikloalkana ini yang sangat banyak terdapat pada minyak bumi yaitu siklopentana dan sikloheksana.


 


3. Senyawa Isoalkana

Hanya sedikit saja isoalkana yang terkandung dalam minyak bumi.


 


4. Senyawa Aromatik

Hanya sedikit senyawa aromatik dengan titik didih sangat rendah dalam minyak bumi.


 


Berikut ini kegunaan senyawa-senyawa alkana yang terdapat dalam minyak mentah diantaranya :


 



  • Metana (CH4 ) dan etana (C2H6) sebagai materi utama LNG.

  • Propana (C3H8) dan butana (C4H10) sebagai materi utama LPG.

  • Pentana (C5H12) dan heptana (C7H16) sebagai materi pelarut, cairan pencuci kering (dry clean), dan produk cepat kering lainnya.

  • C6H14 hingga C12H26 sanggup dicampur bersama dan dimanfaatkan sebagai bensin.

  • C10 hingga C15 ini sanggup dimanfaatkan sebagai salah satu materi utama minyak tanah.

  • C10 dan C20 juga dimanfaatkan sebagai salah satu materi utama diesel dan materi bakar minyak untuk mesin kapal.

  • C16 hingga C20 dimanfaatkan sebagai materi utama solar untuk materi bakar mesin jet.

  • C20 ke atas yang berbentuk setengah padat juga sanggup digunakan sebagai materi utama pada minyak pelumas dan vaselin.

  • Mulai C25 yang berbentuk padat dandapat juga dimanfaatkan sebagai lilin dan bitumen aspal.


 


 


Manfaat Minyak Bumi


 


1. Sebagai Bahan Bakar

Minyak bumi diolah dan diproses menjadi banyak sekali materi bakar yang penting untuk menjalankan sebuah kendaraan.


Pengolahannya sebagai materi bakar sanggup menjadi beberapa jenis, dari bensin untuk kendaraan bermotor menyerupai motor dan mobil, hingga avtur yang menjadi materi bakar pesawat terbang.


 


2. Sebagai Sumber Gas Cair

Minyak bumi juga sanggup diolah menjadi sumber gas cair yang tentu sudah bersahabat dalam penggunaan sehari – hari. Tentu tidak absurd dengan gas LPG.


Gas LPG ini merupakan salah satu hasil pengolahan dari minyak bumi. Selain itu hasil pengolahan minyak bumi yang lain ialah dalam bentuk oli, yang merupakan materi pelumas bagi kendaraan.


 


3. Digunakan Dalam Industri Kimia

Tak hanya untuk materi bakar dan sumber gas cair, minyak bumi juga digunakan dalam industri kimia. Beberapa rujukan pemanfaatan minyak bumi untuk salah satu industri ialah sanggup diolah menjadi cat kayu, cat dinding, hingga plastik.


 


4. Digunakan Untuk Olahan Pupuk

Senyawa sintetis yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tumbuhan dan menghindarkan dari hama tanaman.


 


5. Sebagai Pembangkit Listrik

Kamu tentu sudah mengetahui banyak sekali macam pembangkit listrik, termasuk pembangkit listrik tenaga uap. Untuk menghasilkan tenaga uap yang digunakan untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik ini memakai materi berupa minyak bumi.


 


 


Proses Pengolahan Minyak Bumi


 


1. Destilasi Atau Fraksinasi

Proses pertama yang harus dijalani dalam proses pengolahan minyak bumi mentah ialah destilasi. Destilasi atau biasa disebut dengan fraksinasi ialah proses pemisahan fraksi-fraksi dalam minyak bumi dengan dasar perbedaan titik didih.


Proses destilasi ini seringkali dilakukan pada sebuah tanur tinggi yang kedap udara. Minyak bumi mentah dialirkan ke dalamnya untuk dipanaskan dalam suatu tekanan 1 atmosfer di suhu 370°C.


Pemanasan minyak mentah ini kemudian menciptakan fraksi-fraksi dalam minyak bumi menjadi berpisah. Fraksi yang mempunyai titik didih terendah akan berada pada belahan atas tanur, sedangkan fraksi yang mempunyai titik didih tinggi akan berada di dasar tanur.


 


2. Cracking Fraksi-Frasi

Hasil dari proses destilasi selanjutnya dimurnikan (refinery) dengan cara diproses cracking.


Cracking merupakan salah satu tahapan pengolahan minyak bumi yang sanggup dilakukan untuk menguraikan banyak sekali molekul-molekul besar senyawa hidrokarbon menjadi beberapa molekul-molekuk hidrokarbon yang lebih kecil.


Proses cracking sanggup dijalankan dengan tiga cara, yakni cara panas (thermal cracking), hidrocracking, dan cara katalis (catalic cracking).


 


3. Reforming

Sesudah dilakukan pemurnian melalui cracking, proses selanjutnya yaitu dengan proses reforming.


Reforming yaitu proses mengubah struktur molekul yang kualitasnya jelek (rantai karbon lurus) akan menjadi fraksi yang kualitasnya lebih baik (rantai karbon bercabang) yang dilakukan dengan pemakaian katalis atau proses pemanasan.


Karena dilakukan untuk mengubah struktur molekul, maka proses itu juga sanggup disebut dengan proses isomerisasi.


 


4. Alkilasi Dan Polimerisasi

Sesudah diperbaiki struktur molekulnya, fraksi-fraksi yang didapat dari pengolahan minyak bumi mentak selanjutnya melalui proses alkilasi dan polimerisasi.


Alkilasi yaitu tahap penambahan jumlah atom pada fraksi sehingga molekul fraksi menjadi lebih panjang dan bercabang.


Proses alkilasi ini memakai penambahan senyawa katalis asam berpengaruh menyerupai HCl, H2SO4, atau AlCl3 (suatu asam berpengaruh Lewis).


Sedangkan polimerisasi yaitu tahapan penggabungan molekul-molekul kecil menjadi molekul yang lebih besar dalam fraksi menimbulkan mutu dari produk simpulan akan lebih tinggi.


 


5. Treating

Treating yaitu proses pemurnian fraksi minyak bumi dengan cara eliminasi materi pengotor yang terikut pada proses pengolahan atau yang berasal dari materi baku minyak mentah.


Bahan-bahan pengotor yang dibersihkan di proses treating tersebut diantaranya basi tidak sedap melalui doctor treating dan copper sweetening, lumpur dan warna melalui acid treatment, aspal melalui deasphaiting, parafin melalui dewaxing, dan sulfur melalui desulfuring.


 


6. Blending

Proses terakhir proses pengolahan minyak bumi sehingga memperoleh materi yang siap digunakan ialah proses blending.


Blending yakni salah satu tahapan yang dilakukan untuk sanggup menambah kualitas produk melalui penambahan bahan-bahan aditif ke dalam fraksi minyak bumi.


Bahan aditif yang digunakan tersebut diantaranya ialah tetra ethyl lead (TEL). TEL ialah materi aditid yang digunakan untuk menaikkan bilangan oktan bensin.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Komposisi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Komposisi Terlengkap


Baca Juga :  √ Perubahan Kimia : Pengertian, Ciri, Sifat & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Korosi : Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab, dan Cara Pencegahannya Terlengkap


Baca Juga :  √ Sistem Koloid : Pengertian, Sifat, Fungsi & Jenis Serta Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Minyak Bumi : Pengertian, Sejarah, Manfaat Dan Komposisi Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel