iklan banner

Cara Simpan File Coreldraw Semoga Sanggup Dibuka Di Semua Versi

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi - Coreldraw merupakan aplikasi desain untuk edit gambar, buat logo dan lain sebagainya. Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi coreldraw ketika ini terutama di Indonesia, Corel selaku perusahaan pembuat Coreldraw terus menerus memperbaiki dan melengkapi fitur desain dengan terus menerus mengeluarkan versi terbaru. Dari mulai versi usang yang keren seperto coreldraw 9, 10, 11 hingga versi X terbaru ibarat coreldraw X2, X3, X4, X5, X6 bahkan yang paling anyar coreldraw X7.

Namun yang menjadi duduk masalah yaitu gambar/lembar kerja/file coreldraw (cdr) yang dibentuk pada versi terbaru tidak sanggup dibuka apabila file tersebut dibuka pada versi coreldraw terdahulu/versi usang (seperti pola kita menciptakan gambar pada coreldraw versi X5, kemudian kita membukanya pada versi sebelumnya yaitu X4 juga versi sebelum X4 sperti X3, X2, 11 dan lainnya). Itu dikarenakan fitur-fitur versi terbaru coreldraw yang tidak sanggup didukung oleh versi lama. Lalu bagaimana kalau kita ingin membuka file coreldraw versi terbaru pada coreldraw versi lama?

Tenang saja, untuk permasalahan ibarat diatas saya punya solusinya dan biasa saya gunakan dan tentu saja teruji dan berhasil. Solusinya yaitu dengan merubah versi coreldraw ke versi usang ketika anda menyimpan file tersebut. Maksudnya bagaimana? Maksudnya ketika menyimpan sebuah file coreldraw bergotong-royong sudah tersedia sajian khusus untuk merubah versi, jadi meskipun anda menciptakan gambar pada versi terbaru anda sanggup menyimpannya pada coreldraw versi lama. Caranya bagaimana? Caranya pribadi saja kita masuk ke cara menyimpan coreldraw supaya sanggup dibuka pada coreldraw versi usang berikut ini.

1. Buka aplikasi coreldraw anda (disini saya menggunakan versi 11, the best i have :D).

2. Buat sebuah gambar yang keren.

3. Simpan file tersebut. Bila anda telah memiliki gambar sebelumnya anda sanggup menggunakan sajian Save As.

4. Pada jendela Save Drawing, isi File Name lalau rubah Version ke versi lama.

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi


  • Saya disini dirubah ke versi 11, sebab biasanya ketika ini percetakan masih banyak juga yang menggunakan versi 11 namun ada juga yang masih menggunakan versi 9.
5. Lalu tekan tombol Save.

Dengan begitu file gambar coreldraw anda sanggup dibuka pada versi coreldraw mana saja baik yang gres atau pun yang lama. Namun bila anda melaksanakan perubahan pada versi terbaru harus di ingat untuk tetap menyimpannya pada versi lama. Demikian cara supaya file coreldraw sanggup dibuka pada versi mana saja. Semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Sumber http://asikitubelajar.blogspot.com

0 Response to "Cara Simpan File Coreldraw Semoga Sanggup Dibuka Di Semua Versi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel