iklan banner

✔ Macam-Macam Tulang

Pernahkah kau memperhatikan struktur sebuah tulang? Coba kau perhatikan tulang ayam. Jika kau amati dengan teliti, tulang tidaklah padat benar. Di bab tengah tulang ada rongga yang berisi sumsum. Pada tulang yang ukurannya besar, contohnya tulang kaki sapi atau tulang kaki kambing, kau sanggup mengamati hal ini dengan sangat jelas. Supaya kau lebih jelas, perhatikanlah gambar struktur tulang insan berikut.


Pernahkah kau memperhatikan struktur sebuah tulang ✔ Macam-Macam Tulang

Struktur tulang

Apakah tulang pada badan kita ini tumbuh atau hidup? Tentu saja tulang-tulang yang ada pada badan kita tersebut tumbuh. Buktinya, dulu dikala kau kecil, tulang-tulangmu berukuran kecil. Namun, kini sehabis usiamu mencapai remaja, tulang-tulangmu bertambah panjang dan besar. Selain itu, dirimu pun bertambah besar.

Bagaimanakah tulang tumbuh? Tulang sanggup tumbuh dan memanjang, alasannya di bab ujung-ujung tulang terjadi pembentukan sel-sel tulang baru. Pada dikala yang bersamaan tulang juga tumbuh melebar dan menebal. Dengan demikian tulang tumbuh memanjang dan melebar secara bersamaan.

Pada dikala terjadi proses pertumbuhan tulang, di bab tengah tulang terjadi penghancuran sel-sel tulang sehingga terbentuklah rongga yang selanjutnya diisi dengan sumsum tulang atau disebut juga sumsum kuning. Tulang pada insan dibedakan menurut jenis dan bentuknya. Berikut uraiannya supaya kau lebih jelas.

1. Jenis-Jenis Tulang
Secara umum tulang dibedakan menjadi tulang keras dan tulang rawan atau disebut juga kartilago. Dapatkah kau menunjukkan pola tulang keras dan tulang rawan? Kedua jenis tulang itu berbeda dalam hal materi penyusunnya. Tulang keras tersusun atas adonan antara kalsium dan kolagen, sedangkan tulang rawan tersusun dari sel- sel tulang rawan yang sifatnya kenyal dan lentur. Contoh tulang keras, yaitu tulang tengkorak, tulang tangan, dan tulang kaki. Contoh tulang rawan yaitu tulang hidung dan tulang telinga.

2. Bentuk Tulang
Tulang-tulang yang menyusun badan kita sangat banyak jumlahnya. Berdasarkan bentuknya, tulang penyusun badan kita sanggup dibedakan menjadi empat jenis, yaitu tulang pipa, tulang pendek, tulang pipih, dan tulang tidak beraturan.

a. Tulang Pipa
Tulang ini mempunyai bentuk sesuai namanya, berbentuk pipa. Tulang ini mempunyai bentuk memanjang dan tengahnya berlubang. Contohnya yaitu tulang paha, tulang betis, dan tulang lengan.

b. Tulang Pendek
Tulang pendek mempunyai bentuk sesuai dengan namanya berbentuk pendek. Tulang ini bersifat ringan dan kuat. Meskipun tulang ini pendek, tulang ini bisa menahan beban yang cukup berat. Contohnya yaitu tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan telapak kaki.

c. Tulang Pipih
Tulang ini mempunyai bentuk pipih menyerupai pelat. Contoh dari tulang pipih yaitu tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk, dan tulang dada.

d. Tulang tidak Beraturan
Tulang jenis ini merupakan gabungan dari aneka macam bentuk tulang. Contohnya yaitu tulang wajah dan tulang yang terdapat pada ruas-ruas tulang belakang.

Sumber http://biologi-indonesia.blogspot.com

0 Response to "✔ Macam-Macam Tulang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel