iklan banner

√ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah Dan Teknik Terlengkap

√ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah dan Teknik Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Lompat Jauh.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Lompat Jauh? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Lompat Jauh √ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah dan Teknik Terlengkap
√ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah dan Teknik Terlengkap

 


Pengertian Lompat Jauh


 


Lompat Jauh merupakan salah satu jenis cabang olahraga di mana seorang atlit ini akan melompat dan mendarat sejauh yang bisa ia lakukan dari daerah awal melompat.


Dalam lompat jauh juga terdapat tiga macam gaya yakni lompat Jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style) dan gaya jalan di udara (walking in the air).


 


 


Sejarah Lompat Jauh


 


Awal mula dari sejarah lompat jauh pada semenjak 13 kurun silam. Olahraga tersebut sudah ada dari tahun 708 Masehi dikala ada Olimpiade Kuno di negara Yunani.


Lompat jauh ini juga termasuk satu-satunya event olahraga lompat yang sudah dilombakan pada Olimpiade Kuno. Berdasarkan catatan, ketika itu, lompat jauh ini pernah dijalankan akseptor Sparta yang panjang lompatannya hingga sekitar 7,05 meter.


Mulanya, seluruh event yang sudah diadakan pada Olimpiade Kuno dimaksudkan untuk suatu bentuk latihan para militer perang.


Kemunculan olahraga ini sanggup diandalkan sebagai latihan ketangkasan prajurit perang untuk melompati rintangan yang beda, contohnya pada parit ataupun jurang.


Ketika itu, teknik serta cara lompat jauh ini sangat jauh beda dengan yang kini diterapkan. Pada zaman dulu dibentuk dengan banyak sekali bentuk jamak.


Pada event ini juga, para pelompat cuma diperkenankan menggunakan start lari pendek. Disamping itu, para pelompat juga diharuskan untuk sanggup berlari sambil membawa beban pada kedua tangannya, atau dikenal juga sebagai halteres yang beratnya antara 1 hingga 4,5 kg.


Menurut bukti yang berupa lukisan jaman dulu serta berupa tembikar yang dibentuk ketika zaman itu, sanggup pertanda bila teknik lompatan dibentuk berkali-kali, sama dengan suatu lompatan multiple, double-triple ataupun quin-triple.


Pada catatan sejarah, seorang atlit olimpiade kuno yang paling terkenal berjulukan Chionis, ketika Olimpiade pada tahun 656 yang telah berhasil membuat suatu lompatan melewati 7 meter lebih 5 sentimeter.


Saat ini lompat jauh telah menjadi salah satu bab dari kompetisi Olimpiade dari pertama kali kemunculan lomba ini pada tahun 1896.


Pada jadinya pada tahun 1914, berjulukan Dr. Harry Eaton Stewart telah merekomendasikan biar bisa dibentuk running broad jump distandarkan untuk seorang atlit perempuan biar mereka pun sanggup mengadakan kompetisi olahraga lompat jauh ini.


Akhirnya rekomendasi tersebut sanggup dipertimbangkan serta diterapkan. Dengan begitu, atlit perempuan pun bisa ikut kompetisi lompat jauh pada level Olimpiade.


Walaupun olahraga ini merupakan salah satu bab dari Olimpiade Kuno, namun gres di tahun 1896 ketika Olimpiade modern pertama, olahraga lompat jauh ini sanggup dilombakan dengan resmi, sementara bagi para perempuan gres dimulai di tahun 1948.


 


 


Faktor yang Mempengaruhi Lompat Jauh


 


1. Kecepatan (Speed)


Kecepatan merupakan suatu kemampuan untuk sanggup memindahkan sebagian atau seluruh tubuh dari tahap awalan hingga pendaratan.


 


2. Kekuatan (Strength)


Kekuatan merupakan beberapa jumlah tenaga yang dihasilkan tubuh dikala akan melaksanakan lompat jauh.


 


3. Daya Ledak


Daya ledak ialah suatu kemampuan tubuh untuk sanggup melayang di udara sehabis bertolak dari titik tumpu.


 


4. Keseimbangan


Pelompat juga harus mempunyai banyak sekali kemampuan keseimbangan biar posisi tubuhnya bisa tetap bertahan dengan benar mulai dari tahap awalan hingga selesai dalam melaksanakan pendaratan.


 


5. Keterampilan


Keterampilan di sini artinya yaitu suatu kemampuan tubuh untuk melaksanakan gerakan motorik menyerupai gerakan melompat atau juga gerakan melayang di udara dengan benar.


 


6. Koordinasi


Seorang pelompat jauh ini harus mempunyai suatu kemampuan koordinasi yang baik biar bisa memposisikan gerakan badannya dikala diperlukan.


 


 


Ukuran Lapangan Lompat Jauh


 



  • Panjang kolam lompat 9 m

  • Lebar kolam lompat 2,75 m

  • Lebar lintasan awalan 1,22 m

  • Lebar papan tumpu 20 m

  • Panjang papan tumpu 1,22 m

  • Bak lompat diisi dengan pasir


 


 


Macam – Macam Gaya Lompat Jauh


 


1. Gaya Jongkok (Ortodok)


Gaya yang sering dilakukan ketika tubuh melayang di udara ini berfungsi biar kau bisa memperoleh kecepatan maksimum ketika ingin melompat.


Disaat tolakan, kita biasa menggunakan kaki yang terkuat. Nah disaat kita sudah mulai melayang maka mulai tekuk lutut ke atas. Disaat akan mendarat, awali dengan tumit kaki yang sedikit ditekuk.


 


2. Gaya Menggantung (Schnepper)


Gaya lompat jauh ini tidak akan mengubah kecepatan ketika kaki akan bertumpu pada papan tolakan dan cara melakukannya ialah dengan cara tubuh tegap.


Gerakan kaki diayunkan ke arah belakang dan ke depan bersama dengan kedua lengan. Saat akan melaksanakan pendaratan, kedua kaki harus diluruskan kedepan dan kedua tumit mendarat lebih dahulu.


 


3. Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)


Bila gaya jongkok yaitu gaya lompat jauh tertua. Gaya berjalan di udara atau yang disebut walking in the air ialah salah satu gaya terpopuler bagi para pelompat jauh Profesional, karena, gaya ini sangat efektif untuk sanggup menghasilkan lompatan terjauh dibandingkan gaya lainnya.


Teknik lompat jauh berjalan di udara ini dimulai dari dikala kaki tumpu untuk melaksanakan sebuah tolakan atau loncatan. Ketika tubuh melayang di udara lakukan gerakan menyerupai melangkahkan kaki atau menyerupai anda sedang berjalan.


 


 


Teknik Lompat Jauh


 


1. Teknik Awalan


Teknik awalan sanggup dilakukan dengan cara berlari dengan kecepatan maksimal sebelum melaksanakan lompatan di papan tolakan.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala melaksanakan teknik awalan yakni sebagai berikut :



  • Letakkan kaki terkuat di bab belakang.

  • Awali dengan lari perlahan, kemudian tambah lagi kecepatannya semaksimal mungkin dan pertahankan hingga datang di papan tolakan.

  • Jangan mencoba untuk mengurangi kecepatan lari ataupun mengubah langkah.

  • Usahakan pandangan ini tetap fokus ke depan (menuju papan lompatan).


 


2. Teknik Menumpu (Takeoff)


Teknik menumpu yaitu teknik yang sangat penting dalam jenis olahraga lompat jauh. Semakin manis tumpuannya, maka akan semakin manis pula hasil lompatannya.


Ada beberapa hal yang diperhatikan dikala melaksanakan teknik menumpu yaitu sebagai berikut :



  • Ketika akan melaksanakan tumpuan, usahakan tubuh sedikit condong ke belakang. Tapi ingat, jangan hingga posisi tubuh terlalu miring.

  • Kaki yang menjadi referensi sebaiknya kaki yang berpengaruh dan cepat.

  • Pertahankan keseimbangan tubuh.

  • Cobalah untuk mengayunkan lengan. Hal ini akan membantu menambah ketinggian dan juga menjaga tubuh biar tetap seimbang.


 


3. Teknik Melayang di Udara


Setelah melaksanakan suatu tumpuan, maka teknik berikutnya yang perlu kau lakukan yaitu pada teknik melayang di udara. Untuk sanggup melaksanakan teknik ini, badanmu harus tetap seimbang. Biasanya seorang atlet akan mengayunkan kedua tangannya dikala melayang di udara guna menjaga keseimbangan tubuh.


Kamu bisa melaksanakan teknik melayang di udara ini dengan tiga cara yaitu:



  • Melayang dengan perilaku jongkok (lompat jauh gaya ortodock)


Caranya ayunkan kakimu setinggi-tingginya kemudian letakkan kedua kakimu di depan sebelum mendarat.



  • Melayang dengan perilaku melayang (lompat jauh gaya hang)


Cara ini lebih sulit dari cara yang sebelumnya. Usahakan tubuh tetap tegak dikala melayang di udara, kemudian tekuk lutut dan dorong bab pinggul ke depan. Jangan lupa untuk merentangkan kedua lengan di atas untuk menjaga keseimbangan.



  • Melayang dengan perilaku berjalan di atas udara (walking in the air)


Saat melayang di udara, ayunkan kaki belakang ke atas sekuat-kuatnya. Lalu buat gerakan melangkah di udara dengan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menumpu, sehingga terbentuk gerakan berjalan di atas udara.


 


4. Teknik Mendarat di Papan Lompatan


Teknik mendarat merupakan teknik terakhir dalam lompat jauh, di mana pelompat akan jatuh atau berhenti dengan posisi kedua kaki menyentuh tanah secara bersamaan.


Biasanya lutut akan sedikit ditekuk sebelum mendarat biar posisi tubuh tidak jatuh ke belakang. Pendaratan ini harus dilakukan dengan benar biar hasil lompatannya bisa memuaskan.


Berikut ini yaitu beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala akan mendarat:



  • Upayakan jaga keseimbangan badan, jangan hingga jatuh ke belakang

  • Awali pendaratan dengan kedua tumit kaki secara bersamaan, gres disusul dengan tangan dan bab tubuh lainnya.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah dan Teknik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Lompat Jauh : Pengertian, Faktor, Sejarah Dan Teknik Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel